Pengalaman Pertama Naik Gunung…#G.Slamet(3428mdpl)

Naik gunung atau mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat menarik dan salah satu olahraga yang di sukai oleh para pemuda karena bisa menikmati indahnya alam dari ketinggian tertentu.

Saya adalah termasuk salah satu dari pemuda indonesia yang suka menikmati alam dari ketinggian atau dataran tinggi. Pengalaman pertama saya mendaki gunung adalah saat bersama teman – teman SMK N 2 Purwokerto mendaki gunung Slamet yang terletak di utara kabupaten Banyumas. Bersama dengan teman – teman saya berangkat dari purwokerto menuju base camp gunung slamet yang berada di desa Bambangan kab. Purbalingga.

Oh iya ada yang terlewatkan dari proses kesepakatan naik gunung slamet. Sebenarnya kesepakatan untuk mendaki gunung slamet itu tak berlangsung lama, awalnya teman – teman saya berkumpul di sanggar pramuka SMK N 2 Purwokerto untuk sharing tentang kegiatan pramuka. Jam 13.00 saya bergabung dengan teman – teman setelah selesai mengikuti lomba LCC Pramuka Tingkat Kota Purwokerto(alhamdulillah Juara 2). Baru sampai di sanggar saya langsung di tawari untuk naik gunung slamet. Awalnya saya kaget, karena saya belum pernah mendaki gunung. kemudian saya bilang ke temen jika orang tua mengijinkan saya ikut. setelah itu saya pulang dan minta izin ….alhamdulillah di izinkan. saat itu saya bingung mengenai apa yang harus saya bawa. Saya tanya sama temen lewat SMS, Apa yang harus saya bawa?. Temen Menjawab : Tas yang nyaman, Air 1,5 L,Mie 3 bungkus, Ubi, Gula jawa, Jaket dan Sarung. (sangat Simpel) *Jangan pernah ditiru untuk seperti itu.

Persiapan selesai dan saya menunggu jemputan di depan rumah, karena kebetulah jalan untuk ke bambangan melewati depan rumahku. Pukul 15.00 Jemputan datang dan Saya kaget, karena dari 9 orang rombongan kami hanya saya yang masih kelas X sedangkan yang lain kelas XI. Tapi hal itu bukan menjadi masalah bagi saya, malah jadikan motivasi bahwa saya pasti bisa.

Sampai di base Camp bambangan setelah menempuh perjalanan ± 2 jam dari Purwokerto. Kami langsung Ibadah dan persiapan (packing). Setelah Selesai packing dilanjutkan Ibadah dan Makan. Pukul 19.15 Kami mulai mendaki gunung slamet. dari base camp pertama kami harus melewati ladang warga dan hutan pinus milih perhutani. 1 Jam perjalanan kami sampai di Pos 1 untuk istirahat beberapa menit . di pos 1 dapat melihat pemandangan lampu malam di daerah Purbalingga, Pemalang yang gemerlap.

Dirasa cukup istirahat, perjalanan dilanjutkan kembali. dari pos 1 menuju pos 2 perjalanan ± 1 jam melewati hutan gunung slamet. kami tidak bisa melihat pemandangan lampu malam lagi karena terhalang oleh pohon yang menjulang tinggi. tak lama istirahat perjalanan dilanjutkan ke pos 3. perjalanan ke pos 3 ,± 45 menit. disini kami istirahat untuk membuat makan malam.

Setelah makan kami melanjutkan perjalanan kembali, ± 1 jam perjalanan kami sampai di pos 5, karena di pos 4 kami tidak istirahat. di Pos 5 kami mendirikan tenda untuk bermalam. suhu di pos 5 bisa dikatakan hampir mendekati 0º C. kami kedinginan. Untuk mengurangi rasa dingin akhirnya saya bertiga masuk kedalam 1 sarung.

jam 4 pagi kami melanjutkan perjalanan dan di perjalanan kami istirahat untuk sholat subuh.kemudian melanjutkan lagi, jam 5 sampai di pos 7, dan istirahat sebentar. untuk mengisi perut dengan roti yang sudah dibawa temen.

10 menit kemudian perjalanan di lanjutkan. oh iya pos 7 merupakan batas tanah dengan bebatuan. di perjalanan kami di beri kenikmatan yaitu bisa melihat matahari terbit dari ketinggian ± 3300 mdpl.

Bisa melihat gunung kembar (sindoro sumbing) yang mempesona.

puas menikmati indahnya matahari terbit. kami melanjutkan perjalanan kepuncak yang kurang lebih 128 meter lagi.

Alhamdulillah akhirnya sampai di puncak, sujud syukur kami semua, karena seluruh rombongan bisa sampai di puncak dalam keadaan sehat. kami masak mie yang sudah kami siapkan dari pos 7. karena untuk kepuncak tak perlu membawa semua perlengkapan. hanya yang dibutuhkan saja misalnya makanan dan minuman.

Setelah makan, kami berfoto foto. dari puncak slamet bisa menikmati indannya alam dam bisa melihat kota purwokerto (sebelah selatan) Pemalang dan purbalingga (timur) dengan jelas, karena saat itu sedang cerah.

Setelah dirasa cukup dan mengingat tidak boleh berada di puncak melebihi jam 9.30 karena gas belerang pada dam tersebut mulai keluar banyak yang berbahaya bagi pernapasan, kami turun menuju pos 7. dipos 7 kami membuat kolak ubi.

untuk mengisi tenaga untuk turun ke base camp.

perjalanan dari pos 7 ke base camp ± 3 jam karena kami kebanyakan lari. setelah sampai kami bersih diri dan ibadah. dan makan siang kemudian kembali ke purwokerto.

Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

Sehari setelah pendakian saya merasa efek yang kurang enak, yaitu sakit pada paha selama 2 hari.

hhahaha…

*PESAN

1. Jangan menjadi pendaki yang bodoh (membawa bekal seperti saya)
  2. Saat akan mendaki persiapkan perlengkapan yang menunjang
  3. Membawa tas kresek(untuk membawa sampah turun, minimal sampah kita sendiri)
  4. Olahraga terlebih dahulu min 2 hari sebelum berangkat agar tidak seperti saya)
  5. Minta izin Orang tua.
  6. Kenali medan dari internet sebelum melakukan pendakian(karena banyak pengetahuan yang di bagikan di internet)
  7. Jangan meninggalkan IBADAH.
  8. Jangan membuat kerusakan (menebang pohon)

Ingat pesan para pendaki :

1. Tidak boleh mengambil apapun kecuali Gambar
  2. Tidak boleh meninggalkan apapun kecuali jejak
  3. Tidak boleh membunuh apapun kecuali waktu

⇒Tunggu Postingan selanjutnya mengenai pengalaman mendaki gunung Slamet #2

Tautan permanen menuju artikel ini: https://blog.unnes.ac.id/ramadhani/2015/12/07/pengalaman-pertama-naik-gunung-g-slamet3428mdpl/

4 comments

• on 7 Desember 2015 at 12:47
        Author
      • Balas

Ayo….kapan yah….nunggu waktu yang tepat aja,,,,saat ini cuaca kurang bersahabat,,,