Materi Sosiologi Kelas XII: Perubahan Sosial dan Dampaknya

Salam semangat para sahabat bloger.

Kali ini saya akan memposting materi Sosiologi kelas XII tentang Perubahan Sosial dan Dampaknya. Semoga postingannya dapat menambah sedikit referensi bagi teman-teman semua. Tunggu apa lagi, yuks let’s go to read!

Pengertian Perubahan Sosial

kehidupan masyarakat selalu mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi di masyarakat meliputi perubahan norma-norma sosial, pola-pola sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, serta susunan kekuasaan dan wewenang. menurut Kingsley Davis  perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial.

sumber: https://www.google.co.id/search?q=perubahan+sosial&source=lnms&tbm=isch&sa

Perubahan sosial dapat berupa kemajuan (progress) atau kemunduran (regress). Kemajuan (progress) terjadi apabila perubahan tersebut berupa proses pembangunan masyarakat kearah yang lebih baik. Perubahan berupa kemunduran (regress) apabila perubahan tersebut membawa pengaruh yang kurang menguntungkan bagi masyarakat.

Teori Pola Perubahan Sosial

Perubahan sosial selalu mengikuti pola dan arah tertentu, Robert H. Lauler membagi dua teori utama pola perubahan sosial, yaitu :

Teori Siklus

Perubahan sebagai proses yang berulang-ulang. Apa yang terjadi saat ini pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan apa yang telah terjadi sebelumnya. Pola perubahan siklus adalah pola perubahan yang menyerupai spiral.

Teori Perkembangan

Perubahan dapat diarahkan ke titik tujuan tertentu, seperti perubahan dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern yang kompleks. Teori ini dikenal dengan teori perkembangan atau linier. Teori perkembangan dibagi menjadi dua, yaitu teori evolusi dan teori revolusi.

Bentuk-bentuk Perubahan Sosial

  • Perubahan yang Berlangsung Lambat (Evolusi)

Perubahan secara lambat memerlukan waktu yang lama. Bisaanya perubahan ini merupakan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti secara lambat. Proses perubahan seperti ini dinamakan evolusi. Evolusi terjadi dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak tertentu.

  • Perubahan yang Berlangsung Cepat (Revolusi)

Perubahan yang berlangsung cepat. Perubahan tersebut menyangkut dasar atau pokok-pokok kehidupan masyarakat. Perubahan yang terjadi juga dapat direncanakan atau tanpa direncanakan. selain itu, dapat dijalankan melalui kekerasan atau tanpa kekerasan.

  • Perubahan yang Berpengaruh Kecil

Adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur struktur sosial yang tidak membawa pengaruh langsung atau berarti bagi masyarakat.

  • Perubahan yang Berpengaruh Besar

Adalah perubahan yang berpengaruh terhadap masyarakat dan lembaga-lembaganya, seperti sistem kerja, hak milik tanah, hubungan kekeluargaan, dan stratifikasi masyarakat.

  • Perubahan yang Dikehendaki atau Direncanakan
    Perubahan yang dikehendaki (intended change) atau direncanakan (palnned change) merupakan perubahan yang diperkirakan atau yang direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan dalam masyarakat. Pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan ini dinamakan pelaku perubahan (agent of change)
  • Perubahan yang Tidak Dikehendaki atau Tidak Direncanakan
    Perubahan sosial yang tidak dikehendaki (unintended change) atau tidak direncanakan (unplanned change) merupakan perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat atau kemampuan manusia. Perubahan ini dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat.

Faktor-faktor Pendorong dan Penghambat Perubahan Sosial

  • Faktor Pendorong
  1. kontak dengan Kebudayaan Lain.

Salah satu proses yang berhubungan dengan hal ini adalah diffusion. Difusi adalah proses penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari individu kepada individu lain, dan dari satu masyarakat ke masyarakat lain. Dengan proses ini manusia mampu menghimpun penemuan-penemuan baru yang telah dihasilkan.

  1. Sistem Pendidikan Formal yang Maju

Pendidikan mengajarkan nilai-nilai tertentu bagi manusia, terutama dalam membuka pikirannya serta menerima hal-hal baru dan juga bagaimana cara berpikir secara ilmiah.

  1. Sikap Menghargai Hasil Karya Seseorang Dan Keinginan-Keinginan Untuk Maju

Apabila sikap ini melembaga dalam masyarakat, masyarakat merupakan pendorong bagi usaha-usaha penemuan baru.

  • Faktor Penghambat
  1. Kurangnya Hubungan Dengan Masyarakat Lain.
  2. Perkembangan Ilmu Pengetahuan Yang Lambat.
  3. Adat atau Istiadat.

Akibat Perubahan Sosial

  • Dampak Positif
  1. Semakin Rekatnya Integrasi dalam Masyarakat.
  2. Dapat Mengadopsi Unsur-unsur Kebudayaan dari Masyarakat Luar.
  3. Dapat Merubah Pandangan Masyarakat yang Kurang Sesuai dengan Perkembangan Zaman.
  4. Terjadinya Modernisasi di Berbagai Bidang.
  • Dampak Negatif
    1. Terjadinya Ketertinggalan Budaya (Cultural Lag).
    2. Terjadinya Disorganisasi Sosial.
    3. Menurunnya Rasa Solidaritas Sosial dan Toleransi

Itulah sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan, untuk lebih jelasnya silahkan buka link di bawah ini:
Materi sosiologi kelas XII “Perubahan Sosial dan Dampaknya)

Pengayaan..!

  1. Carilah sumber-sumber lain yang memuat materi di atas, bandingkan dengan isi materi yang telah ditulis tersebut. Kemudian lengkapi kekurangan yang ada. ?
  2. Sebutkan dampak negatif perubahan sosial yang ada di lingkungan tempat tinggalmu?
  3. breikan solusi yang dapat mengatasi dampak negatif tersebut?

Daftar Pustaka

Soerjono soekanto.2012.Sosiologi Suatu Pengantar.Jakarta:Rajawali Pers

Maryati, Kun dan Juju Suryati.2012.Sosiologi: Untuk SMA/MA Kelas XII.Jakarta:Eksis Erlangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: