Sempalan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII

Hallo. Berikut ini akan dipaparkan alokasi waktu, Kompetensi dan materi pelajaran Sosiologi kelas XII SMA/MA, berdasarkan Silabus mata Pelajaran Sosiologi di SMA/MA Kurikulum 2013.

Penggunaaan alokasi waktu pada mata pelajaran Sosiologi kelasXII yaitu sebanyak 4 jam pelajaran/minggu

Adapun Penanaman Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching)  pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Selain itu, Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Mata Pelajaran Sosiologi kelasXII Mencakup 6 (enam) Kompetensi Dasar sebagai berikut:

3.1. Memahami berbagai jenis dan faktor-faktor perubahan sosial serta akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat.

4.1. Menalar berdasarkan pemahaman dari pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya

Dari Kompetensi 3.1 dan 4.1 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi tentang “Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat”, yang terdiri dari sub-sub materi sebagai berikut:

  • Perubahan sosial dan sebab-sebab terjadinya perubahan sosial
  • Perubahan sosial dan perubahan hubungan antar individu dan antar kelompok
  • Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kesenjangan sosial di masyarakat
  • Perubahan sosial, kemajuan masyarakat, dan perkembangan masyarakat menuju kehidupan masyarakat yang demokratis

3.2. Memahami berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial ditengah-tengah pengaruh globalisasi

4.2. Mengategorisasi berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi serta akibat-akibatnya dalam kehidupan nyata di masyarakat sehingga dapat merespon berbagai permasalahan sosial dan ketimpangan disebabkan proses globalisasi

Kompetensi 3.2 dan 4.2 diperluas kembali dalam bentuk materi “Globalisasi dan perubahan komunitas lokal”, yang terdiri dari sub materi sebagai berikut:

  • Globalisasi dan dampaknya terhadap perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas
  • Berbagai permasalahan sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas disebabkan globalisasi
  • Globalisasi dan dampak ketimpangan sosial di masyarakat
  • Strategi dan berbagai pendekatan pemberdayaan untuk mengatasi ketimpangan sosial akibat globalisasi

Kompetensi dasar yang selanjutnya yaitu:

3.3. Memahami faktor penyebab ketimpangan sosial dan pertautannya dengan perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi

4.3. Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi

Kompetensi dasar 3.3 dan 4.3 diperluas ke dalam materi pelajaran yaitu “Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi”, yang terdiri dari sub materi:

  • Globalisasi dan dampaknya terhadap perubahan sosial di tingkat lokal
  • Berbagai permasalahan sos
  • ial akibat perubahan sosial di tingkat lokal disebabkan globalisasiPenguatan posisi komunitas lokal dalam merespon perubahan sosial disebabkan globalisasi
  • Menjalin relasi antar komunitas lokal untuk memperkuat posisi dalam merespon perubahan sosial yang disebabkan globalisas i

Kompetensi Dasar yang terahir yaitu:

3.4. Memiliki pengetahuan bagaimana melakukan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi

3.5.Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.

4.4.Merancang, melaksanakan dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi

4.5.Mengelaborasikan berbagai alternatif pemberdayaan sosial yang diperlukan untuk mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat

Dari Kompetensi 3.4, 3.5, 4.4dan 4.5 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi “Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas”, yang terdiri dari sub materi sebagai berikut:

  • Pemberdayaan komunitas berbasis kepemilikan lokal dan partisipasi warga masyarakat
  • Partisipasi masyarakat lokal, atau warga masyarakat, dalam pemberdayaan masyarakat, atau perbaikan kehidupan sosial atau publik
  • Aktivitas pemberdayaan komunitas
  • Evaluasi dan hikmah pembelajaran dari aktivitas pemberdayaan komunitas

Itulah sedikit ulasan singkat mengenai Kompetensi Dasar dan materi pelajaran Sosiologi di kelas XII. Untuk mengetahui lebih jelasnya silahkan download silabus di bawah ini.

50-silabus-sosiologi-sma-peminatan_versi-120216-1

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: