Wisata Gunung Bromo Tengger Wajib Dikunjungi saat di Jawa Timur

Gunung Bromo, gunung api berketinggian 2.392 meter ini adalah gunung yang masih aktif dan di kelilingi lautan pasir seluas sepuluh meter kilometer persegi. Gunung ini telah meletus beberapa kali, yang terakhir terjadi pada bulan November tahun 2010 sampai bulan Januari 2011. Letak Gunung Bromo berada di Provinsi Jawa Timur dan berada dalam empat wilayah pemerintahan yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

wisata gunung bromo

wisata gunung bromo

Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata jawa timur yang selalu ramai menjadi tujuan wisata, baik wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara, karena Gunung ini punya nilai keindahan alam yang sangat mempesona, salah satunya adalah matahari Terbit (sunrise), laut pasir yang sangat luas, Bukit Savana Teletubbies dan cuaca di Gunung Bromo sangat ekstream sekali, udaranya yang sangat segar dan dingin. Suhu udara di puncak Gunung Bromo antara 2 º C sampai 20 º C. Ada beberapa Alasan Gunung Bromo Kenapa merupakan tempat wisata menarik:Dari puncak Gunung Bromo pengunjung dapat melihat kawah yang memiliki diameter ± 600 meter.

Dari Puncak Penanjakan bisa melihat indahnya matahari terbit (sunrise) serta hamparan lautan kabut dan lautan pasir yang mengelilingi Gunung Bromo dan Gunung Batok. Spektakuler!

gunung bromo tengger

gunung bromo tengger

keindahan gunung bromo

keindahan gunung bromo

Upacara adat Suku Tengger yaitu Yadnya Kasada atau Kasodo Festival. Upacara ritual Yadnya Kasada Festival adalah mencari pemberkatan untuk Yang Maha Kuasa supaya memperoleh panen yang berlimpah dan jauh dari bencana serta penyakit.Pengunjung bisa mempelajari,melihat dan merasakan adat dan budaya Suku Tengger yang unikAdapun untuk Rute menuju Gunung Bromo, Ada 4 jalur untuk memasuki kawasan Taman Nasional Wisata Gunung Bromo Tengger , yaitu:

  1. Kabupaten Probolinggo – Desa Cemorolawang Desa – Gunung Bromo
  2. Kabupaten Pasuruan – Desa Wonokitri – Gunung Bromo
  3. Kabupaten Malang – Desa Ngadas – Gunung Bromo
  4. Kabupaten Lumajang – Desa Burno – Gunung Bromo

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Bromo atau Wisata Bromo Tour adalah sekitar bulan Juni sampai Oktober, yaitu pada musim kemarau. Alasan utama pada saat musim itu pengunjung bisa menikmati keindahan Kawasan Gunung Bromo secara lebih sempurna. Namun pada bulan-bulan lain jumlah pengunjung juga cukup tinggi.Di sekitar Kawasan Wisata Gunung Bromo memiliki fasilitas yang cukup memadai layaknya sebuah tempat wisata standar internasional seperti: penginapan, hotel, restoran, toko-toko suvenir Serta wisata Kuliner Khas Gunung Bromo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Skip to toolbar