Silabus untuk Mata Pelajarn Antropologi SMA kelas XII Kurikulum 2013

Kompetensi Inti

 KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

 KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 KI3   : Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 KI4  : Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1 Memahami, menghargai, dan menerima  perbedaan kegiatan ritual  sebagai akibat  (implikasi)  dari keberagaman ajaran agama,religi/kepercayaan  yang dianut.
2.1  Menentukan sikap positif dalam menghadapi berbagai permasalahan terkait  dengan kesetaraan dan perubahan sosial budaya  dalam masyarakat multikultur
2.2  Melestarikan nilai-nilai budaya  sehubungan dengan adanya dampak perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK dan globalisasi.
2.3  Memiliki kebanggaan  terhadap nilai-nilai budaya bangsa sebagai warisan nenek moyang
2.4  Memberikan apresiasi terhadap setiap hasil karya budaya bangsa.
3.1    Menganalisis berbagai masalah  terkait dengan kesetaraan  dan  hubungannya dengan perubahan sosial-budaya, perkembangan IPTEK  dalam masyarakat multikultur Kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial budaya: Mengamati:

Mendiskusikan konsep kesetaraan  dan hubungan dengan perubahan sosial-budaya melalui contoh-contoh yang diamati dari lingkungan setempat.

Menanya:

Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial, misalnya  emansipasi, kesetaraan gender, persamaan hak, keadilan

Mengeksplorasi:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi  dan berperan aktif dalam menumbuhkan sikap positif berkaitan dengan berbagai persoalan tentang kesetaraan, keadilan dalam kondisi masyarakat yang selalu berubah.

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara  konsep  atau pemikiran para ahli  dengan kenyataan yang ada di masayarakat  terkait  dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok  tentang kesetaraan, emansipasi, persamaan hak, dan keadilan

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting,  tanggapan/komentar, karikatur,  refleksi dan kesimpulan tentang kesetaraan dan hubungannya dengan perubahan sosial budaya:yang ada di masyarakat setempat.

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang  pengertian konsep kesetaraan dan hubngannya dengan perubahan sosial budaya

.

Observasi (unjuk kerja):

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut  sudah mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama, jika belum, guru memberikan pembinaan

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir  dalam melakukan penelitian sederhana  dan tugas-tugas dalam bentuk lain yang memungkinkan untuk menggunakan portofolio

Tes:

Melakukan tes  untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pengertian dan konsep kesetaraan, emansipasi, persamaan hak, keadilan dan hubungannya dengan perubahan sosial-budaya

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya mempertahankan nilai-nilai luhur sebagai alat untuk menyaring pengaruh budaya luar

 

8 x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.1  Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan lapangan terhadap berbagai  masalah  terkait dengan kesetaraan  dan  perubahan sosial-budaya dalam masyarakat multikultur
3.2    Merumuskan langkah-langkah antisipatif pemecahan masalah  sosial-budaya yang timbul sebagai pengaruh perkembangan IPTEK dan globalisasi Proses globalisas dan strategi mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia Mengamati:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang  pengaruh perkembangan IPTEK dan globalisasi dalam masyarakat dengan  menggunakan  contoh-contoh nyata yang terdapat dalam masyarakat setempat.

Menanya:

Mendiskusikan  berbagai persoalan  untuk mempertanyakan beberapa hasil kajian dan pendapat para ahli terkait dengan prosses

globalisasi (pengertian, penyebab, dampak)  dan strategi mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia

Mengeksplorasi:

Melakukan kajian terhadap hasil-hasil penelitian dan pengamatan lapangan  untuk menemukan berbagai alternatif tindakan atau sikap positif dalam upaya memperkuat jati diri dan peningkatan daya saing dalam menghadapi proses globalisasi

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara  konsep  atau pemikiran para ahli  dengan  fenomena yang terjadi di masyarakat setempat terkait dengan  arus globalisasi .

Berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya sikap positif  terkait dengan adanya  globalisasi sebagai dampak dari perkembangan IPTEK

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting,  tanggapan/komentar, karikatur,  refleksi dan kesimpulan tentang proses globalisasi dan pengaruhnya terhadap budaya setempat

 

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang  pengertian, faktor yang mempengaruhi,  dampak dan dampak globalisasi: dan strategi  mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia

.

Observasi (unjuk kerja):

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab, disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut  sudah mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama, jika belum, guru memberikan pembinaan

 

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir  dalam melakukan penelitian sederhana  dan tugas-tugas dalam bentuk lain yang memungkinkan untuk menggunakan portofolio

Tes:

Melakukan tes  untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pengertian, faktor yang mempengaruhi,  dampak dan dampak g lobalisasi: dan strategi  mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai budaya   Indonesia

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya menghayati, menghargai dan menerapkan nilai-nilai budaya Indonesia sebagai bentuk rasa syukur menjadi warga negara Indonesia

 

8  x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.2    Melakukan kajian literatur, diskusi, pengamatan lapangan, dan berperan aktif dalam upaya  pemecahan masalah  sosial-budaya yang timbul sebagai pengaruh  perkembangan IPTEK dan globalisasi

 

3.3    Menemukan dan memilih strategi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di tengah-tengah pengaruh globalisasi Relativitas, ketahanan, inovasi dan asimilasi  budaya Mengamati:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang   bagaimana upaya kita dalam meningkatkan ketahanan budaya  namun kita tetap mampu berperan aktif dalam perkembangan peradaan dunia

Menanya:

Menidkusikan  berbagai persoalan  untuk mempertanyakan beberapa hasil kajian dan pendapat para ahli relativitas, ketahanan, inovasi dan asimilasi  budaya

Mengeksplorasi:

Melakukan kajian terhadap hasil-hasil penelitian dan pengamatan lapangan  untuk menemukan berbagai alternatif tindakan atau sikap positif dalam memahami arti relativitas, ketahanan, inovasi dan asimilasi  budaya

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara  konsep  atau pemikiran para ahli  dengan  fenomena yang terjadi di masyarakat setempat terkait dengan  proses asimilasi budaya.

Berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya sikap positif  dalam  upaya mengkatan ketahanan budaya, misalnya dengan menghargai nilai-nilai budaya lokal, menggunakan produk ldalam negeri, dan mempromosikan keunggulan-keunggulan lokal yang dimiliki daerah setempat.

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting,  tanggapan/komentar, karikatur,  refleksi dan kesimpulan tentang  bagaimana meningkatkan ketahanan budaya dalam menghadapi perubahan peradaban dunia.

 

Tugas:

 

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang  pengertian, faktor yang mempengaruhi serta dampak adanya ketahanan budaya di era globalisasi.

Observasi (unjuk kerja):

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut  sudah mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama, jika belum, guru memberikan pembinaan

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir  dalam melakukan penelitian sederhana  dan tugas-tugas dalam bentuk lain yang memungkinkan untuk menggunakan portofolio

Tes:

Melakukan tes  untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pengertian, pengertian, faktor yang mempengaruhi serta dampak adanya ketahanan budaya di era globalisasi

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya menghargai nilai-nilai budaya Indonesia sebagai salah satu bentuk rasa syukur terhadap Tuhan

 

8 x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.3 Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan lapangan tentang  berbagai strategi untuk mempertahankan nilai-nilai budaya Indonesia di tengah-tengah pengaruh globalisasi
3.4    Menerapkan  metode penelitian kualitatif sebagai ciri utama antropologi dalam menganalisis berbagai permasalahan sehubungan dengan perubahan sosoial-budaya, kesetaraan, perkembangan  IPTEK, dan globalisasi Karya klmiah dan Metode penelitian antropologi

 

Mengamati:

Melakukan kajian literatur, diskusi  tentang metodedan teknik penelitian kualitatif sebagai ciri penelitian antropologi

Menanya:

Melakukan kajian terhadap hasil-hasil penelitian antropologi dan mendiskusikan tentang metode, teknik,  kesimpulan, dan manfaat  penelitian antropologi dalam  mensukseskan pembangunan

 

Mengeksplorasi

Menyusun rancangan penelitian antropologi   tentang keunikan, keberagaman, kesamaan dan perubahan sosial, perkembangan IPTEK dan globalisasi yang terjadi dalam masyarakat setempat  (menetapkan tema, latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instruen, dan menulis laporan).

Mengasosiasi:

Melakukan penelitian antropologi  dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen tentang berbgai topik aktual seperti:  keunikan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan, perubahan sosial-budaya yang ada atau terjadi di lingkungan masyarakat setempat

Mengkomunikasikan:

Menyusun karya ilmiah  berdasarkan hasil penelitian/kajian antropologis dan mengkomunikasikan atau menyajikannya dalam bentuk laporan/ artikel/ulasan, dan bahan presentasi/ audio-visual dan sebagainya.

Mempersiapkan transparansi dan presentasi  hasil laporan dalam  berbagai bentuk, seperti: laporan tertulis, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang  metode penelitian kualitatif sebagai ciri penelitian antropologi .

Observasi (unjuk kerja):

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut  sudah mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama, jika belum, guru memberikan pembinaan

Portofolio:

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir  dalam melakukan penelitian sederhana  dan tugas-tugas dalam bentuk lain yang memungkinkan untuk menggunakan portofolio

Tes:

Melakukan tes  untuk mengetahui pemahaman siswa tentang metode penelitian kualitatif sebagai ciri penelitian antropologi

Refleksi (self asssessment):

Menghargai nilai-nilai budaya Indonesia sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan.

 

6 x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.4 Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) hasil penelitian kualitatif  sebagai ciri utama   antropologi dalam menganalisis berbagai topik  seperti:  budaya, tradisi, agama, religi/kepercayaan,  perubahan sosial-budaya, kesetaraan, perkembangan  IPTEK, dan globalisasi

bisa juga download disini silabus-mata-pelajaran-antropologi-xii-1-5-mei-2013

Lewat ke baris perkakas