Sempalan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X

Berikut ini akan dipaparkan alokasi waktu, Kompetensi dan materi pelajaran Sosiologi kelas X SMA/MA, berdasarkan Silabus mata Pelajaran Sosiologi di SMA/MA Kurikulum 2013.

Penggunaaan alokasi waktu pada mata pelajaran Sosiologi kelas X yaitu sebanyak 3 jam pelajaran/minggu

Adapun Penanaman Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Selain itu, Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Mata Pelajaran Sosiologi kelas X Mencakup 8 (delapan) Kompetensi Dasar sebagai berikut:

3.1 Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat.

4.1  Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis

Dari Kompetensi 3.1 dan 4.1 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi:

a.Materi Pembelajaran Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat

  • Sosiologi sebagai ilmu sosial
  • Realitas sosial sebagai obyek kajian
  • Kehidupan sosial sebagai objektivitas

b. Gejala sosial (tindakan individu, tindakan kolektif, pengelompokkan sosial, interaksi antar individu dan kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat)

3.2. Mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat.

  • Mengolah realitas individu, kelompok dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat

Dari Kompetensi 3.2 dan 4.2 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi Individu, kelompok  dan hubungan social, yang terdiri dari sub materi:

  • Pembentukan identitas :
  • Diri/saya/individu dalam hubungan dengan orang lain/kamu/individu lain
  • Hubungan antar individu dalam pembentukan kelompok (kami/kita)
  • Hubungan antara individu dengan kelompoknya (saya dan kami/kita)
  • Hubungan antara diri/saya/individu dengan kelompok lain (mereka)
  • hubungan antar kelompok (kami/ kita dan mereka)
  • perlunya institusi atau lembaga sosial untuk terciptanya tatanan dan tertib social
    • Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di

4.3. Mengaitkan realitas sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat.

Dari Kompetensi 3.3 dan 4.3 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi Ragam gejala sosial dalam masyarakat yang terdiri dari sub materi:

  • Perbedaan sosial, perbedaan individu, perbedaan antar kelompok,
  • multidimensi identitas dalam diri subyek individual maupun kelompok,
  • heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakat
  • Penghargaan, atau penghormatan, terhadap keanekaragaman atau hiterogenitas social

Kompetensi yang terakhir yaitu:

3.4. Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala sosial di masyarakat

4.4. Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat

Dari Kompetensi 3.3 dan 4.3 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi Metode Penelitian Sosial yang terdiri dari sub materi:

  • Metode penelitian sosial
  • Merancang penelitian
  • Merumuskan pertanyaan
  • Teknik pengumpulan data
  • Mengolah dan menganalisis data
  • Merumuskan dan menyajikan hasil penelitian

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai Kompetensi Dasar dan materi pelajaran Sosiologi di kelas X.

untuk informasi lebih lengkap silahkan download file di bawah ini

50-silabus-sosiologi-sma-peminatan_versi-120216-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: