Materi Antropologi Kelas XI: Konsep dan Pewarisan Tentang Nilai-Nilai Kultural”

Salam semangat sahabat blogers. Kali ini saya akan memposting materiAntropologi Kelas XI tentang “Konsep dan Pewarisan Tentang Nilai-Nilai Kultural”. Semoga postingannya dapat menambah sedikit referensi bagi teman-teman semua. Tunggu apa lagi, yuks let’s go to read.

  • Pengertian Nilai dan Budaya (Culture)

Menurut Koentjaraningrat (1987:85) lain adalah nilai budaya terdiri dari konsepsi – konsepsi yang hidup dalam alam fikiran sebagian besar  masyarakat mengenai hal – hal yang mereka anggap amat mulia. Sistem nilai yang ada dalam suatu masyarakat dijadikan orientasi dan rujukan dalam bertindak. Oleh karena itu, nilai budaya yang dimiliki seseorang mempengaruhinya dalam menentukan alternatif, cara – cara, alat – alat, dan tujuan – tujuan pembuatan yang tersedia.

Bahwa konsep nilai budaya atau culture value syste itu banyak dipakai dalam ilmu-ilmu sosial,yang terutama memfokuskan kepada kebudayaan dan masyarakat,dan baru secara sekunder kepada manusia sebagai individu dalam masyarakat. Contoh-contoh dari sistem nilai budaya,contohnya dari sikap yang biasanya hanya ada pada individu-individu tertentu saja,misalnya sikap cangkok dalam menghadapi orang lain yang berkedudukan sebagai bawahan,atau orang yang sifatnya lemah fisik,mental,material.Contoh dari suatu sikap ini yang didapatkan secara meluas pada banyak individu kemudian terpengaruh oleh nilai budaya,adalah sikap segan terhadap pekerjaan yang bersifat memberikan pelayanan pada orang lain.Pada dasarnya sikap congkak ini terpengaruh oleh nilai-budaya yang mengganggap bahwa mencapai kedudukan tinggi dimana orang yang dapat melayani orang lain,tetapi tidak melayani orang lain,memberi tujuan utama yang memberi arti kepada segala usaha dari karya manusia dalam hidupnya. Karena dari kebudayaan indonesia sendiri adalah saling tolong-menolong.

  • Pewarisan Nilai Kebudayaan (Culture)

Pada umumnya proses pewarisan nilai kebudayaan dapat dilakukan dengan 2 cara yakni:

Yang pertama,Sosialisasi yakni suatu proses interaksi secara terus-menerus yang memungkinkan manusia memperoleh identitas diri serta keterampilan-keterampilan nasional.

Yang kedua,Enkulturasi yakni masuknya seseorang ke dalam suatu lingkungan kebudayaan dimana desain-desain khusus untuk kehidupan kelihatan sebagai sesuatu yang alamiah belaka.

Untuk membantu kalian agar lebih mudah dalam memahami Konsep Dan Pewarisan Tentang Nilai-Nilai Kultural itu sendiri. Dibawah ini terdapat suatu link bacaan mengenai materi tersebut:

https://infotegal.com/2014/12/dwiyanto-dalang-wayang-dongeng-asal-tegal-selatan/

Tulisan ini sebelumnya telah diterbitkan oleh:
Putri Ayu Setyo Nur Islami

Pengayaan.!

  1. Apa yang kalian ketahui mengenai Nilai dan Budaya?
  2. Jelaskan contoh dari Sosialisasi dan Enkulturasi dalam kehidupan sehari hari anda?
  3. Buatlah analisis kasus yang sesuai pada link diatas dengan pemahaman Anda mengenai pewarisan nilai kebudayaan?

Daftar Pustaka:

  1. Maran, Rafael Raga. 2000. Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.
  2. Koentjaraningrat.2004. Kebudayaan Mentalitas Dan Pembangunan. Jakarta : PT Pustaka Utama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Widget Ready

This left column is widget ready! Add one in the admin panel.

Widget Ready

This center column is widget ready! Add one in the admin panel.

Widget Ready

This right column is widget ready! Add one in the admin panel.

Bota simple WordPress Theme Powered By WordPress
Lewat ke baris perkakas