Ilmu Pengetahuan Dalam Islam

November 27th, 2015 by sarasnoya45 Leave a reply »

Dalam Bahasa Indonesia dikenal beberapa istilah yang berkenaan dengan maslah ilmu pengetahuan yaitu: pengetahuan, ilmu, ilmu pengetahuan, dan sains. Pengetahuan dapat diartikan sebagai hasil tahu manusia terhadap sesuatu objek yang dihadapi, hasil usaha manusia untuk memahami suatu objek tertentu. Maka , pengetahuan adalah segala fenomena alam yang dapat dicapai oleh indra manusia. Konsekwensi logis dari pengetahuan akan melahirkan berbagai pengalaman manusia , akan tetapi pengalaman manusia ini terkadang kebenarannya tidak mutlak dan perlu diuji lagi.

Menurut Ensiklopedi Islam, pengetahuan dapt dibedakan kedalam dua jenis yaitu pengetahuan bisa (knowledge) yang diperoleh dari seluruh bentuk upaya kemanusiaan, seperti perasaan, pikiran, pengalaman, panca indera dan intuisi untuk mengetahui sesuatu tanpa memerhatikan objek maupun metode dan kegunaanya, dan pengetahuan ilmiah (science) juga merupakan keseluruhan bentuk upaya kemanusiaan untuk mengetahui sesuatu, tetapi dengan memerhatikan objek yang ditelaah, metode yang digunakan serta kegunaannya. Atau dengan istilah lain, pengetahuan ilmiah memerhatikan objek ontologis, landasan epistimologis, dan aksiologis.

Dalam Webster’s, istilah science ini berasal dari bahasa Latin scientia yang merupakan derivasi dari kata scire yang berarti mengetahui (to know) dan belajar (to learn). Dalam bahasa Arab, istilah ilmu yang merupakan deriviasi dari kata kerja alima yang berarti juga mngetahui. Dengan demikian, ilmu dapat dimaknakan senbagai usaha untuk mengenal atau mempelajari sesuatu yang bersifar empiris dengan memakai suatu cara tertentu.

Kata ‘ilmu’ yang dalam Bahasa Arab ‘ilm yang berarti pengetahuan, merupakan lawan dari kata jahl yang berarti ketidaktahuan (kebodohan). Disamping itu, kata ‘ilmu’ dapat disepadankan dengan kata Arab lainnya seperti: ma’rifah (pengetahuan), hikmah (kebijaksanaan) dan syu’ur (perasaan). Hikmah yang dapat dipetik dari suatu kata (istilah) yang dalam hal ini adalah ‘Ilm yang diulang-ulang penyebutannay dalam Al-Quran. Menurut Quraish Shihab, mengisyaratkan bahwa betapa penting kata tersebut bagi kehidupan manusia. Begitu pentingnya ilmu dalam Islam sehingga umat Islam tidak dapat dipisahkan dengan ilmu.

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Advertisement

Leave a Reply

Skip to toolbar