Nov 13

Social-Media-Magnifying-Glass

Sosial Media—dua kata itu tentu sudah tidak asing di telinga kita. Sosial media atau yang biasa kita persingkat menjadi sosmed, adalah salah satu dari sekian banyak dampak perkembangan teknologi. Definisi dari sosial media itu sendiri adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial,, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content” (Wikipedia)

Dari definisi di atas dapat kita simpulkan bahwa media sosial berarti sebuah media yang bisa menghubungkan pengguna ke satu atau banyak orang dengan tanpa bertatap muka secara langsung, atau bersosialisasi, berkomunikasi serta bertukar informasi secara online. Dengan pengertian itu maka dapat disimpulkan bahwa media sosial mempunya tujuan utama yaitu membantu menghubungkan, mempermudah, serta mempersingkat jarak antar pengguna sehingga mampu bersosialisasi walaupun mereka sama-sama memiliki kesibukan di tempat masing-masing.

Mengapa media sosial mampu menarik banyak pengguna dalam waktu yang singkat?

Yap, jawabannya tentu saja sudah tercetak jelas di atas kepala kita. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan sosial media. Dengan kemudahan yang ditawarkan serta biaya yang minim, kita bisa mendapatkan jutaan informasi dari seluruh penjuru dunia. Media sosial membuat setiap individu memiliki media sendiri. Dibanding dengan media seperti televisi atau radio yang membutuhkan modal besar dan banyak tenaga kerja, maka lain halnya dengan media sosial di era sekarang ini.

Media sosial yang paling marak digunakan adalah jejaring sosial dimana pengguna membuat page pribadi yang terhubung dengan keluarga, rekan kerja, atau teman-teman untuk berbagi informasi. Kita bisa menyapa rekan kita yang jauh dengan waktu yang cepat bahkan hanya dalam waktu sepersekian detik. Banyak juga pengguna yang memanfaatkannya untuk bisnis yang menguntungkan karena menghemat media promosi dan pemasaran.

Nah, di atas telah disebutkan berjuta manfaat dari media sosial. Tujuan utamanya adalah sebagai media informasi dan komunikasi, dan tentu saja dua fungsi itu mengandung banyak manfaat yang terus berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi.

Kita tentu tidak bisa terhindar dari pengaruh media sosial. Bahkan hampir setiap waktu kita terhubung dengan media sosial. Namun kita harus tetap bijak dalam penggunaannya. Selain memiliki berjuta manfaat, media sosial juga memiliki banyak kekurangan apabila kita kurang berhati-hati atau bahkan kita sendiri yang menyalahgunakan fungsi media sosial. Jadi, gunakanlah media sosial sesuai dengan fungsinya sehingga kita bisa mendapatkan manfaat yang sesungguhnya.

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

preload preload preload
Skip to toolbar