Rafika Kusuma's World

Hijrahku dalam Berhijab

by on Nov.26, 2015, under Religi

Niat diriku memakai jilbab sudah ada ketika aku duduk di bangku SMP,tapi karna mungkin waktu itu hidayah belum datang niatku masih setengah-setengah.Dalam pikiranku saat itu “Sholatku saja masih disuruh,nanti aja deh pakai jilbabnya takut dibilang kerdus”. Jadi saat itu aku memilih untuk menunda memakai jilbab sampai aku siap.

Waktu terus berjalan,sampai memasuki masa SMA tapi diriku juga belum berjilbab.Tadinya berniat masuk SMA pakai jilbab,tapi ditunda lagi niat tersebut.Tapi di masa SMA pula aku memutuskan untuk berjilbab hingga saat ini.Semua berawal dari ROHIS.Waktu itu aku ikut ekskul rohis,ketika sedang mentoring membahas tentang jilbab itu jleb banget.Aku merasa malu,malu sama teman-teman,malu sama Murabiyahku,terutama lebih malu sama Allah.

Aku baru tahu dari mentoring,ternyata berjilbab adalah sebuah kewajiban layaknya seperti sholat.Jadi tak ada tuh kalimat-kalimat yang seharusnya menyatakan “jilbabi hati dulu baru fisik”. Bahkan Allah sendiri yang memerintahkan berjilbab didalam Al-Qur’an surat An-Nur ayat 31 dan Al-Ahzab ayat 59.

Semakin galau aja diriku saat itu,setelah mendapatkan mentoring tentang jilbab.Aku ingin rasanya langsung berjilbab tetapi semuanya tidak mudah bagiku.Terlebih dahulu aku harus ngomong sama orang tua,beli baju lengan panjang dll nya.Ketika pergi acara rohis aku memakai jilbab,aku merasa nyaman sekali.Akhirnya terkadang aku pergi main bersama teman-teman rohisku yang lain aku memakai jilbab dan juga memakai rok.Tetapi kondisiku saat itu adalah belum berjilbab kesekolah,hanya berjilbab ketika pergi saja. Dalam hati bilang “Sampai kapan mau gini,masa sekolah ngga pakai jilbab,pergi main pakai jilbab sih ky”

Mungkin ini adalah salah satu yang dinamakan proses kali ya…

Aku mencoba menutarakan niatku berjilbab kepada mamahku,dan akhirnya mamahku mengizinkan tapi mamahku menyuruhku untuk memakai baju seragam yang lama dengan menggunakan manset.Tidak masalah bagiku,sudah dapat izin dan kemudahan untuk menggunakan jilbab saja aku sudah senang.Dan akhirnya,hari senin masuk sekolah aku memakai jilbab.Anak-anak disekolah rame komentar dan banyak juga yang ngecie-ciein -_-

Alhamdulilah tahap awal sudah terlaksana :)

hidayah dari Allah SWT

Setelah memakai jilbab ternyata perjuanganku belum selesai,saat itu aku masih mengenakan celana jeans dan jilbabku pun belum menutupi dada.Punya rok pun cuma ada dua, warna merah dan abu-abu. Baju lengan panjangpun aku masih sedikit.Jadi saat itu kalau pakai rok harajuku warnanya nabrak-nabrak.-_- Oke kawan,lagi-lagi ini adalah sebuah proses. Aku mulai satu persatu membeli rok dan baju lengan panjang.Sudah perlahan terkumpul aku mulai mengganti kebiasaanku memakai jeans dengan memakai rok. Awalnya sih tidak terbiasa dan lumayan ribet kalau naik motor gitu.Tapi lama-kelamaan juga sudah terbiasa. Kenapa ya harus pakai rok? Kalian tahu? Karena jeans itu kan ketat jadi lekuk kakiku masih terlihat dan juga katanya aku pernah baca jeans itu tidak bagus untuk rahim seorang wanita J

Alhamdulilah tahap kedua sudah terlaksana :)

Sudah pakai jilbab,sudah pakai rok. Tapi masih juga belum sesuai syariat.Kira-kira kalian tahu tidak apa yang kurang? Hmm… ternyata masih kurang kaus kaki.Pakai kaos kaki juga harus? Iya harus,karena kaki juga ternyata masih aurat seorang wanita loh :’) Aurat seorang wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan terlapak tangan.Perlahan-lahan aku juga belajar menggunakan kaus kaki.Walaupun awalnya rada sulit dan tidak nyaman tapi lama-kelamaan juga akan terbiasa.

Nah,kaus kaki sudah sekarang tinggal balik lagi kejilbabku. Ada apa lagi dengan jilbab? Kalian yang belum tahu mungkin sedikit bingung kali ya,sudah pakai jilbab masih juga bermasalah.Nah,untuk jilbab kira-kira kalian tahu apa masalahnya?

Hmm.. Jilbabku masih menerawang,belum menutup dada dan aku masih menguncir rambutku hingga menonjol. Jilbab yang sesuai syariat itu tidak menerawang,menutupi dada dan juga tidak menyerupai punuk unta.Oke awalnya lagi-lagi ini pun sulit bagiku.Agar tidak menerawang bagaimana caranya? aku harus mendouble jilbabku,karna kebanyakan jilbabku adalah bahan paris jadi harus ku double karna bahannya tipis. Emangnya ngga panas? Emangnya ngga ribet? Awalnya juga aku merasa panas dan ribet kok,tapi lagi-lagi ini adalah sebuah proses.Lama-kelamaan juga nanti akan terbiasa :)

Terus,tidak menyerupai punuk unta itu yang seperti apa ya?

“Ada dua golongan penduduk neraka yang belum aku melihat keduanya, (1) Kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi untuk mencambuk manusia (maksudnya penguasa yang dzalim) dan (2) perempuan-perempuan yang berpakaian tapi telanjang, cenderung kepada kemaksiatan dan membuat orang lain juga cenderung kepada kemaksiatan. Kepala-kepala mereka seperti punuk-punuk unta yang berlenggak-lenggok. Mereka tidak masuk surga dan tidak mencium bau wanginya. Padahal bau wangi syurga itu tercium dari jarak perjalanan sekian dan sekian waktu (jaraknya jauh sekali).” (HR. Muslim dan yang lainnya).

Saat tahu hadis itu,akupun juga perlahan belajar untuk tidak menguncir rambutku tinggi-tinggi sampai membentuk menonjol seperti punuk unta.Lagi-lagi ini juga adalah proses.

Nah kawan-kawan,itulah sedikit ceritaku tentang perjalanan hijrahku untuk memakai jilbab.Sebenarnya kenyataannya tidak semudah yang aku ceritakan.Hijrah kesesuatu yang lebih baik itu tidak mudah dan juga membutuhkan proses.Jadi kita harus menghargai sebuah proses :)

Ketika sudah menjilbabi fisik,perlahan kita juga harus menjilbabi hati kita agar penampilan sesuai dengan akhlak kita.Cara jilbabi hati gimana? Kalau aku sendiri banyak dateng ke acara-acara seminar kemuslimahan,dateng ke kajian ilmu,ikut mabit dan lain-lain.

Disini aku hanya ingin berbagi cerita pengalamanku kepada kalian,aku juga masih banyak harus belajar dan memperbaiki diriku. Nah kawan, jadi mulai sekarang yuk jilbabi fisik dahulu kemudian kondisikan dengan menjilbabi hati perlahan-lahan :)

Sumber : https://duniajilbab.co.id/inspirasi-hijrah/hijrahku-dalam-berhijab/


Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...