Masyarakat Dukung BPK Mengawal Harta Negara

Badan Pemeriksa Keuangan menurut Pasal 1 ayat (1) Undang-undang Nomor 15 Tahun 2006, merupakan lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara (BPK RI). Hal ini menunjukan bahwa keberadaan lembaga BPK sangatlah penting. Karena tersalurnya uang negara untuk kesejahtraan rakyat bergantung pada BPK. Oleh karena itu, tugas lembaga ini dapat dikatakan berat, apalagi dengan semakin maraknya kasus-kasus korupsi yang melibatkan para pemegang tampuk kekuasaan negara. Korupsi itu sendiri merupakan salah satu beban berat bagi BPK. Selama periode 2017 tercatat sebanyak Rp 226 kasus korupsi di Indonesia yang menelan harta negara sebesar 1,83 triliyun dan nilai suap Rp 118, 1 miliar (Detiknews.com:2017). Mengacu pada kasus tersebut, BPK butuh dukungan dari berbagai pihak dalam menjalankan tugasnya mengawal harta negara.

Dukungan tersebut tidak hanya dibutuhkan dari pihak BPK, lembaga pemerintah , atau pihak swasta saja, melainkan dari pihak masyarakat secara umum pun sangat diperlukan. Sebagaimana anggota BPK Ri  Bahrullah Akbar mengatakan “Masyarakat bisa menjadi alat kontrol penyelenggara negara dalam pelaksanaan tugas dan kewenangannya”. Lantas bagimana bentuk konstribusi masyarakat dalam mengontrol pelaksanaan tugas dan kewenangan BPK tersebut?

Pertama, masyarakat harus mengetahui terlebih dahulu apa itu BPK, dan apa saja tugas dari BPK. Dapat dikatakan proses pengenalan ini disebut taarufan dengan BPK. Masyarakat harus mengenal BPK terlebih dahulu,  setelah mengenal, niscaya akan muncul perasaan sayang di hati masyarakat terhadap lembaga BPK. Lagipula ada pepatah yang mengatakan “tak kenal maka tak sayang.” Tahap mengenal BPK ini merupakan tahap krusial yang perlu ditempuh masyarakat sebelum menempuh kontribusi lanjutan. Apabila masyarakat sudah benar-benar paham mengenai lembaga BPK ini, maka dapat dipastikan masyarakat akan lebih giat dan optimis membantu program-programnya. Lantas bagaimana cara mengenal BPK? Sekarang ini zamannya teknologi modern begitu mudah diakses. Khususnya teknologi internet. Melalui internet, masyarakat dapat mengakses segala informasi tentang BPK. baca selanjutnya

VIDEO PEMBELAJARAN ANTROPOLOGI KELAS XII: KONSEP PERUBAHAN SOSIAL

Hallo….bertemu lagi dengan saya di Loker Ilmu. kali ini saya akan memposting video tentang “Konsep Perubahan Sosial”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XII. untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Perubahan Sosial

setelah menonton video tersebut di atas, kerjakanlah soal di bawah ini:

  1. Apa yang kalian ketahui mengenai peruabahan sosial?
  2. Jelaskan faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya Globalisasi?
  3. Carilah satu contoh kasus  Perubahan sosial yang ada di Indonesia? kemudian analisis kasus tersebut.

Selamat mengerjakan :)

VIDEO PEMBELAJARAN ANTROPOLOGI KELAS XII: KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT BADUI

Malam gaes . bertemu lagi dengan saya di Loker Ilmu. kali ini saya akan memposting video tentang “Kearifan Lokal Masyarakat Badui”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XII, yakni tentang “Sumber-sumber Kearifan Sosial dan Tradisi Lisan serta Pembangunan Karakter Bangsa ”. untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Kearifan Lokal Masyarakat Badui

 

Tugas.

Analisislah Video tersebut. berdasarkan video tersebut, berikan argumen anda mengenai kearifan apa saja yang dapat memperkuat karakter bangsa.

selamat mengerjakan……… :)

VIDEO PEMBELAJARAN ANTROPOLOGI KELAS XII: MEDIA SOSIAL MENGUBAH DUNIA REMAJA

Hallo gaes . bertemu lagi dengan saya di Loker Ilmu. kali ini saya akan memposting video pembelajaran tentang “Media Sosial Mengubah Dunia Remaja”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XII, yakni tentang “Dampak Negatif Perubahan Sosial”. untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Dampak Media Sosial Bagi Remaja

setelah menonton video tersebut, analisis isi dari video yang telah anda lihat. Dampak negatif apa saja yang ditimbulkan? langkah apa yang perlu disiapkan oleh para remaja untuk mengatasi masalah tersebut?

 

VIDEO PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII: DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL

Hallo, Selamat datang kembali di Loker Ilmu  :-). kali ini saya akan memposting video pembelajaran tentang “Dampak Perubahan Sosial”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XII yakni tentang Perubahan Sosial dan Dampaknya..untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Dampak Perubahan Sosial

Setelah melihat video tersebut, kerjakanlah tugas di bawah ini

  1. apa yang anda ketahui tentang perubahan sosial?
  2. sebut dan jelaskan dampak positif dan negatif dari perubahan sosial?
  3. carilah contoh kasus yang ada di tempatmu?

selamat mengerjakan…

VIDEO PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII: KETIMPANGAN SOSIAL

Hi gaes, Selamat datang kembali di Loker Ilmu  :-). kali ini saya akan memposting video pembelajaran tentang “Ketimpangan Sosial”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XII. untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Ketimpangan Sosial

Setelah melihat video tersebut,

  • analisislah isi dari video yang telah anda lihat dalam satu lembar folio bergaris.
  • bentuklah kelompok dengan beranggotakan dua orang, cari video mengenai contoh ketimpangan sosial yang ada di Indonesia. (setiap kelompok harus mendownload video yang berbeda)

selamat mengerjakan…

VIDEO PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII: Kearifan Lokal Masyarakat Rejang di Bengkulu

Hallo, Selamat sore gaes :D. bertemu lagi dengan saya di Loker Ilmu  :-). kali ini saya akan memposting video pembelajaran tentang “Kearifan Lokal Masyarakat Rejang di Bengkulu”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XII yakni tentang Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas. untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Kearifan Lokal Masyarakat Rejang di Bengkulu

Setelah melihat video tersebut di atas, coba analisis isi video tersebut. berikan argumen anda mengenai tantangan apa saja yang dihadapi masyarakat Rejang dalam mempertahankan kearifan yang mereka miliki.

selamat mengerjakan……..

VIDEO PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII: GLOBALISASI

Hallo, Selamat datang kembali di Loker Ilmu  :-). kali ini saya akan memposting video pembelajaran tentang “Globalisasi”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XII yakni tentang Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal..untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Pengertian Globalisasi

Setelah melihat video tersebut, kerjakanlah tugas di bawah ini

  1. apa yang anda ketahui tentang globalisasi?
  2. Menurut anda, apakah Indonesia sudah mempunyai cukup bekal menghadapi tantangan di masa depan yang semakin kompleks?
  3. Bagaimana upaya yang perlu dilakukan generasi muda untuk menjawab tantangan di masa depan?

selamat mengerjakan……..

VIDEO PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI: PEMUKIMAN KUMUH DI JAKARTA

Hallo, Selamat datang kembali di Loker Ilmu  :-). kali ini saya akan memposting video pembelajaran tentang “Pemukiman Kumuh di Jakarta”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XI yakni tentang “Permasalahan Sosial dalam Masyarakat”. untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Pemukiman Kumuh di Jakarta

Setelah melihat video tersebut, analisislah video tersebut dalam kacamata Sosiologi. berikan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah sosial tersebut.

selamat mengerjakan……..

VIDEO PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI: KESETARAAN DAN HARMONI SOSIAL

Hallo, Selamat datang kembali di Loker Ilmu  :-). kali ini saya akan memposting video pembelajaran tentang “Kesetaraan dan Harmoni Sosial”. video ini berkaitan dengan materi yang diajarkan di kelas XI.untuk lebih jelasnya, yuks tonton videonya sampai selesai.

Kesetaraan dan Harmoni Sosial

setelah melihat video di atas, kerjakanlah soal di bawah ini

  1. Apa yang anda ketahui tentang harmoni sosial?
  2. Faktor apa saja yang mendorong terciptanya harmoni sosial?
  3. Apakah di masyarakat Indonesia sudah tercipta harmoni sosial?

selamt mengerjakan……….