Windows Vista merupakan sistem operasi besutan windows yang keluar pada 8 november 2006 untuk versi office kemudian pada tanggal 30 januari 2007 disusul oleh versi home, meskipun sudah diluncurkan windows vista namun masih banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan sistem operasi yang 5 tahun lebih tua yaitu windows XP, hal ini tentu bukan tanpa alasan banyak orang lebih memilih windows XP karena windows vista ini dianggap sebagai salah satu produk gagal Microsoft. Namun dibalik kegagalan itu tentu saja ada alasan kegagalannya, nah berikut ini kami sudah merangkumkan beberapa alasan dibalik kegagalan dari sistem operasi windows vista tersebut.

Fitur Inti Windows XP Legendaris Dan Memberikan Kemudahan Bagi Penggunanya

Fitur inti dari windows Xp sudah sangat digemari para pengguna, hal ini dikarenakan fitur inti tersebut memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Namun sangat disayangkan sistem operasi baru besutan Microsoft ini justru menghilangkan beberapa fiturnya. Windows vista menghilangkan beberapa fitur seperti Windows Messenger serta MSN Explorer, dan penggantian NetMeeting dengan Windows Collaboration. Dan lebih parahnya lagi windows vista tidak memberikan tema-visual atau visual theme yang sebelumnya sudah ada pada windows xp. Selain itu semua fitur “Hardware profiles” juga bernasib sama dengan dihilangkan, ditambah dengan penarikan dukungan untuk teknologi motherboard lama seperti EISA bus maupun APM.

Terlalu Banyak Versi Windows Vista

Seperti yang kita ketahui sistem windows vista ini memiliki banyak sekali versi, dan nampaknya hal ini justru tidak memberikan dampak positif, karena efek dari banyaknya versi ini justru membuat konsumen bingung. Secara umum hanya ada dua jenis konsumen yaitu konsumen rumahan yang menginginkan versi sederhana (home) dan konsumen kantor yang menginginkan sistem operasi dengan fitur lengkap (pro). Sayangnya Microsoft terlalu banyak memberikan versi kepada sistem operasi windows vista ini. Versi-versi tersebut diantaranya Windows Vista Starter, Windows Vista Home Basic, Windows Vista Home Premium, Windows Vista Enterprise, Windows Vista Ultimate dan Windows Vista Business.

Kinerja Windows Vista Dianggap Lambat

Kinerja dari windows vista ini harusnya lebih cepat jika dibandingkan dengan windows xp, akan tetapi keadannya tidak demikian karena windows vista ini justru memiliki kinerja yang sangat lambat, bahkan jika anda menggunakan komponen hardware dengan spesifikasi yang tinggi sekalipun kinerja windows vista ini tetap saja lambat. Selain itu ukuran source code yang dibutuhkan sistem operasi ini terlalu besar, sebagai perbandingan windows xp hanya membutuhkan 35 juta baris source code saja, sedngkan windows vista membutuhkan 50 juta baris source code. Hal inilah yang menyebabkan lambatnya kinerja dari sistem operasi ini, apalagi jika anda menggunakan sistem ini pada PC versi lama.

Pemasaran Menjadi Salah Satu Penyebab Gagalnya Windows Vista

Faktor penyebab kegagalan windows vista yang selanjutnya adalah pemasaran. Meskipun iklan windows vista ini beberapa kali muncul dalam televisi dan juga poster-poster. Akan tetapi tetap saja pemasaran ini tidak segencar saat Microsoft memperkenalkan windows xp dan saat itu windows xp menjadi perhatian dunia. Ditambah lagi saat itu sedang booming Apple dengan iklan yang bermoto “I’m a Mac”. Padahal seperti yang diketahui bahwa iklan merupakan kunci utama dalam memperkenalkan produk, akan tetapi Microsoft seperti kurang memperhatikannya.

Harga Windows Vista Dianggap Sangat Mahal

Selain faktor-faktor diatas ada satu faktor yang menyebabkan gagalnya produk ini, faktor tersebut adalah faktor harga seperti yang kita tahu bahwa konsumen tentu saja menginginkan harga yang terjangkau, namun harga windows vista ini dianggap sangat mahal hal ini terbukti dengan adanya jajak pendapat yang dimuat pada situs Web Microsoft Kanada tahun 2006.

Nah itu tadi merupakan beberapa alasan dibalik kegagalan windows vista yang kami rangkumkan khusus hanya untuk anda.

Write your comment Here

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: