Baru-baru ini memang sedang viral meme “mending rakit PC”. Meme-meme ini muncul dari komentar-komentar netizen di media sosial ketika ada yang bertanya mending rakit PC atau beli laptop. Saking viralnya kalimat tersebut, netizen pun beramai-ramai membuat meme. Nah,  terlepas dari meme tersebut, barangkali kalian juga memang sedang bingung dengan kedua pilihan tersebut.  Jika iya, kalian tak perlu khawatir, artikel ini akan membantu kalian memahami keuntungan dari merakit PC. Dengan begitu, kalian bisa memutuskan sendiri, mana yang lebih baik, merakit atau membeli. 

PC merupakan kependekan dari  Personal Computer, bagi yang belum tahu, PC atau komputer desktop ini terdiri dari monitor, CPU, dan perangkat lainnya. Apabila kalian ini memilih untuk membeli   PC, maka kalian tinggal datang ke toko dan memilih PC yang kalian inginkan. Tapi, kalau kalian ingin merakit sendiri, berarti kalian harus datang ke toko komputer yang menyediakan berbagai komponen PC. Di sana kalian bisa memilih komponen apa saja yang dibutuhkan dan kemudian kalian dapat merakitnya sendiri di rumah. 

Lalu apa saja sih keuntungan yang akan kalian dapat jika merakit sendiri? Ini dia keuntungannya: 

  • Kalau kalian memutuskan merakit PC, kalian bisa memilih sendiri komponen-komponen yang akan digunakan. Komponen tersebut bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Misal kalian adalah seorang gamers, kalian bisa memilih sendiri komponen yang sekiranya akan menguntungkan ketika kalian sedang bermain game atau mengikuti lomba game. 
  • Jika budget yang kalian miliki minim, maka kalian masih dapat menunda kalau mau beli komponen. Kalian masih bisa menentukan  prioritas komponen yang harus didahulukan untuk dibeli. Jika sekiranya belum terlalu dibutuhkan, beli komponen yang lebih penting dulu, yang lainnya bisa menyusul kemudian.
  • Keuntungan lainnya ada pada kelebihan ketika kalian memilih PC dibanding laptop. Harga ketika kalian merakit PC tentu bisa jauh lebih murah dibandingkan ketika membeli laptop. Sebab harganya bisa disesuaikan sendiri dengan budget dan kebutuhan masing-masing. PC juga memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat daripada laptop. Komponen-komponen di PC hasil rakitan sendiri juga bisa kalian upgrade sendiri kapanpun. Selain itu, perawatan kalian juga akan jauh lebih dilakukan. 

Meski memiliki beberapa keuntungan, tentu ada juga kekurangan ketika kalian akan merakit PC. Sebab tidak semua orang memiliki kemampuan dalam melakukan perakitan PC.  Jika kalian memutuskan untuk merakit PC sendiri, artinya kalian harus memiliki pengetahuan dan juga keterampilan merakit. Tidak semua orang dapat melakukannya, dan merakit PC bukan hal yang dapat dilakukan sembarangan. Jika salah merakit, tentu PC tidak dapat digunakan. Jadi, jika ingin merakit PC, pastikan kalian tahu caranya. Akan lebih baik lagi jika kalian sudah pernah melakukannya. 

Kekurangan lainnya adalah, PC membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Makanya, kalian harus memastikan juga kalau di rumah kalian, daya listriknya mencukupi. Jika dibandingkan laptop, maka fleksibilitasnya juga beda. Kalian tidak bisa membawa PC yang dirakit sendiri ke mana-mana. Alhasil, kalian hanya dapat menggunakannya saat di rumah saja. 

Nah, itu dia beberapa keuntungan kalau kalian merakit PC sendiri dan kalau kalian membeli laptop. Pertimbangkan saja, mana yang menurut kalian lebih menguntungkan dan mudah dilakukan. Apabila kalian memiliki keterampilan dalam bidang komputer, tentu akan lebih menguntungkan jika merakit sendiri. Sebab kalian bisa menyesuaikan dengan budget dan PC juga dapat dirakit sesuai kebutuhan. 

Write your comment Here

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: