Yuk Belajar Bijak Bersosial Media!

Posted by: Rizki Aji Saputro in Artikel Add comments

Bijak Bersosial Media?

Di jaman sekarang yang canggih ini, sosial media adalah hal yang lumrah dan hampir semua orang sudah mempunyai akun sosmed mereka masing-masing.

Ada facebook, twitter, bbm, instagram, path, ask.fm, line, whatsapp dan lain sebagainya.

Pasti hampir semua kita miliki. Ya, kan?

Karena sosial media merupakan salah satu cara kita untuk bersosialisasi dengan dunia, maka kita harus bijak dalam menggunakannya. Sosial media ini dipakai oleh orang-orang di seluruh dunia, lho. Bukan cuma kita aja. Jadi kita juga harus menjaga segala postingan kita, jangan sampai malah menimbulkan konflik.

Memiliki banyak akun sosial media itu boleh-boleh aja kok (kayak saya :’D) asal kita tau bagaimana cara menggunakannya dengan bijak. Yaitu:

  • Tidak membuat postingan yang menyindir orang lain

Disindir itu rasanya nggak enak, kan? Apalagi ini tidak kita utarakan secara langsung tetapi melalui media sosial yang mana semua orang bisa melihat. Pasti rasanya jauh lebih tidak enak.

Nah, untuk menjaga perasaan satu sama lain, alangkah lebih baiknya postingan kita isinya yang baik-baik aja. Nggak perlu menyindir orang yang tidak kita sukai. Lebih baik kalau tidak suka sama seseorang langsung diutarakan saja, dibicarakan baik-baik, dan diselesaikan baik-baik, nggak perlu sindir-sindiran oke? :’D

  • Tidak membuat postingan yang mengandung unsur SARA

Ini sering sekali terjadi dimana postingan kelompok ini bertentangan dengan kelompok itu. Sehingga akhirnya mereka ribut di sosmed. Mungkin mereka yang nulis nggak capek, tapi kita yang baca yang capek. Ya, nggak? :’D

Apalagi kalau ributnya bisa sampai berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan nggak selesai-selesai. Wah, mending bikin akun baru lagi aja deh kalau gitu :’D haha. Sekali lagi, kalau kita mau ribut di sosmed apalagi yang berkaitan dengan keyakinan kelompok masing-masing itu nggak akan selesai deh. Karena Indonesia kan Bhinneka Tunggal Ika alias berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Harusnya perbedaan itulah yang menyatukan kita, bukannya malah memecah belah kita, yaa.

  • Tidak berlebihan dalam mengupdate postingan

Maksudnya berlebihan disini adalah setiap saat kita selalu mengupdate. Sedang lapar kita update. Sedang makan kita update. Udah kenyang kita update. Pokoknya dari bangun sampai tidur kita update terus. Hal demikian pasti akan mengganggu orang lain yang juga menggunakan sosial media itu deh.

Lebih baik kita update yang penting-penting saja. Yang bermanfaat untuk orang lain. Atau kalau memang ingin update yang nggak bermanfaat ya satu atau dua kali aja cukup lah ya, nggak perlu seharian juga :’D haha.

 

Sepertinya kalau kita sudah melakukan ketiga hal diatas maka kita akan bisa menggunakan sosial media tanpa mengganggu orang lain dan tanpa memancing keributan. Hal inilah yang disebut bijak dalam bersosial media.

Yuk dari sekarang kita mulai coba untuk bijak bersosial media! 🙂

 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Leave a Reply

Skip to toolbar