Silabus Antropologi SMA/MA #1

Selamat Pagi. Salam Sejahtera.

     Dalam rangka mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional; mencerdaskan bangsa, berikut saya postingkan Silabus mata pelajaran Antropologi SMA Kelas X yang mengacu pada Kurikulum 2013

Kompetensi Inti

KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pokok
1.1   Mensyukuri keberagaman agama dan religi/kepercayaan, budaya, tradisi dan bahasa  dalam kehidupan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa.  

 

 

 

 

 

 

 

2.1   Merespon  secara positif berbagai permasalahan bangsa terkait dengan keberagaman agama, religi/kepercayaan, budaya, tradisi dan bahasa di  masyarakat.

 

2.2   Menunjukkan sikap toleransi dan empati dalam keberagaman agama, religi/kepercayaan,  budaya, tradisi, dan bahasa.

 

3.1   Mengidentifikasi  manfaat Antropologi dalam mengkaji tentang kesamaan dan keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa . Konsep dasar, peran fungsi, dan keterampilan Antropologi  dalam mengkaji  kesamaan dan keberagaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa.
4.1   Melakukan kajian literatur, diskusi, dan pengamatan terkait  dengan  manfaat Antropologi dalam mengkaji tentang kesamaan dan keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa  beserta unsur-unsurnya.
3.2    Menerapkan  konsep-konsep dasar  dan keterampilan  Antropologi dalam memahami  keberagaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa  beserta unsur-unsurnya yang ada di masyarakat. Budaya, perwujudan, unsur, isi atau substansi Budaya, dan nilai Budaya.
4.2     Melakukan pengamatan, kajian literatur,  diskusi, dan berperan aktif  dalam menyikapi secara positif tentang berbagai fenomena   keragaman budaya, agama, religi/kepercayaan, tradisi, dan bahasa  beserta unsur-unsurnya.

 

 

 

3.3   Menguraikan proses internalisasi nilai-nilai budaya sebagai  pembentuk kepribadian dalam pembangunan karakter  setiap individu

 

Internalisasi nilai-nilai budaya dalam pembentukkan kepribadian dan karakter

 

4.3   Mengimplementasikan internalisasi nilai-nilai budaya dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam rangka membentuk kepribadian dan karakter
3.4   Mengidentifikasi  berbagai bentuk perilaku menyimpang dan  sub-kebudayaan menyimpang beserta dampaknya  berdasarkan hasil pengamatan langsung di masyarakat setempat  dan/atau berdasarkan  kajian literatur dari berbagai sumber Perilaku menyimpang dan sub kebudayaan menyimpang
4.4.   Mengamati dan melakukan kajian literatur, mendiskusikan, dan menyajikan hasil kajian tentang  berbagai bentuk perilaku menyimpang atau sub-kebudayaan menyimpang  yang terjadi  di masyarakat setempat

 

3.5   Merekonstruksi keberadaan dan keterkaitan antara  budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, dan hubungan antar budaya  di era globalisasi Budaya lokal, budaya nasional, budaya asing, hubungan antar budaya di era globalisasi

 

4.5   Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) penelitian sederhana tentang budaya lokal, budaya nasional, pengaruh budaya asing dan hubungan antar budaya di era globalisasi.

Untuk lebih lengkapnya (seperti; pembelajaran, bentuk-bentuk penilaian, alokasi waktu, dan lain sebagainya) dapat KLIK DISINI

Demikian, Silahkan dipelajari, dipahami, di ‘rasa’kan, dan…

Selamat Belajar ataupun Mengajar,

Terus cerdaskan anak-anak. Merekalah para kader pemimpin bangsa ini untuk bekal esok hari nanti.

Salam.

Abdurrahman Jtk
Mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: