rizkagia

KONSERVASI #1

by on Nov.19, 2015, under Uncategorized

 

Konservasi. Apa si yang ada dipikiran kalian saat mendengar konservasi ? hal yang aneh kah saat mendengar kata konservasi ? atau mungkin kalian sudah tak asing lagi dengan kata konservasi ? lalu apa sebenarnya konservasi itu ? sesuatu yang berhubungan dengan alam kah ? hanya berhubungan dengan alam atau ada dengan lainnya ?

Sebenarnya konservasi itu memiliki cakupan arti yang sangat luas, tidak hanya berhubungan dengan alam. Kata konservasi sebenarnya lebih dekat dengan arti pelestarian. Namun pelestarian itu tidak hanya mencakup alam, tetapi konservasi juga dapat menyangkut tentang moral, nilai, budaya, dan lain sebagainya yang perlu untuk dilestarikan.

Konservasi alam, tentang konservasi alam, hal ini lebih berhubungan dengan hal bagaimana kita melestarikan alam, memanfaatkan alam dengan sebijak mungkin, dan senantiasa menjaga alam. Kelestarian alam merupakan hal yang penting untuk berlangsungnya kehidupan didunia ini. Sedangkan konservasi moral, konservasi ini berhubungan dengan moral kita sebagai pelaku konservasi. Apakah perilaku sudah sesuai dengan nilai-nilai karakter konservasi ? dalam konservasi nilai karakter tersebut meliputi :

  1. Religious
  2. Jujur
  3. Cerdas
  4. Adil
  5. Tanggung jawab
  6. Peduli
  7. Tolerant
  8. Demokratis
  9. Cinta tanah air
  10. Tangguh
  11. Santun

Kita sebagai kader konservasi harus mampu menerapkan nilai karakter konservasi tersebut. Karena kalau bukan kita yang mengawali, lalu siapa yang akan memulai. Semua itu berdasarkan kesadaran diri sendiri, karena apa yang kita lakukan sekarang juga akan berdampak pada kehidupan kita selanjutnya. Bahkan bukan hanya kehidupan kita, tapi kehidupan orang banyak. Maka mari kita wujudkan karakter nilai konservasi dalam kehidupan sehari-hari. DalamĀ  perwujudan karakter konservasi ini, kita juga akan melakukan konservasi budaya. Yang dimaksud konservasi budaya yaitu pelestarian budaya. Bagaimana kita melestarikan budaya, mempernaharui budaya. Pada intinya konservasi budaya yaitu bagamana kita menjaga dan melesatarikan budaya kita agar budaya tersebut tetap menjadi asset yang berharga bagi masyarakat sekitarnya.

Dapat disimpulkan bahwa konservasi itu memiliki arti menjaga, melestarikan, memperbaharui, dan sebagainya. Intinya konservasi itu mengajak kita untuk melakukan suatu hal yang dapat menjaga dan melestarikan apapun yang bernilai positif dilingkungan kita, entah itu lingkungan alam, budaya, moral, nilai, dan lainnya.

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti bidikmisi Blog Awards di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

 

 


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...