RainForest

Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #2

by on Nov.11, 2015, under Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi

Dipostingan sebelumnya kita sudah membahas tentang Apa sih Rumah Ilmu itu? Nah, sekarang yang akan kita bahas adalah tentang kampus Konservasi Unnes tercinta. Hehehe…..Yuk cekidot

Dengan Universitas Negeri Semarang menyandang gelar sebagai Kampus Konservasi, sekarang Unnes semakin gencar menunjukkan aksinya sebagai Universitas Konservasi. Salah satu program yang dicanangkan oleh Unnes yaitu program penanaman 1 pohon 1 mahasiswa, Central Parkir Unnes, hutan mini Unnes, dll. Dari program-program tersebut Unnes semakin menunjukkan eksistensisnya sebagai Universitas Konservasi.

Bila kita lihat, sebenarnya pengertian dari konservasi itu apa sih? Konservasi berdasarkan peraturan perundang-undangan merupakan pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya. Dari pengertian tersebut menyebutkan bahwa konservasi selalu berhubungkan dengan alam, hayati,dll.

Sesuai dengan pengertian dari konservasi diatas, Unnes sudah berusaha membentuk Universitas yang mampu melindungi dan bersahabat dengan alam dan dari dibangunnya dan dibentuknya berbagai program yang berkaitan dengan konservasi, Unnes juga telah berusaha untuk menjadikan universitas Negeri Semarang merupakan Universitas yang mampu menjalankan dan mewujudkan nilai dan budaya konservasi.

UNNES mewajibkan setiap mahasiswanya memiliki 11 nilai karakter konservasi. 11 nilai karakter konservasi yaitu :

  1. Religius
  2. Jujur
  3. Cerdas
  4. Adil
  5. Tanggung jawab
  6. Peduli
  7. Toleran
  8. Demokratis
  9. Cinta Tanah Air
  10. Tangguh, dan
  11. Santun

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang, selain harus memiliki 11 nilai karakter juga harus memiliki 7 nilai yang dikembangkan di setiap fakultas, yaitu : inspiratif, humanis, peduli, inovatif, kreatif, sportif, jujur dan adil.

Rumah ilmu yang sudah kita bahas dipostingan sebelumnya bisa kita wujudkan di UNNES dengan cara membangun suatu wadah untuk pengembangan nilai nilai karakter konservasi. Jadi tidak hanya nilai nilai tersebut digembar gemborkan saja tapi juga ada aksi nyatanya. Rumah Ilmu UNNES bisa mengadakan even even yang bermanfaat. Misalnya diadakan kegiatan luar ruangan seperti outbound maupun kegiatan belajar tentang lingkungan,dll.

hotelselabintana.com

Sumber : hotelselabintana.com

rumahpengetahuan.web.id

Sumber : rumahpengetahuan.web.id

 

Tentunya menarik apabila kita bisa menikmati adanya Rumah Ilmu tersebut. Selain itu, dengan adanya Rumah Ilmu tersebut masyarakat luas lebih tertarik kepada kampus UNNES. Apalagi didukung dengan suasana Unnes yang sejuk, banyak pepohonan rindang nan hijau sehingga mendukung pula untuk kita mencari ilmu.

Semoga bermanfaat Friends…. 😀

 

:

Leave a Reply

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...