Hijabographic; Komunitas Keren Tempat Berkumpulnya Muslimah Kreatif!

Komunitas Hijabographic Komunitas Hijabographic

 Kamu suka dengan seni visual? Suka membuat karya-karya lucu soal muslimah dan Islam? Ada nih komunitas keren yang wajib kamu ikuti; Hijabographic. Komunitas ini menjadi tempat berkumpulnya muslimah kreatif Indonesia dengan berbagai karya visual yang keren-keren.

Untuk kamu yang belum tahu Hijabographic itu apa, well seperti disebutkan diatas, Hijabographic adalah komunitas untuk pecinta seni visual. Awal terbentuknya Hijabographic adalah karena sebuah kegelisahan. Nah lo!

“Kenapa kami gelisah? Karena kami seringkali memperhatikan banyak sekali muslimah kreatif yang selama ini ‘berjuang’ sendiri-sendiri. Termasuk kami yang bergerak di bidang kreatif. Lalu tercetuslah untuk membentuk sebuah inisiatif membuat wadah, dimana dengan wadah tersebut berfungsi sebagai creative campaign yang menampung muslimah kreatif untuk berkumpul/sharing karya yang bermuatan Islami/motivasi. Hijabographic bagaikan laboratorium ide bagi para muslimah untuk berkarya, mencetuskan ide-ide dan berkolaborasi. Dengan begitu dapat sekaligus berdakwah bersama-sama.” jelas Hijabographic dalam sesi wawancara dengan Hijabdiary.

Komunitas yang didirikan oleh Riza Sativianti atau yang biasa dipanggil Oryza ini memilih seni visual untuk berdakwah karena memang berasal dari orang-orang yang berprofesi di dunia desain dan menganggap berdakwah lewat seni adalah hal yang menyenangkan yang tidak hanya mendapat balasan pahala dari Allah tapi juga kepuasan batin tersendiri.

Kamu yang juga menyenangi dunia seni visual, bisa loh ikutan gabung di komunitas kece ini. Dari penuturan Hijabographic, tidak ada tuh persyaratan khusus bagi kamu yang ingi bergabung. Semua karya seni visual, seperti poster, komikstrip, infografis, hingga fotografi diterima semua asal bernilai dakwah, menggunakan kata-kata yang sopan dan mendidik dan tentu saja kreatif. Dan bagi setiap muslimah yang sudah submit karyanya ke Hijabographic sudah otomatis terdaftar sebagai muslimah kreatif Indonesia. Kurang keren apa coba?

Oh ya lupa bilang, komunitas ini khusus muslimah loh ya! Saat ditanya mengapa memilih nama Hijabographic sebagai nama komunitas ini, mereka menjelaskan dengan seksama “Sebenarnya Hijabographic adalah perpaduan dari dua kata yaitu Hijab dan Graphic. Hijab merupakan unsur utama dakwah kreatif kami, yaitu kampanye menutup aurat. Sedangkan Graphic merupakan cara/media kami untuk berdakwah. Biar lebih catchy dan mudah diingat, kita sambung deh menjadi Hijabographic. Untuk followers/simpatisan biasa disebut Hijabograpers, dan untuk timnya sendiri disebut Hijabo crew.”

Bagi Hijabographic sendiri, dengan terbentuknya komintas ini diharapkan semakin banyak dan berkembangnya komunitas-komunitas kreatif untuk muslimah Indonesia maka akan semakin aktif dan kreatif pula muslimah di negeri tercinta ini. Mereka juga berharap mampu mendorong muslimah berbuat sesuatu untuk bangsanya. Apalagi dengan maraknya penggunaan media sosial, membuat kita semua semakin mudah mengakses informasi maupun menyebarkannya.

Sangat keren sekali komunitas Hijabographic ini, bukan? Jadi jika kamu punya minat atau berbakat di bidang seni visual, jangan ragu untuk bergabung di komunitas Hijabographic ini ya! Mari menjadi muslimah yang kreatif dan terus berkarya!

Sumber : https://muslimahdaily.com/muslimah-zone/community/item/15-hijabographic-komunitas-keren-tempat-berkumpulnya-muslimah-kreatif.html

Tingkatkan Kesadaran Produk Halal Bersama Halal Corner

Kamu pasti sudah tahu dong ya jika dalam Islam hanya makanan dan minuman yang halal saja yang boleh dikonsumsi. Nah, nyatanya meski Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, namun ketersediaan produk halal masih jauh dari sempurna. Masih banyak oknum nakal yang mencoba ‘mengakali’ para konsumen dengan produk non halal mereka. Sebagai muslim yang baik, kamu semua pun harus jeli dalam memilih produk yang halal.

Salah satu komunitas keren yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui lebih dalam mengenai produk halal adalah Halal Corner. Dalam wawancara dengan hijabdiary beberapa waktu lalu, Aisha maharanie yang merupakan founder dari komunitas ini mengungkapkan latar belakang berdirinya komunitas penggiat produk halal ini.

“Halal menjadi tren, muncul komunitas-komunitas halal baru dengan berbagai orientasinya. Namun halal awareness masih belum banyak yg memiliki baik di kalangan produsen maupun konsumen.” ujarnya.

Menurut Aisha, pengaturan produk halal di Indonesia sudah lebih baik dengan disahkannya UU Jaminan Produk Halal pada Oktober lalu. Namun menurutnya UU ini masih menitik beratkan pada kewenangan sertifikasi halal untuk produk saja. Sedangkan untuk pengaturan logo halal, display dan sebagainya belum tercakup dalam UU tersebut.

Untuk kamu yang selama ini belum begitu aware dengan produk halal, muslimah yang juga sedang merintis Halal Corner market online ini mengungkapkan cara tercepat untuk mengetahui apakah sebuah produk halal atau tidak adalah dengan melihat label halal pada kemasan atau sertifikat lalal yg ditempel di restoran.

Menggunakan produk halal adalah kewajiban bagi setiap muslim dan kebutuhan bagi orang-orang mukmin. Jika kamu mengaku cinta Allah, sudah sepatutnya jika kamu belajar dan mengerti soal apa yang halal dan haram yang bisa menjadi tiket kamu menuju surga. Menurut Aisha, produk halal bukan hanya membawa ke surga, tetapi juga bisa menentramkan lahir dan batin, memudahkan terkabulnya doa-doa serta berlimpah keberkahan. So, masih gak mau belajar soal produk halal?

Buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut soal Halal Corner atau bahkan ingin bergabung dengan komunitas kece ini, boleh menghubungi 0897 7282 341 atau email di [email protected] ya!

Sumber : https://muslimahdaily.com/muslimah-zone/community/item/14-tingkatkan-kesadaran-produk-halal-bersama-halal-corner.html

Pemprov Jatim Berikan Intensif Bagi Guru Penghafal Al-Quran

imageSURABAYA – Mulai akhir tahun 2015 ini Pemprov Jawa Timur akan memberikan intensef bagi para guru penghafal Al-Quran, intensif sebesar Rp300 ribu setiap bulan itu direncanakan akan menjadi program resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Dalam waktu dekat ini akan cair, kemungkinan besar cair akhir tahun ini,” ujar Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Jatim Bawon Adhi Yithoni seperti yang dikutip Antaranews pada Selasa (20/10).

Yithoni menambahkan, para pengajar ini ikut andil besar dalam mendidik masyarakat Jatim agar memiliki akhlak yang baik, sekaligus membantu membangun moral bangsa. Sehingga bantuan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap para pengajar sekaligus penghapal Al-Quran yang dalam tahap awal ini akan diserahkan ke 2.500 orang.

“Pesatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan tanpa akhlak yang mulia maka akan sia-sia dan tidak memberikan dampak bagus untuk masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menyampaikan bahwa program ini merupakan program pertama kali di Tanah Air dan diharapkan akan diikuti provinsi lainnya.

Gus Ipul, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa ide ini muncul dari hasil diskusinya dengan Gubernur Jatim Soekarwo, terkait siapa saja yang berhak mendapat bantuan.

“Nah, dari hasil diskusi itulah muncul ide memberikan bantuan kepada parapengajar yang hafal Alquran, karena ikut membina akhlak masyarakat Jatim. Saat itu juga Gubernur menyetujuinya,” katanya.

Untuk mendapatkan intensif tak sembarangan, pemerintah akan mengadakan sebuah tes seleksi sehingga dana dan intensif itu tepat pada sasaranya dan tidak dimanfaatkan pihak tertentu.

“Tahun depan jumlah penerimanya akan bertambah. Tapi tentunya dengan verifikasi yang tidak sembarangan dan sesuai ketentuan, salah satunya tes agar tepat sasaran,” tambah Bawon Adhi. (muslimcahyo)

Sumber : https://www.muslimdaily.net/berita/pemprov-jatim-berikan-intensif-bagi-guru-penghafal-al-quran.html

Komunitas Ketimbang Ngemis “Say NO to ‘MENGEMIS’ : Belilah Walau Tidak Butuh Sekalipun”

Gathering komunitas @Ketimbang.Ngemis.Jakarta di Taman Suropati Gathering komunitas @Ketimbang.Ngemis.Jakarta di Taman Suropati Foto : Balqis Afifah

Komunitas yang diprakarsai oleh anak muda bernama Rizy dari Yogyakarta ini, mengusung tagline Say NO to ‘MENGEMIS’ : Belilah Walau Tidak Butuh Sekalipun. Pada awalnya ia sekedar memposting di akun Instagram pribadinya karena haru melihat perjuangan dari seorang nenek dan kakek dalam menjalani hidup. Kemudian ia tak menyangka dari postingannya tesebut banyak yang antusias dan memberikan respon positif. Hingga akhirnya Rizky membuat akun @ketimbang.ngemis agar makin banyak orang yang sadar untuk membantu para manula dan penyandang cacat di kota masing-masing.

Berkat media sosial, akun ini menyebar begitu cepat alias booming, akhirnya menarik para anak muda dari kota yang berbeda untuk menggerakan akun ini menjadi sebuah perkumpulan alias komunitas. Salah satunya adalah @ketimbang.ngemis.Jakarta yang didirikan pada 18 Juni 2015. Ketimbang Ngemis Jakarta alias KNJ merupakan inisiatif dari seorang gadis bernama Yona Luverin bersama lima kawannya. Yona juga terpilih menjadi admin sekaligus Ketua Umum KNJ. Walaupun diusianya yang bisa dibilang muda yaitu 20 tahun, tak menyurutkan langkahnya ingin berkontribusi dalam membantu sesama.

“jadi tuh ya awal mulanya saya liat akun pusat, saya jadi tertarik untuk mendirikan Ketimbang Ngemis regional Jakarta karena mau menggerakan wilayah jakarta, karena belom ada. Kan yang kita tau akun ketimbang negimis itu cuma sekedar membantu memposting dari kisah-kisah yang mengharukan belum ada gerakan atau terjun ke lapangan buat bantu langsung, nah dengan kita buat gini kan kita bisa survey, sharing dan langsung mendatangi yang mau kita bantu ” ungkap Yona saat ditemui Muslimahdaily.com beberapa waktu lalu di Taman Suropati.

Kegiatan yang dilakukan KNJ selain merepost kiriman gambar dari followers via instagram, KNJ juga memilki kegiatan secara offline yaitu merencanakan, memberi dan mengevaluasi.

“Iya kegiatan kita itu kita ada ngumpul atau biasa kita namain gathering, awal bulan membuat agenda dimana akan membahas bagaimana KNJ kedepannya, list pendanaan, siapa saja target dan tugas masing-masing dari anggota KNJ tersebut, kemudian tim mensurvey target yang dimaksud dan esoknya, terus minggu kedua atau ketiga dari bulan tersebut kita mulai action untuk mendatangi target yang sudah kita catat dan kita persiapkan dan ahir bulan kita mengevaluasi kinerja masing-masing kita ” Terangnya

Banyak pengalaman luar biasa yang didapat oleh anggota komunitas @ketimbang.ngemis salah satunya adalah pengalaman yang dialami oleh yona saat pertama kali melakukan aksinya.

“Waktu itu baru pertama kali kita mau kasih ke salah satu target, terus diliatin preman gitu, nah akhirnya kita jadi diem-diem,terus akhirnya ketemu sama si target pas kita kasih nangis, kan jadi ikut nangis ya haha, selain itu ada followers nunjukin target di suatu daerah, terus kita datengin dan alamatnya itu susah banget dicari, karena ga lengkap juga informasinya. Tapi kita bener-bener telusuri sampai ketemu” kenang Yona.

Banyak harapan yang ingin digapai oleh Ketimbang Ngemis jakarta agar komunitas ini dapat menyebar dan manfaatnya meluas.

“Semoga yang belom follow kita, follow kita. Supaya aksi kita banyak yang lihat, didukung dan dibantu, dengan begitu kita juga bisa membantu mengurangi angka kemiskinan di Jakarta”

Nah bagi kamu yang memiliki jiwa sosial berminat untuk jadi volunteer Komunitas Ketimbang Ngemis Jakarta, bisa banget loh! Siapapun bisa jadi volunteer. Pendaftaraan akan dibuka dua bulan sekali. Selain itu bagi kamu yang mau jadi donutur atau menyalurkan donasi juga bisa. Caranya Pantengin terus akun @Ketimbang.Ngemis.Jakarta ya! Sukses selalu KNJ! Siapa lagi yang peduli kalau bukan kita?

Sumber : https://muslimahdaily.com/muslimah-zone/community/item/241-komunitas-ketimbang-ngemis-say-no-to-mengemis-belilah-walau-tidak-butuh-sekalipun.html

Indonesia Raih Posisi Ketiga dalam Ajang Pariwisata Halal Internasional

image

Masjid Istiqlal Jakarta

ABU DHABI – Indonesia akhirnya berhasil mendapatkan juara ketiga dalam ajang Internasional World Halal Travel Award 2015, setelah melalui proses panjang sejak pemilihan kandidat pada April 2015 lalu mengalahkan puluhan pesaingnya dari berbagai Negara.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Komisaris Utama PT Sofyan Hotels Tbk., Riyanto Sofyan di Abu Dhabi National Exhibition Centre (ADNEC), Uni Emirat Arab, Rabu (21/10) dini hari waktu Indonesia.

Riyanto menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Indonesia dan semua pihak yang sudah mendukung wakil-wakil Indonesia dalam gelaran tahunan The World Halal Travel Summit & Exhibition itu.

Alhamdulillah, terima kasih untuk semua yang sudah memberi suara bagi Indonesia dalam pemungutan suara World Halal Travel Award 2015,” ungkap Riyanto seperti dilansir Republika, Rabu (21/10).

Indonesia unggul dalam beberapa bidang diantaranya, World’s Best Family Friendly HotelWorld’s Best Halal Honeymoon Destination dan World’s Best Halal Tourism Destination untuk Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalahkan pesaing-pesainya dari tuan rumah Abu Dhabi, Amman Jordan, Antalya Turki, Kairo Mesir, Doha Qatar, Istanbul Turki, Kuala Lumpur Malaysia, Marrakech Moroko dan Tehran Iran.

Usai menerima penghargaan, Kepala Badan Promosi Daerah Provinsi NTB Taufan Rahmadi menyampaikan, momen ini adalah sejarah bagi NTB sekaligus tantangan. Ke depan, semua pihak masih perlu kerja keras untuk melakukan peningkatan.

”Sudah waktunya pariwisata tidak hanya soal industri, tapi juga menyejahterakan dan membawa berkah bagi masyarakat di suatu daerah. Pariwisata yang menjadi kebaikan untuk semua,” tutur Taufan.

Dari 14 kategori World Halal Travel Award, Indonesia berhasil menembus putaran kedua dan menjadi finalis untuk kategori World’s Best Family Friendly Hotel, World’s Best Halal Honeymoon Destination, World’s Best Halal Tourism Destination, World’s Best Culinary Destination, dan World’s Best Cultural Destination.

Pemungutan suara sendiri berlangsung hingga 11 Oktober lalu. Malam puncak penghargaan ini digelar pada 20 Oktober malam waktu Abu Dhabi. (muslimcahyo)

Sumber : https://www.muslimdaily.net/berita/indonesia-raih-posisi-ketiga-dalam-ajang-pariwisata-halal-internasional.html

Agar Daging Kambing Tidak Bau dan Empuk

tips daging kambing

 

Hari raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Biasanya daging kambing menjadi primadona yang hampir ada di setiap rumah keluarga Muslim. Namun, tidak semua orang ternyata menyukai daging hewan kurban yang satu ini. Alasan yang sering diungkapkan adalah karena baunya yang menyengat yang bisa menghilangkan selera makan.

Mengolah daging kambing memang tidak semudah mengolah daging sapi atau ayam. Kita membutuhkan trik khusus membuatnya tetap lezat untuk dinikmati, di antaranya dengan mengurangi baunya.

Berikut Muslimahzone akan memberikan trik bagaimana cara mengolah daging kambing agar tidak menimbulkan bau:

  1. Daging kambing tidak perlu terlalu banyak dicuci, karena ini malah akan menimbulkan bau yang tak sedap. Anda cukup memberikan air perasan jeruk nipis, dan kemudian diamkan sebentar.
  2. Hancurkan atau cincang jahe dan campurkan bersama daging kambing, aroma jahe akan menutupi bau tidak sedap pada kambing. Untuk hasil yang lebih maksimal anda sebaiknya haluskan jahe dan campurkan bersama bumbu lainnya.
  3. Kemudian campurkan daging kambing dengan berbagai bumbu dapur yang beraroma kuat seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya. Selain bau tak sedang menghilang, juga bisa menambahkan cita rasa masakan.

Kalau anda ingin daging kambing menjadi lebih empuk maka lakukan hal berikut.

  1. Ketika daging kambing digunakan untuk membuat sate, rendam daging kambing dalam bumbu dengan campuran baking powder
  2. Selain itu, untuk mengempukkan daging kambing bisa juga digunakan bubuk papain yang biasa tersedia di pasaran, biasanya dalam botol. Enzim papain merupakan hasil olahan yang diperoleh dengan mengolah batang dan buah papaya muda.
  3. Daging kambing juga bisa di empukkan dengan daun pepaya langsung atau menggunakan parutan nanas, caranya dengan membungkus daging kemudian simpan di tempat tertutup dan masukkan dalam kulkas.

Kalau Anda pandai dalam mengolah daging kambing, daging ini akan sangat terasa kelezatannya. Ada banyak masakan yang bisa dibuat dengan menggunakan daging kambing, antara lain adalah:

  • Sop kambing
  • Nasi goreng kambing,
  • Sate kambing,
  • Tongseng kambing
  • Tumis kambing lada hitam
  • dan masih banyak lagi masakan-masakan lainnya(fauziya/muslimahzone.com)

Tips Menghilangkan Kantuk dan Malas Seketika

unnamed (26)

 

Di tengah pekerjaan yang menumpuk, terkadang kita terganggu dengan rasa malas dan kantuk yang menyerang. Rasa malas timbul karena beban pekerjaan maupun kebosanan yang menghampiri. Jika hal ini berlangsung setiap hari, tentu akan mengganggu pekerjaan yang tengah kita garap. Oleh karena itu, virus kemalasan ini harus diberantas dengan cara yang tepat supaya aktivitas kita bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Nah, untuk menghilangkan kantuk dan malas seketika, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

1. Istirahat Sejenak

Cara terampuh untuk menghilangkan malas adalah dengan istirahat sejenak. Rasa malas yang timbul karena kebosanan akan “sembuh” saat Anda meluangkan waktu 10-30 menit untuk beristirahat, meregangkan otot dan menikmati secangkir minuman hangat plus kudapan. Anda juga bisa menggunakan waktu Anda untuk tidur, sehingga tenaga dan konsentrasi Anda akan pulih.

2. Berpikir Positif

Menumbuhkan pikiran positif dapat menjadi cara ampuh untuk menghilangkan rasa malas. Kemalasan datang dari energi negatif yang ada dalam diri kita. Untuk mengurangi energi negatif, penuhilah hati dan pikiran Anda dengan menghadirkan pikiran positif. Dengan begitu, mood Anda akan membaik dan Anda jauh lebih bersemangat daripada sebelumnya.

3. Jangan Menunda

Supaya malas tidak menghampiri, selalu kerjakan tugas-tugas Anda dengan segera tanpa menunda. Penundaan yang menjadi kebiasaan akan membuat beban Anda semakin bertumpuk dan akhirnya Anda akan pusing memikirkan cara agar semuanya terselesaikan dengan baik.

4. Berolahraga Teratur

Olahraga bisa membuat badan Anda lebih fit dan segar. Badan yang terjaga kebugarannya akan menunjang aktifitas Anda di tempat kerja agar tidak gampang lelah dan malas. Selain itu, badan yang fit akan mengurangi rasa kantuk berlebihan. Semangat Anda akan terjaga jika Anda merutinkan berolahraga ringan secara teratur.

5. Perhatikan Prioritas

Bayangkan saat kantuk menyergap saat Anda harus menyelesaikan tugas yang paling penting. Anda tentu akan kelabakan dan panik. Hal ini terjadi karena kurangnya perhatian Anda pada tugas-tugas yang harusnya menjadi prioritas utama Anda pada hari itu. Akibatnya, Anda kehilangan fokus dan melupakan hal-hal yang penting untuk diselesaikan segera. Energi Anda terkuras pada saat harus mengeluarkan karya terbaik. Oleh karena itu, fokuslah pada prioritas-prioritas yang sudah ditentukan sebelumnya.

6. Pikirkan Kerugian Kita Saat Malas

Saat timbul kemalasan, lawanlah dengan membayangkan apa kerugian yang harus Anda derita jika Anda menuruti kemalasan Anda. Mungkin Anda akan merasa enjoy sesaat, namun dampaknya akan buruk bagi rencana-rencana Anda selanjutnya. Dengan memikirkan kerugian yang akan Anda alami, maka akan timbul semangat untuk mengerjakan aktivitas kita dengan penuh semangat. Selamat mencoba!

(fauziya/fimadani/muslimahzone.com)

Jangan Remehkan Manfaat Pepaya

Manfaat pepaya sudah terkenal sejak lama. Terutama untuk melancarkan saluran cerna. Pepaya amat sehat dengan mengandung berbagai macam zat gizi. Kandungan gizi Pepaya diantaranya pro vitamin A karotenoid, beta karoten, vitamin C, B1 (Tiamina), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Asam pantotenik), B6, B9 (folat), E, dan K. Kehebatan manfaat Pepaya juga diciptakan mengandung banyak vitamin C. Bahkan kadarnya lebih tinggi daripada jeruk dan lemon. Kandungan magnesium, potasium (kalium), dan kalsium juga ditemukan cukup tinggi dalam pepaya.

 

Olahan buah Pepaya yang tetap menjaga manfaat dahsyatnya adalah dengan cara di buat jus. Jus Pepaya adalah salah satu upaya untuk menjaga agar manfaat Pepaya tetap baik. Banyak sekali manfaat Pepaya yang harus dipahami. Beberapa di antaranya telah dijelaskan dalam laman Zeenews India.

  1. Membuat kulit Anda bersinar
  2. Melawan kanker
  3. Baik untuk pencernaan
  4. Tekanan darah tinggi

American Hearth Association (AHA) menyarankan agar Anda mengonsumsi 4700 miligram potasium (kalium) per hari untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Sekitar 16 persen kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan makan satu buah pepaya per hari.

Tidak sulit untuk mendapatkan buah Pepaya, terutama di kampung. Bahkan untuk menanamnya pun tidak perlu perawatan khusus, jika hanya untuk konsumsi sendiri. Harga Pepaya selama ini belum ada keluhan yang menandakan bahwa tidak terlalu mahal.

Dalam mengolah Pepaya menjadi jus, dapat dikolaborasikan dengan buah lain yang Anda sukai. Agar lebih bergizi bisa ditambahkan dengan susu. Pepaya tergolong buah yang manis, jadi penggunaan gula bisa diminamilis.

Sumber : https://senyumperawat.com/2015/10/jangan-remehkan-manfaat-pepaya.html

Tips Menyimpan Makanan Bayi Agar Lebih Awet

unnamed (89)

 

‘Gampang-gampang susah’, itulah dia kalimat yang mungkin akan banyak disetujui para ibu yang memiliki bayi di rumah ketika harus mengurus makanan untuk diberikan pada bayi tercintanya.

Jam makan yang terhitung lebih sering dibandingkan dengan orang dewasa membuat para ibu harus mau tidak mau tetap meracik dan menyiapkan makanan bayi ketika jam makannya tiba. Sebab daya tahan tubuh bayi terhitung lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa, untuk itu mengolah sendiri dan meracik sendiri makanan bayi tentunya akan lebih aman diberikan pada bayi. Sebab kita dapat mengontrol komposisi serta gizi harian yang dibutuhkan oleh bayi.

Hanya saja porsi makan bayi yang begitu sedikit sepertinya akan cukup merepotkan ibu jika setiap jam makannya tiba, ibu harus ke dapur dan mulai menyiapkan serta memasak makanan bayi.

Mungkin banyak diantara ibu yang memilih mempekerjakan pembantu rumah tangga atau baby sitter, sehingga mereka dapat membantu ibu menyiapkan makanan bayi setiap hari. Atau mungkin sebagian lagi bahkan ada yang meminta bantuan ibu atau ibu mertua untuk melakukannya.

Lantas, bagaimana jika semua bala bantuan tersebut tidak ada? Ibu tentu akan dibuat kerepotan, terutama jika ibu adalah seorang wanita karir.
Nah, sebenarnya makanan bayi dapat disimpan dan diawetkan dalam beberapa waktu tertentu sehingga ketika si kecil ingin makan ibu bisa mengambil makanan bayi dan sedikit mengolahnya. Adalah dengan cara dibekukan, namun apakah cara ini aman?

Apakah Membekukan Makanan Bayi Aman ?

Ya, salah satu cara menyimpan makanan bayi agar lebih awet adalah dengan cara dibekukan. Metode ini sudah dibuktikan di beberapa negara dan menjadi metode alternatif agar ibu tidak kerepotan dalam menangani permasalahan makan bayi.

Di berbagai negara seperti Canada, Amerika dan beberapa negara lainnya, makanan bayi dibuat sekaligus banyak agar kemudian bisa dibekukan. Hanya saja, ada beberapa metode penting yang harus diperhatikan dalam membekukan makanan bayi agar makanan tersebut tetap higienis hingga sampai ke mulut bayi.

Cara Tepat Membekukan Makanan Bayi

1. Cuci hingga benar-benar bersih makanan yang ingin dibuat puree, misalkan seperti ayam, daging, ikan maupun sayuran.

2. Potonglah menjadi bentuk kecil-kecil agar lebih mudah empuk dan mudah dihaluskan dengan blender.

3. Selanjutnya rebus bahan makanan tersebut hingga benar-benar matang. Sebaiknya gunakan air sedikit agar puree yang kita buat tidak terlalu encer.

3. Haluskan bahan makanan tersebut menggunakan blender hingga halus seperti bubur.

4. Sebelum dituangkan pada wadah pembeku sebaiknya tunggu hingga puree benar-benar dingin.

5. Selanjutnya tuangkan puree tersebut dalam wadah pembeku seperti cetakan es dan tutup dengan penutupnya. Jika wadah tersebut tidak memiliki tutup, ibu bisa menutupnya dengan kantong plastik (plastic wrap) dan pastikan tidak ada celah terbuka agar puree tidak terkontaminasi makanan lain yang berada satu ruangan dengan puree.

6. Nah, apabila sudah beku membentuk balok-balok es, ibu dapat memindahkannya pada kantong plastik yang baru dan higienis. Kini bentuk puree sudah terbagi menjadi balok-balok es dan penggunaannya pun lebih praktis ibu bisa mencairkannya cukup 1-2 kotak saja yang dibutuhkan.

7. Jika sudah dimasukan dalam kantong, sebaiknya berikan label pada masing-masing kantong untuk mempermudah ibu mencarinya.

Itu dia tips tepat dalam menyimpan makanan anak agar lebih tahan lama. Untuk mencairkan masing-masing puree agar lebih praktis ibu bisa menggunakan rice cooker.

Sumber: bidanku.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Khasiat Teh Hijau, Baik Untuk Pria

Teh Hijau selain nikmat, manfaatnya tiada duanya. Khasiat teh hijau dapat mengurangi stres, menjaga kondisi jantung dan menghindarkan dari paparan radikal bebas. Bagi pria, teh hijau juga sangat berkhasiat. Khasiat teh hijau bagi pria salah satunya adalah membantu mengatasi disfungsi ereksi. Untuk bisa mencapai ereksi, diperlukan aliran darah yang kompatibel. Dengan teh hijau, jantung akan dapat bekerja lebih baik sehingga aliran darah meningkat. Bukan hanya untuk yang mengatasi masalah ereksi, bagi yang normal pun tetap baik untuk memperlancar aliran darah.

 

Sebagaimana kita ketahui, teh mengandung antioksidan yang tinggi. Salah satu khasiat lain dari teh hijau adalah membantu menjaga kekebalan tubuh Anda. Tubuh akan semakin sehat dan tetap bugar.

“Antioksidan memiliki kemampuan untuk mencari radikal bebas, radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan kolagen dan menyebabkan inflamasi dari dalam ke luar. Kolagen yang rusak dan inflamasi sama halnya dengan kondisi kesehatan kulit yang buruk dan penuaan dini,” papar Jaime Mass, RDN, LDN, Presiden Jaime Mass Nutritionals, yang dikutip dari AskMen.

Sumber : https://senyumperawat.com/2015/10/khasiat-teh-hijau-baik-untuk-pria.html