RainForest

Apa sih Rumah Ilmu itu? #1

by on Nov.11, 2015, under Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi

Kalian tau Rumah?
Yup, Rumah adalah tempat dimana kita bisa tinggal dan juga berlindung. Karena setiap manusia pasti membutuhkan tempat untuk tinggal dan menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta, itulah mengapa rumah menjadi kebutuhan pokok manusia.

Kalau ilmu?
Ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Ilmu bukan sekadar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori-teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dipandang dari sudut filsafat, ilmu terbentuk karena manusia berusaha berfikir lebih jauh mengenai pengetahuan yang dimilikinya. Ilmu pengetahuan adalah produk dari epistemologi.

Tapi, apasih Rumah Ilmu itu?
Dari penjelasan diatas tentang Rumah dan Ilmu, dapat kita tarik kesimpulan bahwa Rumah Ilmu adalah tempat dimana kita mencari pengetahuan, wawasan dan sebagai tempat untuk belajar. Selain itu, dapat juga kita sebut sebagai perpustakaan. Namun, lebih tepat jika kita sebut sebagai rumah belajar yang tentunya sangat bermanfaat bagi pelajar, salah satunya mahasiswa. Sudah banyak terdapat Rumah ilmu yang ada disekitar kita. Contohnya adalah Rumah Ilmu Indonesia.

Rumah Ilmu Indonesia adalah Yayasan yang Berbadan Hukum dengan Akta Notaris No. 3 Tanggal 14 Juni 2008 di Notaris Sultoni S.H.,M.Kn.

Dimulai dari komunitas kecil di Bandung pada awal 2007, terdiri dari mahasiswa, dosen dan penggiat pendidikan. Pada pertengahan 2007 komunitas ini dengan giat mengadakan beragam event pendidikan, terutama di Kota Bandung.

 

logorumahilmu

Sumber : rumahilmu.or.id

rumah ilmu 2

Sumber : tunascendekia.org

Berbagai kelas di Perpustakaan Rumah Ilmu Indonesia sudah bergulir.  Kelas ini terbagi dalam 3 materi utama yakni:

  1. Tahsin Al Quran
  2. Mushthalah Hadits
  3. Bahasa Arab

Di Unnes sendiri juga terdapat rumah belajar yang  sangat bermanfaat sekali untuk mahasiswa karena dapat menambah wawasan seperti rumah kupu-kupu, rumah anggrek, dan juga rumah kompos. Sebagai contoh di rumah kompos, di sana kita bisa belajar bagaimana mengolah sampah menjadi kompos,mendaur ulang barang bekas,dll. yang tentunya  menarik. Sehingga wawasan kita bisa lebih luas.

Bisa kita rasakan betapa bermanfaatnya Rumah Ilmu itu.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”


Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...