rizkagia

Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran

by on Apr.13, 2018, under Uncategorized

Mind Mapping dan Media

 

Pertemuan ke 5

Dosen Pengampu : Bapak Agung Kuswantoro

 

 

Pada pertemuan ke 5 perkuliahan dilakukan dengan cara berdiskusi. Diskusi ini terkait dengan tugas sebelumnya yaitu membuat mind mapping serta sekaligus menentukan media yang sesuai dengan mind mapping tersebut. Tiap kelompok mewakilkan satu orang untuk memaparkan mind mapping serta media yang akan dibuat kelompok tersebut. Dalam pemaparan  yang harus jelaskan yaitu mengenai mind mapping yang dibuat serta alasan mengapa memilih materi tersebut dan tentunya juga menjelaskan media apa yang akan dibuat. Pemarapan tiap kelompok dibatasi waktu yaitu maksimal 5 menit. Tata cara pemaparan yaitu dengan dibagi dua sesi. Sesi pertama merupakan pemaparan untuk kelompok 1-5 dan sesi kedua yaitu pemaparan oleh kelompok 6-10. Setelah pemaparan tiap sesi, mahasiswa dari kelompok lain boleh memberikan pertanyaan terkait dengan apa yang dipresentasikan oleh perwakilan tiap kelompok. Tiap sesi diakhiri dengan komentar dari pak Agung yaitu terkait apakah media yang akan dibuat oleh mahasiswa seseuai degan materi pembelajaran yang akan disampaikan.

Kelompok pertama memaparkan mind mapping dengan materi tata ruang kantor dan media yang akan dugunakan yaitu media 3 dimensi, membuat miniatur ruang kantor. Kelompok ke 2 memaparkan mind mapping dengan materi otomatisasi perkantoran. Media yang akan dibuat sama dengan kelompok pertama yaitu dengan media 3 dimensi, membuat miniatur kantor. Untuk kelompok 3 memaparkan mind mapping dengan materi arsip dinamis dan media yang akan digunakan yaitu dengan sterefoam. Kelompok 4 memilih materi siklus hidup arsip dengan menggunakan media video dimana nantinya didalam video tersebut akan ada wawancara terkait arsip. Kelompok 5 menjelaskan mind mapping dengan materi komunikasi dan media yang akan dibuat yaitu roda berkata. Sedangkan kelompok 6 memilih materi korespondensi dengan menggunakan media cetak, video, dan praktek. namun menurut pak agung, materi kelompok 6 perlu dipersempit karena cakupan materi kelompok 6 masih terlalu luas. Kelompok 7 memaparkan mind mappingn dengan materi lipatan surat dan media yang digunakan yaitu sterefoam. Selanjutnya kelompok 8 memaparkan mind mapping dengan materi stenografi dan media yang dipilih yaitu menggunakan permainan monopoli. Kelompok 9 memaparkan materi arsip dan memilih video sebagai medianya. Pemaparan diakhiri oleh kelompok 10 yang memilih materi pengantar ilmu administrasi dengan media teka teki silang.

Perkuliahan hari ini sangat menarik, dengan adanya pemaparan dan diskusi membuat suasana pembelajaran hidup serta materi pembelajaran yang diterima mahasiswa lebih mengena. Dengan perkuliaha hari ini mahasiswa memperoleh ilmu bagaimana membuat dan menyesuaikan materi dengan media yang akan dibuat.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...