oktafia

Masa Penyesuaian yang Sulit

by on Nov.25, 2015, under Uncategorized

Menjadi mahasiswa itu memang sebenarnya sangat lah mengasikan kenpa kita bisa bebas mengesplorasikan semua pendapat kita,selain itu menjadi masiswa bisa mempunyai banyak kenalan yang berasal dari berbagai daerah.Akan sangat istimewa kita bisa berkenalan dengan orang-orang hebat dari berbagai bidang keahlian dan juga dari berbagai daerah yang satu angkatan ataupun berbeda angkatan.Hari ini Yasmin mempunyai sebuah pengalaman baru karna ini adalah firs meet in english clas in rusunawa and its make yasmin suprise bicause guru pembimbingnya adalah orang satu kota asal dan prestasi orang itu adalah sangat luar biasa mengagumkan dan ia adalah mahasiswa berprestasi di Unnes tahun 2013ka.Ia berpesan bahwa untuk bisa lebih dari orang lain harus percaya diri yang tinggi dan jika kita menguasai bahasa inggris maka kita bisa menguasai bidang lainnya.

Menjadi mahasiswa itu haruslah aktif agar bisa menjadi kader yang berguna bagi rakyat nantinya.Banyak kegiatan yang ada di kampus untuk melatih jiwa kepemimpinan sejak dini,tinggal kita mau apa tidak ikut aktif di dalamnya.Jurusan yang Yasmin ambil mewajibkan untuk mengikuti pelatihan generasi muda kepramukaan dan sebenarnya itu bukan hal yang sulit untuk Yasmin karena ia sudah terbiasa dengan dunia pramuka.Pramuka sebenarnya adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat.Dan sebenarnya inilah saat yang tepat untuk menunjukan diri karna inilah bidangnya.Yasmin yakin bahwa ia dapat melakukan itu semua hanya saja ia masih kurang percaya diri saja.Ada yang menarik disini kegiatan pramuka slalu mengingatkan Yasmin akan sebuah kenangan-kenangan masa lampau banyak yang terjadi karena pramuka ialah seseorang yang pernah Yasmin kenal lewat pramuka,itulah yang menyenangkan Yasmin penasaran hal apa lagi yang ia dapat melalui kegiatan pramuka.

Yasmin masih dilema mengenai organisasi apa yang akan ia ikuti,karna sebenarnya banyak tapi masalahnya ialah apakah nntinya ia diterima atau apakah ia nntinya bisa membagi waktu dengan baik antara kegiatan berorganisasi dan juga belajar,Karna titik penting menjadi mahasiswa ialah selain Indeks Prestasinya tinggi namun ia harus aktif dalam organisasi.Nah,disitulah sulitnya tapi Yasmin yakin ia bisa ko jika mendengar para suksesor angkatan sebelumnya melakukan hal diatas tidaklah susah tinngal yakin saja bisa dan kerjakan tugas se cepat mungkin.

Yasmin merasa kesal dengan teman satu kosnya,walaupun temannya itu memang sudah dari smk namun ada saja hal-hal yang menjengkelkan.Yasmin memang sadar bahwa ia itu orang yang pelit sie namun ia berfikir bahwa itu demi kebaikan atau keawetan dari barang yang ia miliki namun disisi lain ia juga merasa tidak enak apabila temannya itu di tolak dalam meminjam barangnya.Ada yang sangat menjengkelkan ialah temannya berkata mau skalian mengeprint karena fd yasmin di bawanya jadi yasmin percaya saja namun kenyataanya,tidak jadi ia jengkel kalau saja tdak mau bilang tidak jadi kan tidak mengecewakan tugasnya itu kan besok.

Sifat orang ialah berbeda-beda namun yasmin berusaha menyesuaikan,walau kadang ia hanya bisa marah pada dirinya sendiri karena berada dalam situasi tersebut. Sebuah kedewasaan sangt dibutuhkan sekarang ini tidak bisa jika harus dengan sifat yang dulu terus. Kedewasaan dalam berbagai hal misalnya hati dewasalah cinta yasmin akan tetap suci sampai kelak untuk suaminya. Iri dengan teman yang berpacaran itu tdak dibutuhkan namun iri dengan teman yang berprestasi itu harus.

Mimpi adalah kunci untuk menggapai masa depan yang besar,seseorng yang mempunyai mimpi maka ia dapat melangkah ke depan. Bermimpi adalah suatu hal yang mudah di lakukan .yang sulit adalah bagai mana kita mewujudkan mimpi tersebut menjadi nyata. Kadang kita mempunyai semangat yang memuncak namun karena kegagalan yang baru sedikit semngat kita lalu menghilang ,di saat seperti inilah kita membutuhkan api penyemangat agat semangat itu tetap menyala.kata mas Riski Api terbesar iyala Allah SWT yaitu sebuah keimanan ,namun kadang keimanan seseorang mudah untuk naik dan turun maka dari itu kita mebutuhkan apai cadangan yang itu ada dekat dengan kita salah satunya ialah orang tua. Selain itu kita membutuhkan seorang motivator yang bisa menjadi acuan semangat kita.motivator yang nyata dan memang ia sukses dan dalam menggapai kesuksesannya iya banyak melaati rintangan hidup yang keras dan sulit.

Untuk menjadi orang yang mempunyai nama maka kita harus berani unjuk diri kepada halayak ramai dan membuktikan kemampuan kita. Kesulitannya ialah bagaimana kiata menemukan keberanian itu,”konfident” hal yang sulit untuk di miliki akan tetapi sekali ia sedah memilikiny maka ia akan sulit untuk menyembunyikannya.Untuk melatih sebuah kepercayaan diri mulailah dari hal yang kecil terlebih dahulu dan biasakanlah.Kita bisa memulai dari kelas belajar dengan minimal dalam sekali pertemuan ita berunjuk diri atau bicara di kelas tersebut itu adalah salah satu cara membangun kepercaan diri.Apabila kita berbicara di depan orang banyak dan mengalami gerogi maka hal pertama yang dilakukan ialah denang kita mencari penggemar,artiny kita mencari orang yang menghargai kita di depan memperhatikan kita senyum kepada kita,saat kepercaan itunsedah timbul maka kita bisa memandang semua yang ada di tempat terseebut.

Apabila kita menginginkan sebuah perubahan maka mulailah dari diri kita sendiri dan melailah dari sekarang. Sebagai seorang pemuda generasi penerus bangsa maka kitalah yang akan menjadi ujung tombak pembangunan bangsa. Oleh karena itu moral pemuda haruslah dilatih untuk memiliki moral yang berbudi pekerti luhur.Pelatihan kepemudaan ialah salah satu cara untuk melatih moral dan mental kita sebagai pemimpin masa depan.Salah satu pembinaa generasi muda yang di undang-undangkan oleh pemerintah ialah kegiatan pramuka melalui UU No 12 tahun 2010 tentang gerakan pramuka. Apabila kita memiliki ketrampilan kepramukaan baik itu softskil maupun hardskil maka kitalah pemimpin yang sesungguhnya.Jadi jangan berfikir bahwa pramuka hanya kegiatan yang melati baris-berbaris,tepuk-tepuk saja,namun ketrampilan softskill yang luar biasa yang dapat kita miliki .


Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...