custom-header

Ranjau Radikalisme dan Terorisme Semakin Merebak di Bumi Indonesia, Apa yang Harus Dilakukan Generasi Muda?#2

Ranjau Radikalisme dan Terorisme Semakin Merebak di Bumi Indonesia, Apa yang Harus Dilakukan Generasi Muda?#2

Radikalisme menurut KBBI merupakan paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis. Karena adanya paham radikalisme ini akan memunculkan bumerang baru yakni terorisme. Adapun terorisme itu sendiri merupakan segala aktivitas yang melibatkan kekerasan di dalamnya. Jadi dapat kita bayangkan bahwa kehadiran dua sejoli (radikalisme dan terorisme) ini sangat berbahaya. Karena dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Sumber: https://www.google.co.id/search?q=foto+radikalisme+dan+terorisme&tbm=isch&source=iu&pf=m&ictx=1&fir=FcfM62bUjfMzCM%253A%252CB3JvCK_msQh3lM%252C_&usg=__fY8slG6YjtNMohCUu6oahYkyx6k%3D&sa=X&ved=0ahUKEwj0vdXutPnWAhUMYo8KHXD0BeoQ9QEIOzAK&biw=1366&bih=596#imgrc=FcfM62bUjfMzCM:

Contoh konkret yang dapat kita lihat dari bahaya radikalisme dan terorisme khususnya di indonesia sudah banyak. Seperti pengeboman yang terjadi di Tamrin, dan mapolresta Surakarta pada tahun 2016 lalu, merebaknya organisasi-organisasi yang berpaham radikal, banyak terpincutnya orang-orang Indonesia untuk bergabung dengan ISIS, dan dengan adanya virus radikalisme dan terorisme ini mengakibatkan sensitifitas agama semakin meningkat. Apabila hal ini tidak dapat dibendung, maka akan menghancurkan persatuan dan kesatuan NKRI.

Oleh karena itu, arus radikalisme dan terorisme yang terus menggelining ini perlu bendung dan juga dilenyapkan. Tentunya tidak hanya dilakukan oleh aparat pemerintah, anggota polisi atau TNI saja. Akan tetapi harus melibatkan semua elemen salah satunya pemuda. Karena pemuda merupakan generasi terkuat dalam tonggak masa depan bangsa. Lalu apa yang harus dilakukan oleh pemuda dalam menangkal kehadiran radikalisme dan terorisme? Yuks simak  dengan seksama mengenai apa yang perlu dilakukan oleh pemuda seperti kita.

1. Memahami Ilmu Pengetahuan Dengan Baik Dan Benar

Memahami ilmu pengetahuan dengan baik dan benar sangatlah penting. Karena ilmu pengetahuan memiliki sumbangsih terbesar dalam aktifitas manusia. Termasuk pengetahuan tentang agma. Oleh karenanya, kita perlu mempelajarinya secara mendalam, tidak setengah-setengah, dan memahami pengetahuan tersebut dari berbagai sudut pandang. Agar kita tidak tergelincir ke dalam ilmu pengetahuan yang salah.

2. Memahami dan Menjalankan Nilai – nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari – hari Pancasila terdiri dari lima nilai yakni:

a) Ketuhanan yang Maha Esa

b) Kemanusiaan yang adil dan beradab

c) Persatuan Indonesia

d) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmad kebijaksanaan dalam permusyarwaratan perwakilan

e) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

Apabila kita sebagai generasi muda dapat mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, maka kehidupan negara yang damai pun akan terwujud.

3. Menumbuhkan sikap toleransi

Manusia hidup dalam keberagaman. Baik dari segi ras, budaya, atau agamanya. Oleh karena itu upaya menumbuhkan sikap dan perilaku saling menghargai sangatlah penting. Dengan demikian, tidak akan ada pihak-pihak yang merasa dirugikan atau tersubordinasi.

Itulah sedikit argumen mengenai peran pemuda dalam menangkal radikalisme dan terorisme berdasarkan kedangkalan pengetahuan yang saya miliki. Namun tetap saja, saya berharap mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat. Termasuk bermanfaat untuk menumbuhkan minat teman-teman untuk bersama-sama memerangi radikalisme dan terorisme yang terus merebak menyelimuti bumi kita Indonesia.

Salam semangat untuk generasi muda Indonesia

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog di Universitas Negeri Semarang.

Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons

Lewat ke baris perkakas