Aku Suka
Suka-Suka Aku
Aku Suka Tahu Gimbal
Categories: Aku Suka Makan

Tahu Gimbal. Sumber : https://id.openrice.com/userphoto/photo/0/96/001TDQ82EE354C4248772El.jpg

Tahu Gimbal, adalah salah satu makanan khas Kota Semarang yang masih digemari dan banyak dijumpai di berbagai jenis warung makan sampai gerobak dorong di kampung. Makanan yang umumnya terbuat dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, tauge, telur dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) yang dicampur dengan bumbu kacang yang khas dengan petis udang. Ciri khas dari Tahu Gimbal adalah gimbal itu sendiri. Gimbal adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang. Gimbal digoreng garing dengan perpaduan rasa yang pas antara gurih, manis dan pedas. Sama seperti tahu atau lontong, gimbal dipotong kecil-kecil.

Tidak sulit menemukan Tahu Gimbal di kota Semarang. Banyak tempat yang menjual Tahu Gimbal. Diantaranya adalah, Taman KB, di kompleks permukiman Perumnas Banyumanik maupun di daerah Ngesrep dan Tembalang. Belum terhitung tahu gimbal yang dijajakan dengan gerobak dorong di kampung-kampung, terutama di malam hari. Di Taman KB bahkan tahu gimbal menjadi ikon penting bagi para remaja yang ingin yang ingin menghabiskan waktu sambil menikmati tahu gimbal. Harganya pun bervariasi, tergantung menu tambahan yang ditawarkan. Yang jelas, harga termurah biasanya Rp 10.000/porsi.

Makanan berbahan utama tahu dan bakwan udang ini seolah sudah menjadi ikon jajanan khas rakyat Semarang sehingga mudah ditemui di seluruh penjuru kota, dari pagi hingga malam. Sejalan dengan atributnya sebagai makanan rakyat, tempat terbaik untuk mencicipinya justru ada di warung-warung sederhana di pinggir jalan yang sama sekali jauh dari kesan mewah.

Tahu Gimbal Pak Edy & Pak Bisri
Diantara sekian banyak tempat makan menikmati tahu gimbal, terdapat beberapa tempat makanan tahu gimbal favorit d semarang. Sebut saja Tahu Gimbal Pak Edy di Jalan Pahlawan. Tempatnya hanya berupa warung tenda, namun kualitas masakannya mungkin salah satu yang terbaik di Kota Semarang. Kesan itu terlihat jelas dari suasana warung yang tak pernah sepi pembeli. Tahu Gimbal Pak Edy berisikan ketupat, tahu goreng yang dipotong segi empat, irisan kol dan gimbal udang atau bakwan udang yang sudah dipotong-potong. Bahan isian tersebut disiram dengan bumbu kacang-petis yang agak encer. Rasanya manis dan gurih bercampur dalam goyangan lidah. Tahu Gimbal makin istimewa dengan tambahan telur goreng di atasnya. Selain gimbal udang, kunci kenikmatan Tahu Gimbal terletak pada bumbu siram yag digunakan. Jika citarasanya pas, si penikmat akan mudah ketagihan setelah menyantapnya.

Keistimewaan Tahu Gimbal Pak Edy antara lain tingkat pedasnya bisa diatur berdasarkan keinginan OpenRicers. Juga porsinya yang tergolong besar atau banyak. Karenanya tempat ini cocok untuk mereka yang menyukai makanan dengan porsi besar. Sebagai pendamping bersantap Tahu Gimbal pembeli juga bisa memesan es teler yang menyegarkan. Tahu Gimbal Pak Edy bisa dijumpai sore hingga malam hari. Jadwal bukanya sampai tengah malam, namun jika dagangan sudah habis warung tendanya bisa tutup lebih awal.

Selain itu tempat makan tahu gimbal pak Edy, tempat makan tahu gimbal lainnya adalah tahu gimbal Pak Bisri di Perumnas Banyumanik. Tepatnya, di pojok pertigaan Jl Kruing Raya dan Jati Raya. Tempat ini pun tak pernah sepi dari pembeli.

Sumber : https://id.openrice.com/jakarta/article/tahu-gimbal-jajanan-khas-semarang/1866?article_id=1866

1 Comment to “Aku Suka Tahu Gimbal”

  1. Cah Pinter says:

    tahu gimbal itu enak, apalagi di beliin… 🙂

Leave a Reply