rizkagia

MAHASISWA SEKARANG, MAHASISWA DOLOE ?????

by on Nov.19, 2015, under Uncategorized

 

 

Mahasiswa sekarang dan mahasiswa dulu, apakakh ada perbedaan dari dua pernyataan tadi ? perbedaan dalam hal apakah ? mari kita lihat terlebih dahulu sejarah perkambangan mahasiswa, so lets check it out !

1908 = budi utomo yang merupakan awal pergerakan mahasiswa

1928 = sumpah pemuda yang menandakan menyatunya seluuruh pemuda   Indonesia

1945 = terjadi influence atau dapat diartikan mahasiswa memiliki   pengaruh, missal dalam kermerdekaan

1966 = kebangkitan gerakan mahasiswa, contoh realnya adalah dalam hal penggulingan presiden soeharto.

1975 = terjadi peristiwa MALARI(Malapetakan 15 Januari

1978 = Ancaman apatisme

1998 = semangat reformasi

Lalu apa sebenarnya yang mendasari perbedaan mahasiswa sekarang dan mahasiswa dulu ? dalam hal kontribusi kah ? memang jika dilihat dalam hal kontribusi jelas berbeda antara mahasiswa dulu dengan mahasiswa sekarang. Mahasiswa jamn dulu, partisipasi mereka lebih bersifat aksi dimana mereka benar-benar memperhatikan apa yang seharusnya menjadi milik rakyat. Mereka rela mengorbankan jiwa dan raganya dalam meraih kemerdekaan. Lalu sebagai mahasiswa yang duduk dibangku perkuliahan era ini, apa yang harus kita lakukan ? apakah melakukan perang seperti yang dilakukan mahasiswa dulu dalam meraih kemerdekaan ? sebenarnya tugas dan tanggungjawab mahasiswa akan berbeda dilihat dari setiap eranya. Kita sebagai mahasiswa sekarang tidak mungkin jika kita melakukan perang utnuk meraih kemerdekaan karean saat ini Negara ini secara hukum telah merdeka. Yang perlu kita lakukan sebagai mahasiswa saat ini adalah mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif yang dapat mengharumkan Indonesia missal melalui prestasi. Dan tidak lupa kita juga berperan sebagai social control yang mengawasi jalannya kebijakan pemerintah terhadap rakyat. Pada intinya kita itu dituntut untuk melakukan suatu perubahan, dan perubahan itu tidak selalu melalui aksi demonstrasi, tapi buatlah perubahan sesuai dengan passion yang kita miliki :D

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti bidikmisi Blog Awards di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...