Tips Membeli dan Mengatasi Masalah Proyektor

February 8, 2019

Tips mengatasi masalah proyektor

Kalau kita perhatikan dimana-mana bayak yang sudah menggunakan proyektor, mulai dari sekolah-sekolah, café-café, tempat hiburan bahkan dirumah-rumah. Kadangkala proyektor bisa mengalami masalah ketika digunakan. Berikut ini kita membahas tips mengatasi maslah pada proyektor yang bisa dilakukan.

  • Proyektor tidak memancarkan gambar

Dalam masalah ini coba untuk mengencangkan penutup lampu dan filter udara. Pastikan kabel proyektor terhubung dengan baik dan tidak longgar.

  • Sinyal proyektor bermasalah(tidak keluar)

Dalam masalah ini pastikan kabel input dipasang pada port yang benar. Atau pastikan kabel VGA terkoneksi dengan computer. Untuk menggunkan laptop bisa dengan menekan tombol Function.

  • Overheat

Jika proyektor mengalami overheat maka simpanlah proyektor ditempat yang memiliki sirkulasi udara bagus dan lebih terbuka.

  • Overheting

Overheating kadang terjadi karena filter udara yang sudah kotor, jadi untuk mengatasi maslah ini kita cukup dengan membersihkan filter udara sampai bersih.

  • Ketika proyektor dimatikan jangan langsung dinyalakan

Ketika baru saja mwmatikan proyektor sebaiknya jangan langsung dinyalakan lagi, hal ini dapat merusaak komponen-komponen proyektor.tunggu beberapa menit atau setidaknya sampai proyektor dingin baru bisa untuk dinyalakan lagi.

 

Tips memilih proyektor

Kalau kita perhatikan dimana-mana bayak yang sudah menggunakan proyektor, mulai dari sekolah-sekolah, café-café, tempat hiburan bahkan dirumah-rumah. Namun seringkali ketika akan membeli proyektor kita tidak tahu bagaimana memilih proyektor yang harus kita beli. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tips memilih proyektor yang sesuai

Saat  akan membeli proyektor setidaknya pertimbangkan hal berikut ini

  • Resolusi

Semakin besar resolusi maka akan semakin besar ukuran gambar yang ditampilkan. Tersedia 3 jenis resolusi  proyektor saat ini yaitu SVGA (800 x 600), XGA (1024 x 768), dan SXGA (1280 x 1024).

  • Lumens

Semakin tinggi nilai lumens maka akan semakin terang gambar yang dihasilkan.

  • Bobot

Pilihlah proyektor yang setidaknya paling berat 2kg, agar proyektor mudah untuk dibawa.

  • Fitur

Pilih proyektor yang memilik fitur lengkap seperti Port HDMI, DVI, USB, VGA, Port SD Card, Wirless dan masih banyak fitur lainnya.

  1. Contrast Ratio

Contrast ratio berperan untuk mengukur bagian tergelap dan berwarna hitam, dan bagian yang paling terang dan berwarna putih. Juga berfungsi untuk memperkirakan tingkat cahaya proyektor dalam semua kondisi cahaya ruangan.

Untuk membeli proyektor, pastikan membeli di toko yang terpercaya, atau di jasa website semarang yang kredibel

Leave a Reply




Skip to toolbar