Analisis Jurnal “Pengetahuan Sikap dan Perilaku Masyarakat Desa Pagar Desa terhadap Malaria (Pemukiman Suku Anak Dalam) Kabupaten Musi Banyuasin”

Hallo, bertemu lagi dengan saya di loker ilmu. Kali ini saya akan memposting tugas kuliah yang sudah pernah saya kerjakan. Yaitu tugas mata kuliah Antropologi Kesehatan yang telah saya pelajari ketika semester 5. untuk lebih jelasnya, yuks baca tulisan ini sampai selesai.

Pemaknaan masyarakat Pagar Desa terhadap penyakit malaria

Suku Anak Dalam merupakan salah satu suku yang terdapat di Kabupaten MUBA (Musi Banyuasin) Propinsi Sumatera Selatan, yang bertempat tinggal di daerah terpencil. Tinggal di sekitar hutan. Sehingga mereka memiliki resiko tertular malaria. Selain itu kebiasaan keuar malam hari, tidak memakai peindung dan kelambu juga menjadi faktor pendorong terkena penyakit malaria.

Masyarakat sebagian besar sudah pernah mendengar tentang penyakit malaria. Namun seluruh masyarakat tidak mengetahui penyebab penyakit tersebut dan hanya yang mengetahui bahwa malaria merupakan penyakit yang berbahaya. Mayoritas dari mereka mengetahui bahwa malaria dapat menyebabkan kematian dan pada umumnya mereka tidak mengetahui bahwa malaria merupakan penyakit menular. Hal ini enunjukan bahwa pengetahuan amasyarakat tentang maaria masih kurang.

  1. Penanganan warga masyarakat menanggulangi penyakit malaria beracam-macam. Diantaranya yaitu
  2. ada yang belum pernah sama sekali berobat ke Puskesmas atau Tenaga kesehatan dengan alasan tidak punya biaya atau karena meilih berobat ke dukun. Dukun yang dianggap oleh masyarakat dapat mengobati penyakit adalah Kepala Suku Anak Dalam.
  3. Sebagian besar membeli obat di warung. Adapun obat yang biasa dibeli oleh responden di warung untuk mengobati gejala malaria yang diderita yaitu  Riboquin®, Pil Kina®, Resochin® dan obat demam (Bodrex®, Inzana®, Paramex®).
  4. Cara menghindari diri dari penyakit malaria, yaitu dengan cara bersih lingkungan dan menghindari gigitan nyamuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons