Bumi Sukowati #4

Selamat Datang di postingan blogku yang keempat, untuk kali ini saya akan membahas mengenai daerah asal saya. Ya, sebut saja Kabupaten Sragen. Kabupaten yang terdiri dari 20 kecamatan.

Kabupaten Sragen adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya terletak di Sragen, sekitar 30 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Grobogan di utara, Kabupaten Ngawi (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Karanganyar di selatan, serta Kabupaten Boyolali di barat.

Kabupaten ini dikenal dengan sebutan “Bumi Sukowati”, nama yang digunakan sejak masa kekuasaan Kerajaan (Kasunanan) Surakarta. Nama Sragen dipakai karena pusat pemerintahan berada di Sragen.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Sragen

Tepat sekali kalian membaca blog ini, untuk kali ini saya akan menceritakan tempat tinggal saya yaitu Kabupaten Sragen. Sragen terkenal dengan situs manusia purba yang dikenal dengan nama “Museum Purbakala Sangiran”. Sangiran merupakan tempat wisata sekaligus tempat penemuan fosil-fosil zaman purbakala. Menurut laporan UNNESCO (1995) “Sangiran diakui oleh para ilmuwan untuk menjadi salah satu situs yang paling penting di dunia untuk mempelajari fosil manusia, disejajarkan bersama situs Zhoukoudian (Cina), Willandra Lakes (Australia), Olduvai Gorge (Tanzania), dan Sterkfontein (Afrika Selatan), dan lebih baik dalam penemuan daripada yang lain.” Sangiran terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Sekitar 15 km dari Solo atau 40 km dari Sragen. Menarik sekali kan? Ayo berkunjung ke Sragen.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti bidikmisi Blog Awards di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Skip to toolbar