rizkagia

Moral Konservasi dan Rumah Ilmu #2

by on Nov.19, 2015, under Uncategorized

Moral konservasi. Apa itu moral konservasi ? moral konservasi dapat diartikan sebagai suatu perilaku yang sesuai dengan nilai karakter konservasi. Nilai karakter konservasi itu meliputi religious, cerdas, adil, tanggungjawab, peduli, tolerant, demokratis, cinta tanah air, tangguh dan santun. Lalu permasalahannya, masih relevankah nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sebagai suatu pembelajaran ?

Melihat realitas sekarang, banyak terutama para pemuda yang kehilangan akan perilaku konservasi mereka. Mudahnya budaya asing yang masuk ke Indonesia adalah salah satu penyebabnya. Mereka lebih membangga-banggakan budaya luar daripada budaya negeri ini. Dari fenomena ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai dalam karakter konservasi itu sudah mulai luntur. Tidak hanya itu, lunturnya karakter konservasi juga ditandai dengan mulai hilangnya norma atau nilai-nilai kesopanan dalam masyarakat. Tidak sedikit dari kita yang melupakan norma atau biasanya orang jawa menyebutnya dengan unggah ungguh. Mereka lebih meniru nilai perilaku dari budaya asing. Seolah-olah mereka itu bangga dan pantas atau sesuai dengan perilaku budaya asing tersebut. Padahal sebenarnya, bagaimanapun budaya kita itu lah budaya yang seseuai dengan karakter bangsa kita karena  budaya tersebut adalah budaya yang sudah turun temurun dalam negeri ini. Kita sebagai mahasiswa memiliki kewajiban untuk menjaga dan menyadarkan teman kita atau bahkan masyarakat untuk tetap berpegang teguh pada nilai-nilai konservasi dan budaya di negeri ini. Betapa berpengaruhnya perilaku generasi muda untuk Indonesia.

Lalu apa hubungannya moral dengan Rumah ilmu ? melalui moral yang baik atau moral yang sesuai dengan nilai konservasi, berarti kita turut mengembangkan dan menjaga ilmu yang ada. Ilmu merupakan suatu budaya yang dapat diwariskann secara turun termurun. Dalam pengembangan ilmu kita harus berpedoman dalam moral konservasi sehingga kita dapat mewujudkan universitas konservasi yang bereputasi.

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti bidikmisi Blog Awards di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...