Materi Pengayaan Antropologi SMA Kelas XI : Nilai-Nilai Kultural yang Dijadikan Bagian dari Budaya Nasional

     Hai, apa kabar? Masih dengan materi Antropologi SMA kelas XI. Materi kali ini membahas tentang Nilai-Nilai Kultural yang Dijadikan Bagian dari Budaya Nasional. Nah untuk memperdalam pemahamanmu, check this out.

     FYI, sebelumnya postingan ini telah ditulis oleh Niken Dheasye A. dalam blog Diary of Sociology & Anthropology’s . Jangan lupa kunjungi blog tersebut juga ya, hehe.

  • Konsep Nilai-Nilai Budaya

        Nilai-nilai budaya merupakan sesuatu hal yang dianggap berharga oleh kelompok masyarakat atau suku bangsa tertentu. Nilai-nilai budaya dapat membatasi dan memberikan karakteristik tertentu dalam kehidupan masyarakatnya serta kebudayaan yang ada dalam masyarakat itu sendiri. Salah satu ahli yang mengungkapkan asumsi perihal ini adalah Nugroho Notosusanto yaitu bahwa sistem nilai–nilai budaya di masyarakat tersebut menjadi pokok pembahasan fenomena dari kebudayaan, karena nilai-nilai budaya yang ada tersebut mempengaruhi dan sebagai penentu berbagai elemen bidang yang terdapat pada struktur permukaan dari kehidupan manusia yang mana elemen-elemen tersebut dapat meliputi nilai-nilai budaya sebagai kesatuan perilaku sosial individu di masyarakat dan benda-benda (merupakan hasil kebudayaan) sebagai kesatuan material (Geriya,1986:26).

  • Definisi Kebudayaan Nasional

       Kebudayaan nasional dapat diartikan sebagai sebuah cerminan dari kepribadian manusia khususnya pada suku bangsa Indonesia yang mana dalam perwujudannya berupa pandangan hidup, sikap mental,patriotisme dan cara berpikir individu sebagai anggota masyarakat terhadap segala aspek kehidupan suku bangsa mereka sendiri. Unsur-unsur dari kebudayaan nasional atara lain : bahasa, religi, kesenian, dan adat istiadat dari segala penjuru suku bangsa Indonesia.

  • Nilai kultural yang dijadikan bagian dari budaya nasional

       Tanggung Jawab, sikap dan rasa tanggung jawab adalah salah satu hal yang paling penting dalam diri setiap individu. Dimana tanggung jawab inilah dapat muncul sebab adanya wewenang dari masing-masing individu. Jadi, anggota masyarakat yang memiliki wewenang tersebut akan mengemban suatu tangggung jawab tertentu dalam segala aspek hidupnya. Tanggung jawab tersebut memanglah sebagai suatu tuntutan kepada semua manusia, karena manusia dinilai sebagai makhluk yang memiliki akal budi pekerti baik, yang didalamnya memiliki sebuah pengertian serta kebebasan tersendiri dalam kehidupan sosialnya.

         Gotong royong , dapat di sebut sebagai suatu konsep yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat Indonesia dimana masyarakat Indonesia hidup dalam sistem masyarakat agraris, oleh  karenanya kegiatan gotong royong di masyarakat Indonesia khususnya sangat bernilai tinggi. Nilai gotong royong itu sendiri dapat diartikan sebagai latar belakang dari segala aktivitas yang bersifat tolong menolong antar masyarakat. Aktivitas tersebut dapat kita lihat dalam rukun antar tetangga, antar kerabat masyarakat yang mendiami daerah tertentu dan terjadi secara spontanitas oleh masyarakat tertentu tanpa adanya rasa pamrih (balasan) pada sesama manusia yang juga sedang mengalami kesusahan.

         Untuk membantu kalian agar lebih mudah dalam memahami konsep “Nilai-Nilai Kultural Yang Dijadikan Bagian Dari Budaya Nasional” itu sendiri bagaimana. Disini terdapat suatu link bacaan dari salah satu sumber berita yuk klik link berikut :

https://news.detik.com/kolom/d-3679584/melawan-arogansi-kebangsaan

Penugasan

Setelah membaca dan memahami penjelasan materi di atas seberapa besar tingkat pemahaman kalian akan materi ini, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

  1. Bagaimana pengertian dari nilai kebudayaan khususnya yang ada di suku bangsa Indonesia sesuai dengan pemahaman Anda? Jelaskan dan beri contoh!
  2. Sebutkan nilai-nilai kebudayaan yang masih terjaga ditempat tinggal Anda yang digunakan sebagai kebudayaan nasional!
  3. Buatlah analisis singkat mengenai kasus yang terdapat pada link diatas sesuai dengan pemahaman Anda mengenai nilai-nilai kebudayaan yang ada disekitar lingkungan Anda!

Sumber :

Maran, Rafael Raga. 2000. Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rosyadi,dkk .1998. Nilai-Nilai Budaya Dalam Naskah Kaba Anggunan Nan Tungga Si Magek Jabang. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

Skip to toolbar