Mengulas Seberapa Penting Profil Bisnis Bagi Perusahaan

February 26th, 2020 by sarasnoya45 Leave a reply »

Profil bisnis atau yang biasa dikenal dengan sebutan company profile merupakan suatu media yang memberikan informasi terperinci mengenai suatu perusahaan. Umumnya, informasi tersebut berupa sejarah berdirinya, status, hingga rencana bisnis perusahaan di masa yang akan datang.

Profil ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap perusahaan karena merupakan media pemasaran untuk memperoleh pelanggan maupun investor.

Jenis profil bisnis sesuai fungsinya

Profil perusahaan atau company profile ini biasanya dibuat dengan tujuan yang berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga jenis profil perusahaan yang penting untuk Anda ketahui.

  1. Profil perusahaan digital

Meski telah memiliki website, bukan berarti suatu perusahaan harus meninggalkan profil perusahaan. Terbukti beberapa perusahaan digital terbesar di Indonesia seperti Tokopedia dan Gojek senantiasa memperbarui profilnya agar terlihat lebih baik dan update.

  1. Profil perusahaan startup dan UKM

Meski perusahaan startup kerap dikatakan sebagai perusahaan baru, company profile tetap menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan. Sebuah profil perusahaan ditujukan untuk kebutuhan menarik minat konsumen. Oleh sebab itulah, desain profil terbilang penting demi tercapainya target yang diinginkan.

  1. Profil perusahaan untuk menjaring calon investor

Suatu profil perusahaan tidak hanya digunakan untuk kebutuhan dalam memasarkan produk atau brand saja. Namun, profil ini juga kerap dimanfaatkan untuk kebutuhan menjual perusahaan pada investor. Dengan adanya perencanaan yang baik seperti informasi, desain, dan struktur, pastinya memberi dampak yang cukup signifikan.

Manfaat profil bisnis bagi perusahaan

Sebenarnya, tujuan utama pembuatan profil perusahaan ini adalah memberikan sejumlah informasi untuk kepentingan branding dan publikasi. Profil seperti ini bisa diberikan kepada audiens yang memang potensial ketika perusahaan sedang mencari konsumen atau memperluas jaringan bisnisnya.

Biasanya, informasi utama yang terdapat pada profil perusahaan tak jauh dari latar belakang perusahaan, produk yang ditawarkan, hingga rincian kontak perusahaan. Tak hanya itu saja, ada pula informasi yang sengaja disisipkan seperti visi dan misi, testimoni hingga portofolio. Pastinya, informasi ini bisa Anda susun sesuai keinginan dan kebutuhan.

Profil bisnis lebih serba guna

Perusahaan Anda boleh menggunakan profil atau company profile ini untuk berbagai informasi terkait produk yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk berbagi cerita tentang aktivitas perusahaan hingga proses branding yang telah dilakukan.

Tentu saja, profil perusahaan seperti ini bisa Anda beri informasi seputar rencana perusahaan untuk beberapa tahun ke depan. Memungkinkan Anda juga untuk menginformasikan tentang produk, lokasi maupun layanan baru yang akan disediakan nantinya.

Ketahuilah, semua informasi pada company profile ini bersifat umum dan bebas untuk diberikan pada siapa saja. Jadi, informasinya harus sesuai dan telah disetujui oleh para pemilik serta pemimpin perusahaan.

Profil bisnis memuat banyak informasi akurat

Perlu Anda ketahui, di waktu tertentu, brosur dan spanduk tidak akan mampu lagi menyampaikan informasi yang terlalu banyak. Media-media konvensional seperti itu hanya memungkinkan Anda untuk menulis beberapa puluh kata saja. Berbeda halnya dengan profil perusahaan atau company profile. Media ini memungkinkan Anda untuk menulis hingga ratusan kata.

Profil perusahaan membantu mengontrol informasi

Saat ini, setiap perusahaan mampu membuat situs web untuk profil perusahaan. Namun sayangnya, website tidak bisa memastikan urutan-urutan halaman layaknya sebuah buku.

Bagaimana pun juga, halaman utama profil perusahaan yang berbentuk buku lebih memungkinkan untuk diatur dari satu halaman ke halaman berikutnya. Terbukti, cara ini memungkinkan untuk menyediakan informasi yang lebih baik dalam membangun cerita perusahaan Anda.

Tak hanya itu saja, perusahaan biasanya memperbarui profilnya secara rutin setahun sekali karena ada banyak hal yang pasti terjadi. Misalnya seperti pergantian karyawan hingga manajemen bisnis itu sendiri. Hal ini perlu dilakukan demi data yang valid untuk kepentingan perusahaan dan pihak-pihak terkait.

Profil perusahaan lebih mudah diterima

Jika profil perusahaan atau company profile ini dirancang dengan baik dan informatif, maka pasti disimpan untuk kepentingan yang akan datang. Apalagi, jika profil ini memiliki konten berkualitas tentang pencitraan merek dan strategi yang mendalam tentang pemasaran pada konsumennya. Semakin banyak orang yang mengenal perusahaan Anda, maka tentu saja berdampak pula pada peningkatan keuntungannya.

Demikian beberapa poin penting tentang kebutuhan profil bisnis. Jika Anda telah berencana untuk memproduksi profil perusahaan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan para penyedia jasa layanan ini. Tentu saja, agar profil yang dihasilkan terlihat berkualitas dan sesuai dengan keinginan Anda.

Advertisement

Leave a Reply

Skip to toolbar