KOMPETENSI INTI SEORANG PENDIDIK

Pendidik dan peserta didik merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan saling berhubungan. Seorang pendidik tidak bisa dikatakan sebagai pendidik apabila tidak ada peserta didik, dan peserta didik tidak bisa dikatakan sebagai peserta didik apabila tidak ada seorang pendidik. Kualitas seorang pendidik menjadi suatu hal penting yang menentukan keberhasilan suatu pendidikan.

Menjadi seorang pendidik tidaklah mudah, seorang guru tidak hanya harus menguasai materi yang diajarkannya kepada peserta didik, namun guru juga harus mampu membimbing peserta didik melalui penguatan-penguatan yang dapat memotivasi peserta didik untuk menjadi seorang yang lebih baik. Keberhasilan seorang guru terletak pada perubahan sikap dan prestasi yang diraih oleh peserta didiknya.

Beberapa guru merasa kesulitan dalam menguasai kelas dikarenakan belum menguasai kompetensi inti seorang guru. Kompetensi inti tersebut diantaranya ada kompetensi sosial, kompetensi personal, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional guru.

Kompetensi sosial dibutuhkan seorang guru untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dengan peserta didik baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dalam berinteraksi seorang guru harus bisa menempatkan diri agar tercipta suatu kondisi yang nyaman diantara pendidik dan peserta didik.

Kompetensi personal merupakan suatu kompetensi yang paling utama diantara kompetensi-kompetensi yang lain, kompetensi ini menyangkut perilaku dan sikap seorang guru. Seorang guru seharusnya memiliki sikap wibawa, jujur, disiplin dan bertanggungjawab. Perlu kita ketahui bahwa peserta didik selalu memperhatikan tingkah laku dan perilaku gurunya, sehingga hendaknya guru bisa menjaga sikap dan mengembangkan kompetensi personal sebagai seorang pendidik.

Kompetensi pedagogik mencakup kemampuan guru dalam menguasai keadaan kelas. Seorang guru harus bisa memahami karakteristik siswanya dan pandai dalam membaca situasi agar guru dapat mengkondisikan kelas yang akan diajarnya. Kompetensi pedagogik ini harus dikuasai guru agar materi yang diajarkannya bisa diterima dengan baik oleh peserta didik

Kompetensi profesional guru mencakup kemampuan guru dalam menguasai materi yang akan diajarkannya, menguasai bahan ajar dan media yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, maka guru harus menguasai kemampuan profesionalnya.

Kompetensi-kompetensi inti seorang guru yang telah dijelaskan diatas saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan, sudah seharusnya seorang pendidik dan calon pendidik menguasai kompetensi-kompetesnsi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: