RainForest

The Forest Friends

by on Nov.10, 2015, under Sahabat Hutan

orang utan

Orang Utan merupakan salah satu kera besar yang ada di dunia. Kera terbagi menjadi dua: great apes (kera besar, seperti orangutan, simpanse, bonobo dan gorila) dan lesser apes (kera kecil; owa dan siamang). Great apes terbagi menjadi 2: Pongidae dan Hominidae. Pongidae adalah orangutan, dan Hominidae adalah family dari gorila, chimpanze (simpanse), dan bonobo yang semuanya ada di Afrika. Perbedaan jenis kera dan jenis monyet; jenis monyet ukuran tubuh relatif kecil, volume otak kecil, memiliki ekor. Sedangkan jenis kera ukuran tubuhnya relatif lebih besar, volume otak lebih besar, tidak memiliki ekor. Selain itu kelompok kera ada dua yaitu kera kecil (gibbon atau Kelempiau/Siamang) dan kera besar (orangutan, simpanse, gorilla dan bonobo).

Orangutan adalah spesies kera besar satu-satunya di Asia. Saat ini orangutan hanya hidup di Pulau Kalimantan dan Sumatera yang terbagi dalam dua spesies generik, Pongo pygmaeus dan Pongo abelii. 90% dari populasi orangutan ini hidup di Indonesia, sementara 10% sisanya dapat ditemukan di Sabah dan Sarawak, Malaysia. Di Sumatera, populasi terbesar ditemukan di ekosistem Leuser, sedangkan orangutan Borneo dapat ditemukan di Kalimantan Barat, Tengah dan Timur.

Orangutan dilahirkan dengan kemampuan untuk berpikir hampir mirip seperti manusia. Ukuran mereka cukup besar. Kera merah lembut ini adalah salah satu kerabat terdekat manusia, DNA mereka 97% hampir sama dengan manusia. Masyarakat lokal Indonesia dan Malaysia menyebut kera ini dengan nama “orang utan” atau orang hutan. Secara harfiah jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai “The person Of Forest”.

Morfologi orangutan atau ciri- ciri dapat di lihat secara kasat mata; orangutan Kalimantan/Borneo (Pongo pygmaeus), orangutan Sumatera (Pongo abelii). Subspecies orangutan Borneo : P.p.pygmaeus, P.p.wurmbii, P.p.morio. orangutan Kalimantan Tengah (P.p.wurmbii) mendiami daerah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, merupakan subspesies Borneo yang terbesar. P.p.pygmaeus mendiami daerah Kalimantan Barat, orangutan Kalimantan daerah Timur Laut (P.p.morio) mendiami daerah Sabah dan daerah Kalimantan Timur, merupakan subspesies yang terkecil.

Orangutan hidup di pohon (aboreal) dengan cara membuat sarang dari ranting dan daun pohon. Mereka membangun sarang setiap hari. Berdasarkan hasil penelitian di Stasiun Riset Cabang Panti, orangutan mengkonsumsi lebih dari 400 jenis tumbuhan. 60 % terdiri dari buah, 20 % bunga, 10% daun muda dan kulit kayu, 10% serangga. Tumbuhan dominan yang dikonsumsi buahnya oleh orangutan adalah dari family Sapindaceae (tumbuh-tumbuhan seperti rambutan, lengkeng dan leci), Lauraceae ( jenis-jenis tumbuh-tumbuhan medang dan Ulin), Fagaceae (tumbuh-tumbuhan yang merupakan pakan orangutan;Lithocarpus Spp.,Quercus Spp./buah mpening), Bombaceae (jenis tumbuhan-tumbuhan durian), Myrtaceae (jenis tumbuhan-tumbuhan jambu), Moraceae (jenis tumbuh-tumbuhan nangka), Leguminaceae (jenis tumbuh-tumbuhan seperti petai dan jengkol),Clusiaceae ( Garcinia Spp./ manggis dan kandis) dan Araucariaceae (jenis tumbuh-tumbuhan agatis, tumbuhan ini tumbuh tinggi di ketinggian di atas 500 – 2000 dpl). Ini merupakan sebagian kecil jenis pakan orangutan, pakan orangutan diperkirakan tidak kurang 400 jenis pakan.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”


Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...