Tari Konservasi

ini nih tari kebanggaan kampus kita tercinta..

(No title)

Assalamu’alaikum Saudara-saudaraku, yuk lebih giat lagi perbaiki diri, jangan sepelekan kebaikan sekecil apapun..

image : https://www.facebook.com/TeladanRasul/photos/a.353157964748802.84798.165936700137597/1035090849888840/?type=3&theater

Baca Ini Saat Kamu Sakit

image : https://www.youtube.com/watch?v=zUF3wQmlLog

“ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN TIBBIL QULUUBI WADAWAAIHAA WA’AAFIYATIL ABDAANI WASYIFAAIHAA WANUURIL ABSHAARI WADLIYAAIHAA  WA’ALAA AALIHI WASHAHBIHI WASALLIM”

Artinya :

Ya Allah curahkanlah rahmat kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya dan sebagai penyinar penglihatan mata  beserta cahayanya, Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para shahabat-shahabatnya.

Diceritakan dalam suatu pengajian di salah satu stasiun televisi saat itu Ustadz Yusuf Mansur menceritakan, beliau sedang sakit kemudian beliau mendapat kunjungan dari Syeikh Wahbah Zuhaili dari mesir, seorang ahli fiqih yang kitab-kitab karyanya banyak di jadikan sebagai rujukan di Indonesia.

Maka Syeikh Wahbah menghadiahkan kepada Ustadz Yusuf Mansur sholawat di atas, sholawat yang di ajarkan oleh ibu beliau yang senantiasa beliau baca saat sakit kepala dengan memegang kening beliau.

Saat itu Ustadz Yusuf Mansur, tentu mencobanya dan hasilnya positif, luar biasa, kemudian dalam acara selanjutnya ustadz Yusuf Mansur mengajak masyarakat Indonesia yang sedang sakit apapun, yang sakit kepala pegang kepalanya, yang sakit gigi, pegang giginya, yang sakit perut, pegang perutnya. Baca dengan yakin, Insya Alloh, saat kita hanya berharap 100 persen pada Alloh Ta’ala, Insya Alloh segala penyakit hilang.

Bisa kita buktikan, coba saja kalau sakit, ( tapi mudah-mudahan gak ya ), jangan langsung berpikir ke obat, ke rumah sakit, tapi coba, pasrahkan dulu pada Alloh Ta’ala, Serahkan semua pada-Nya. ganti kebiasaan bergantung pada dokter, obat, rumah sakit saat sakit dengan baca Qur’an, dzikir, minimal saat yang lain ngeluh aduh sakit, aduh sakit, kita justru menikmatinya dengan tadarussan, perbanyak mengingat Alloh. Kan indah banget tuh..

Semoga kita bisa senantiasa dekat dengan Alloh SWT dalam kondisi apapun, aamiin…

Ngaku Pancasilais ?? Yakin Gak Buat Begini ??

image : https://twitter.com/cinta_pancasila

Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa diharapkan mampu menjadi landasan setiap tindakan rakyat Indonesian, namun dalam kenyataannya sering ditemui berbagai penyimpangan dalam sila-sila pancasila.

Salah satunya penyimpangan terhadap sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa, ada banyak sekali fenomena dalam masyarakat yang bisa sering kita jumpai yang tidak mencerminkan nilai ketuhanan, tidak mencerminkan umat yang bertuhan. Misalnya, hampir semua rakyat Indonesia menganut agama, tertapi sedikit yang mengamalkan ajaran agamanya. Inilah kasus nyata yang sudah membudaya, dan sebenarnya sangat berbahaya dan merupakan penyimpangan sebenarnya terhadap nilai ketuhanan. Contohnya Banyak dijumpai umat islam yang tidak menjalankan sholat fardhu, membayar zakat, entah menyimpang dari dalam hal ibadah-ibadah fardhu, sampai berbagai kasus dalam hal budaya, pergaulan, trend, ataupun hukum-hukum. Seperti beberapa warga Negara Indonesia yang mengaku beragama tetapi menikah sesama jenis, ataupun fenomena yang mudah kita jumpai yaitu dalam hal budaya, pergaulan bebas, etika berpakaian, yang menyimpang dari ajaran agama.

Bahkan berbagai kasus penyimpangan dari nilai Ketuhanan ini sering menyimpang nilai sila yang lain. Misalnya kasus kejahatan yang mengatasnamakan agama, yang sebenarnya juga penyimpangan terhadap agama yang dianutnya, tidak menjalankan syariat agamanya dengan sebenarnya karena kesalahan dalam memahami agamanya, membawa penyimpangan terhadap sila yang lain, yaitu terhadap sila ketiga, persatuan Indonesia, karena menimbulkan perpecahan, dan permusuhan.

Ada berbagai factor yang menyebabkan umat beragama, menganut agama tetapi tidak mejalankan syariat agamanya dengan sebenarnya, bisa karena dia salah memahami, tidak mau memahami, atau bahkan tidak punya kesempatan untuk memahami agamanya. Karena tidak ada pemahaman tentang vitalnya agama dalam kehidupan inilah yang menjadi sebab utama seseorang tidak menjalankan syariat agamanya dengan sebenarnya.
Memang ada berbagai sebab, mengapa sedikit orang yang paham agama, dari kurangnya temapat untuk belajar agama, kurangnya guru-guru yang kompeten, atau karena kesibukan seseorang yang membuatnya kurang waktu untuk belajar agama.

Tetapi tidak menjadi keharusan setiap orang fasih dalam ilmu agama, yang utama ia tidak meninggalkan ibadah fardhunya, dan tetap tetap belajar agama meskipun sedikit demi sedikit, serta tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang nyata yang bertentangan dengan agama, seperti melakukan pembunuhan, pencurian, dll.
Dan sebenarnya jikalau setiap orang sudah bisa taat pada ajaran agamanya, menjalankan syariat agamanya dengan sebenarnya, maka penyimpangan-penyimpangan lain pun akan bisa terselesaikan. Karena agama sudah mengatur semuanya, dari hal kecil seperti masuk, keluar kamar mandi, sanpai hal besar seperti kenegaraan ada aturannya.

Filosofi Sluku-Sluku Bathok

masih ingat dengan “sluku-sluku bathok”??

ini SUBLIMINAL MESSENGEnya /teks aslinya

Usluk-Usluk Bathnaka…. Jalankan terus Hatimu….

bathnaka Laa ilaaha illaLlah….. Batinmu bersuara Laa ilaaha illaLLah

Sirru Ma’a man Shalla…. Rahasia itu ada di dalam orang yg rajin Shalat.

Allahu Faaizun Man Thabaa…. Allah itu seneng bgt sm orang Yang Taubat..

IttahidziLlaha Rabba….. Maka jadikan Allah Tuhanmu

Man Maata Ro’a Dzunuubah…. Orang kalo dah mati kelihatan deh dosanya.

Dzunuubah Dayn Yaghillu Yadaahu…. Kalo punya dosa hutang, terlilitlah tanganmu

Rattibil Qalbi bil Qauli Tsaabit….. Tetapkan hatimu dengan kata2 yang Tsabit (kalimat Haqq)

 

 

sumber : https://www.facebook.com/abunawasmajdub/photos/a.198892386923281.67442.118606844951836/726750130804168/?type=3

Shift Your Paradigm !!!

aku melihat dunia hari ini
orang-orang islam ibarat digenggam
belenggu orang-orang kafir
akhirat mereka luput
dunia pun tercicir

budaya jahil tidak diambil peduli
melampau-lampau dalam hiburan
khayalan keterlaluan
luas… luas membanjir

teruk… tak tertaksir orang-orang yang karam
Barus, Singkel, Pasai, Ranir, Cordoba, Banghdad, Andalus
hilang… hilang ditelan zaman
kita lupa semua jawaban persoalan kehidupan
yang mahir dihafal

mampukah kita nak jawab di depan Mungkar dan Nakir nanti?
setengah-setengah orang kata, sejarah ini ibarat pentas bermain wayang
cerita-cerita lampau dihurai, dipanjang-panjangkan
bila tamat, diulang…dan diulang…ulang kembali

itulah sejarah
kalau begitu, takkanlah mustahil
untuk giliran Islam pula yang mendatang
tamadun kita yang lama dahulu yang indah gemilang
hidup semula, kembali segar bugar terbentang, didunia yang luas

~Syed Naquib Al-Attas

sumber : https://pemudasabah.wordpress.com/2012/02/14/syed-naquib-al-attas/

11 Kehebatan Cinta Nabi Yusuf A.S

JosephKathirInd

image : id.zulkarnainazis.com/2014/07/yusuf-bin-yakub-mimpi.html

Kata cinta bagi para pemuda merupakan kata yang sangat istimewa, dan merupakan topik yang paling menarik untuk dibahas. karena ada sesuatu yang besar dibalik kata cinta, semua pemuda pasti memiliki pandangan sendiri-sendiri tentang apa itu cinta, bagaimana wujud dari makna cinta dan bagaimana cinta sejati yang sebenarnya ?

Banyak kemudian kalangan pemuda yang mencari inspirasi bagaimana mewujudkan cinta yang sebenarnya, bagaimana bagaimana mendapatkan kebahagiaan cinta ? Cara pemuda-pemuda untuk menemukan jawabannya berbeda-beda, ada yang mencarinya di novel-novel, film-film korea dll.

Tapi tahukah bahwa sebenarnya Allah SWT sudah menjelaskan kisah cinta yang sangat indah dalam Al-Qur’an, kisah cinta suci pada pemuda, yang sangat pantas untuk dijadikan teladan. Ialah kisah cinta antara Nabi Yusuf A.S dan Zulaikha, kisah cinta yang penuh drama, sangat dramatis, yang disutradarai langsung oleh Sang Maha Pencipta, Allah SWT.

Kisah ini bermula dari begitu eloknya, memesonanya, tampannya wajah Nabi Yusuf AS dan budi pekertinya, yang membuat ratu pada zaman itu, seorang yang cantik jelita pula, Zulaikha istri raja terpesona, dan berniat untuk menggoda Yusuf, namun Yusuf menolaknya dengan luar biasa.

Berikut ialah alasan mengapa kehebatan Cinta Nabi Yusuf AS layak dijadikan teladan, diantaranya

  1. Karena Nabi Yusuf AS laki-laki. biasanya laki-laki mudah tergoda dengan wanita, tapi ini justru seorang laki-laki menolak godaan serang wanita.
  2. Yusuf masih muda, riwayat menyebutkan usia Yusuf saat itu 18 tahun (riwayat lain 21 tahun), tentu merupakan usia yang nafsu seksualnya begitu luar biasa, tapi ia bisa mengendalikan dirinya.
  3. Yusuf belum menikah,
  4. Sepi, saat itu tidak ada orang yang tau, artinya walaupun Yusuf tidak menolak, ia akan tetap aman.
  5. Sebagai Budak, bahkan saat itu kondisi Yusuf ialah budak yang harus siap melakukan segala yang diperintahkan majikannya.
  6. Diancam penjara, bahkan kalau Yusuf tidak mau melakukan, justru ancaman yang ia dapatkan, ia tahu kondisinya akan tidak aman.
  7. Zulaikha sangat Cantik, aplagi wanita di hadapan Yusuf ialah wanita yang sangat cantik, dan sebagai Ratu,
  8. Zulaikha masih muda, bahkan usia Yusuf dan Zulaikha saat itu tidak jauh berbeda.
  9. Zulaikha Raja kecantikan saat itu, wanita yang begitu sempurna.
  10. Zulaikha masih suci,
  11. Zulaikha punya banyak ahli hukum dan Yusuf tau, artinya keamanan mereka sudah benar-benar terjamin, Yusuf tidak akan dikenai hukuman kalaupun tergoda.

Itulah hebatnya cinta Nabi Yusuf AS, sebenarnya bukan Zulkaikha seorang yang buruk hati dan sifatnya, Beliau wanita yang baik, cerdas dan cantik. Pada akhirnya Nabi Yusuf AS dipersatukan oleh Allah SWT dengan Zulaikha dengan halal, dan kisah cinta mereka ialah kisah cinta terbaik yang patut dijadikan teladan. Semoga setiap pemuda bisa meneladani sifat Nabi Yusuf AS.

Jurus Anti Grogi

image : https://circle.cerdasmulia.net/darimana-datangnya-perasaan-gugup/

Kita kadang dihadapkan pada keadaan yang memaksa kita untuk bicara, dari hal yang sepertimya sepele, seperti menanyakan materi yang tidak dipahami kepada dosen, atau mungkin teman bahkan diskusi di kampus, presentasi, atau  di forum-forum ilmiah.

Nyatanya dalam suatu forum diskusi atau bahkan di kelas saat pembelajaran tidak banyak orang yang bisa mengemukakan pendapatnya, alasannya pun bermacam-macam, dari mungkin yang tidak memahami materi, tidak punya ide, atau terkadang sering seseorang sudah memiliki gagasan, bahkan sudah dirancang sedemikian bagusnya tapi tidak bisa mengungkapkan.

Alasannya sebenarnya sepele, kebanyakan muncul rasa khawatir, ragu, malu, yang membuatnya tidak percaya diri, rasa cemas, grogi yang over ini bisa menimbulkan berbagai dampak negatif, misalnya jika karena ia tidak jadi mengemukakan gagasannya, padahal gagasannya sebenarnya sudah tepat di akhir nanti akan muncul rasa menyesal, apalagi bila ada orang lain yang memiliki gagasan yang sama dan ia berani mengungkapkannya sehingga ia mendapat banyak pujian, rasa menyesal itu akan semakin besar, dampak lain misalnya bila ia mencoba mengungkapkan tetapi tidak bisa membunuh groginya, bisa jadi gagasan yang sudah diruntutkannya akan menjadi acak-acakan, bahkan kebingungan.

Melawan grogi, bahkan membunuh grogi ini sangat penting, meskipun hampir setiap orang yang akan tampil misalnnya selalu memiliki grogi, bahkan motivator ulung sekalipun, bedanya mereka yang sukses dalam speaknya ialah yg bisa mengendalikan groginya.

Berikut ialah jurus jitu anti grogi yang bisa kita terapkan,

  1. Gerakkan Badan, sebelum mulai bicara gerakkan, usir ketegangan dengan berusaha santai berusaha menghilangkan ketegangan di tubuh dengan melakukan kerja aktiv pada tubuh tapi dengan gerakan ringan, misal pijit-pijit tangan pukul-pukul pipi, atau senam-senam kecil lainnya.
  2. Curi waktu, usahakan mengkondisikan diri dulu untuk memastikan sudah benar-benar siap dan memastikan kondisi audience, curi waktu sebentar, untuk diam, menatap ke pembicara, tetapi jangan terlalu lama, dan pastikan kamu sudah benar-benar siap.
  3. Tarik Napas, jurus ketiga ini sering digunakan dan memang terbukti hasilnya, tarik napas dan keluarkan perlahan, gunakan pernapasan perut karena powernya lebih besar.
  4. Senyum, Salam, Sapa, nah ini juga tidak kalah pentingnya, senyummu bisa menimbulkan semangat positif orang laian hingga orang lain akan membalas senyumanmu dan itu akan meningkatkan kepercayaan dirimu.
  5. Berdo’a, jangan lupa juga sebelum memulai aktivitas apapun berdo’a pada Allah SWT agar semua aktivitas kita dimudahkan, dan mendapat berkah dan manfaat.

Nah itu jurus jituy agar kita bisa tenang saat bicara atau tampil dan menampilkan kualitas diri kita yang maksimal, selamat mencoba, semoga sukses!!!

Makna Islam

APA ITU ISLAM???

Tebarkan bibit kebaikan pada siapapun dan kalian akan mendapatkan hasilnya
bagaimana caranya ?
dengan senyuman, senyum kamu akan menjadi nasi buat santapan hati dan pikiran orang di sekelilingmu, dan orang-orang di sekelilingmu akan tersenyum pada yang lain, begitu seterusnya hingga kamu tidak sadar kalau senyum kamu sudah mengubah hati dan pikiran semuanya, itulah ISLAM.

Apa Itu Pendidikan ?

Pendidikan, setiap orang pasti sudah tidak asing dengan kata yang satu ini, ada yang menganggapnya sebagai sesuatu yang vital, termasuk kebutuhan pokok, tetapi ada juga yang berpikiran apalah arti pendidikan.

religiPendidikan sering dikaitkan dengan kualitas seseorang, semakin tinggi pendidikan seseorang, maka ia akan semakin dihargai, dihormati, sebaliknya seseorang sering meremehkan oerang lain karena katanyaa rendahnya tingkat pendidikan.

Karena itu banyak orang berusaha mengejar pendidikan, ada yang niatnya tulus ingin menjadi orang yang berguna bagi nusa, bangsa, agama, masyarakat, ataupun keluarga, ada yang menjadikannya jalan mengubah kemapanan, tapi ada juga yang menjadikannya sebagai sekedar kebanggaan.

Tapi sebenarnya, apa itu pendidikan ? seberapa pentingkah yang dinamakan pendidikan ? lalu bagaimana seseorang dikatakan tedidik, atau berpendidikan ?

Rasulullah SAW pernah mengatakan, ” Tuhanku telah mendidikku dan pendidikanku ialah yang terbaik “.  Sabda Rasulullah SAW ini sangat menarik, kita tahu Rasulullah SAW tidak mengecam bangku sekolah, seperti SD, SMP, apalagi kuliah, tetapi Beliau yang menjadi panutan bagi setiap orang di dunia, umat Beliau, berani menjamin bahwa beliau memiliki pendidikan yang terbaik.

Sebagai seorang muslim tentu wajib bagi kita untuk meyakini perkataan beliau, dan memang kita akan benar-benar yakin kalau tahu maksud perkataan beliau, pendidikan yang sebenarnya dalam diri beliau. Dan tidak salah jikalau pendidikan beliaulah yang terbaik, karena memang beliau mendapatkan pengajaran dari Allah SWT, Tuhan semesta alam.

Lalu bagaimanakah pendidikan yang dimaksud beliau ? dan bagaimanakah pendidikan yang sebenarnya pendidikan yang diajarkan oleh Allah SWT ?

Sebagaimana sabda Beliau SAW, bahwa Beliau diutus untuk menyempurnakan akhlaq, beliau datang saat akhlaq manusia berada dalam derajat yang sangat rendah, sehingga menjadi tugas utama beliau untuk memperbaiki akhlaq.

Inilah yang sebenarnya pendidikan, pendidikan tidak untuk menjadikan seseorang sebagai pejabat, sebagai seorang yang terkenal, tetapi sebagai seorang yang mulia, yang dalam hatinya tumbuh kebaikan, dan senantiasa mengamalkan kebaikan, dalam pikiran, perasaan, dan perbuatan.

Pendidikan bisa didapat dari mana saja, dari lembaga yang formal, non formal seperti pengajian-pengajian, training, informal seperti keluarga, atau bahkan dengan mentadabburi alam, belajar dari alam, mengamati alam, betapa agungnya kekuasaan  Allah SWT dan betapa lemahnya kita, sehingga muncul kerendahan hati, keiklasan dalam berbuat kebaikan, dalam beribadah, dan ketenangan jiwa.

Akhlaq yang benar, pendidikan yang benar akan mengantarkan seseorang pada ketenteraman jiwa, kemenangan hati, kepuasan batin, bukan sebatas kekayaan materi. Karena itu banyak orang yang salah anggapan, yang terlalu mengejar harta dunia, dengan segala cara, sampai kekayaannya berlimpahpun yang terasa masih kurang dan kurang, karena ia sebatas memiliki ijasah yang tinggi namun sebenarnya pendidikannya masih sangat rendah, tidak mencerminkan orang berpendidikan. Sebaliknya banyak juga orang yang sekolahnya sebatas tamatan SD, atau SMP, tetapi dimuliakan orang lain karena senantiasa melakukan kebaikan.

Jadi, sebagaimana yang dikatakan Imam Syafi’i, ilmu itu ( pendidikan ) ialah yang menjadikan akhlaq seseorang menjadi lebih baik. Orang diakatakan terdidik atau bependidikan jikalau dalam dirinya senantiasa tumbuh kebaikan. Dan karena itu pendidikan itu sangat penting, dan wajib bagi setiap orang mencari, mengikuti dan mengamalkan pendidikan, karena itu yang akan mengantarkan pada sebenarnya kebahagiaan, dan itulah alasa kenapa Allah SWT mewajibkan, karena Allah SWT sangat sayang pada semua hambanya, dan menginginkan hambanya senantiasa dalam kebahagiaan. Jadi, jadikan diri kita ridho pada semua ajaran Allah SWT dan semoga Allah SWT  pun ridho pada diri kita semua, aamiin..

 

 

image : https://sawali.info/2009/03/09/sepenggal-fragmen-keteladanan/