Menjadi bagian dari penyelenggaraan Semarang IKM Award selama dua tahun berturut-turut, memberikan wawasan yang luar biasa bagi saya tentang bagaimana IKM di Kota Semarang bergeliat melakukan berbagai  inovasi untuk mensukseskan penetrasi pasar e-commerce. Pada tahun 2019 ini, bersama Dinas Perindustrian  saya berkesempatan untuk melihat langsung proses produksi berbagai produk IKM unggulan Kota Semarang dari kategori kuliner dan fashion.

Dinas Perindustrian Kota Semarang kembali menyelenggarakan Semarang IKM Award 2019. Mengusung tema “Inovasi dan Kreativitas IKM sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing di Era E-Commerce”, kegiatan tahun kedua ini ditujukan untuk mendorong IKM di kota Semarang agar semakin gencar melakukan peneterasi pasar e-commerce. Hal ini sejalan dengan misi Pemerintah yang mentargetkan agar IKM mampu menguasai 80% pasar e-commerce di Indonesia di tahun 2020.

Penyerahan penghargaan Semarang IKM Award 2019 oleh Walikota Semarang, Bapak Hendrar Prihadi, didampingi oleh Ibu Nurjanah Kepala Dinas Perindustrian Kota Semarang

Melalui kegiatan ini juga diserahkan bantuan peralatan dari Kementrian Perindustrain dan dari CSR kepada beberapa IKM binaan Dinas Perindustrian Kota Smearang

Penyelenggaraan Semarang IKM Award tahun 2019 ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori Kuliner dan Fashion. Nurjanah, SH., MH selaku Kepala Dinas Perindstrian Kota Semarang menyampaikan bahwa antusiasme IKM di kota Semarang dapat dilihat dari jumlah peserta. “Sejak penyelenggaraan tahun 2018 lalu, ada peningkatan jumlah peserta yang signifikan. Pada tahun ini tercatat 175 pelaku IKM di Kota Semarang berpartisipasi sebagai peserta.” Nurjanah optimis bahwa penyelenggaraan Semarang IKM Award pada tahun-tahun mendatang akan semakin membuka jejaring Dinas Perindustrian Kota Semarang untuk dapat mendampingi IKM potensial di kota Semarang memasuki era e-commerce.

Penilaian Semarang IKM Award dilakukan melalui dua tahapan. Tahapan pertama adalah penilaian dokumen yang dilanjutkan dengan tahap penilaian lapangan. Dewan Juri menyeleksi sepuluh nominasi terbaik dari setiap kategori, dan menentukan tiga terbaik. Untuk kategori kuliner, juara pertama adalah Iwak Nyus, juara kedua Tahu Bakso Ikan Bu Ning dan juara ketiga adalah Sambel Pecel Bu Kaji. Sedangkan untuk kategori fashion, Juara pertama diraih oleh Zie Batik, juara kedua adalah Andjani Clutch and Bag serta juara ketiga adalah Batik Mutiara Hasta.

Dalam acara penyerahan penghargaan  Semarang IKM Award 2019 pada hari Selasa, 2 April 2019 di Gedung Moch. Ichsan,  Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyerahkan penghargaan dan hadiah bagi para nomine, serta memberikan semangat kepada pelaku IKM di kota Semarang agar senantiasa melakukan inovasi dan meningkatkan kapasitas untuk melakukan penetrasi pasar e-commerce. E-commerce adalah sebuah keniscayaan yang harus disambut oleh para pelaku IKM agar dapat menjangkau segmentasi pasar yang lebih luas di masa yang akan datang.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.
Skip to toolbar