BAB 4: KEARIFAN LOKAL DAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS (SOSIOLOGI SMA KELAS XII)

KEARIFAN LOKAL

PEMBERDAYAAN KOMUNITAS
Robinson (1994) menjelaskan bahwa pemberdayaan adalah suatu proses pribadi dan sosial; suatu pembebasan kemampuan pribadi, kompetensi, kreatifitas dan kebebasan bertindak. Ife (1995) mengemukakan bahwa pemberdayaan mengacu pada kata “empowerment,” yang berarti memberi daya, memberi ”power” (kuasa), kekuatan, kepada pihak yang kurang berdaya. Continue reading BAB 4: KEARIFAN LOKAL DAN PEMBERDAYAAN KOMUNITAS (SOSIOLOGI SMA KELAS XII)

BAB 1 PERUBAHAN SOSIAL DAN DAMPAKNYA (SOSIOLOGI SMA KELAS XII)

perubahan-231x300

Perubahan Sosial, Teori, Bentuk, Dampak, & Faktor Penyebabnya|Secara Umum, Pengertian Perubahan Sosial adalah perubahan yang terjadi pada masyarakat mengenai nilai-nilai sosia, norma, dan berbagai pola dalam kehidupan manusia. Hakikatnya, setiap masyarakat diseluruh dunia akan mengalami perubahan-perubahan yang diketahui jika membandingkan suatu masyarakat di masa tertentu dengan masyarkat di masa lampau. Continue reading BAB 1 PERUBAHAN SOSIAL DAN DAMPAKNYA (SOSIOLOGI SMA KELAS XII)

BAB 5 INTEGRASI DAN REINTEGRASI SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN MASALAH KONFLIK DAN KEKERASAN (SOSIOLOGI SMA KELAS XI)

INTEGRASI

“Integrasi sosial sebagai solidaritas yang tinggi dan identifikasi mutual”[Majelis Umum PBB]
Reintegrasi merupakan suatu proses sosial dalam menyatukan kembali pihak-pihak yang berkonflik untuk berdamai atau bersatu kembali seperti kondisi sebelum terjadi konflik. Continue reading BAB 5 INTEGRASI DAN REINTEGRASI SOSIAL SEBAGAI UPAYA PEMECAHAN MASALAH KONFLIK DAN KEKERASAN (SOSIOLOGI SMA KELAS XI)

BAB 4 KONFLIK, KEKERASAN, DAN UPAYA PENYELESAIANNYA (SOSIOLOGI SMA KELAS XI)

bentrok_palu

“Perdamaian bukan ketiadaan konflik. Perdamaian adalah kemampuan untuk menangani konflik dengan cara damai.”
(Ronald Reagan)
Dalam proses interaksi, tidak seluruh masyarakat berjalan beriringan. Selalu akan ada perbedaan dalam mencapai tujuan, baik antarindividu, maupun kelompok. Hal inilah yang akan menimbulkan konflik dalam masyarakat. Continue reading BAB 4 KONFLIK, KEKERASAN, DAN UPAYA PENYELESAIANNYA (SOSIOLOGI SMA KELAS XI)

BAB 3 PERBEDAAN, KESETARAAN DAN HARMONI SOSIAL (SOSIOLOGI SMA KELAS XI)

diferensiasi-sos

“Perbedaan budaya tidak boleh memisahkan kita dari yang lain. Keragaman budaya justru harus membawa sebuah kekuatan kolektif yang dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia”. (Robert Alan)

Perbedaan dan keberagaman bukanlah sumber pemecah belah. Prinsip kesetaraan dan harmoni sosial menumbuhkan toleransi di dalam masyarakat. Continue reading BAB 3 PERBEDAAN, KESETARAAN DAN HARMONI SOSIAL (SOSIOLOGI SMA KELAS XI)

BAB 4 METODE PENELITIAN SOSIAL (SOSIOLOGI SMA KELAS X)

Pengertian metode penelitian

  Banyak faktor yang menjadi sumber masalah sosial di dalam masyarakat dan lingkungannya, antara lain faktor ekonomis, biologis, psikologis, dan kebudayaan setempat. Semua faktor itu memunculkan kekurangan-kekurangan dalam diri manusia atau kelompok sosial. Anda dapat menyaksikan berbagai peristiwa yang menyangkut masalah sosial melalui tayangan berita di berbagai media massa, atau dengan mengetahui langsung dalam lingkungan masyarakat sekitar. Setiap hari Anda dapat melihat mulai dari masalah biasa yang kurang mengundang keprihatinan sampai masalah yang sangat menyentuh keprihatinan kita. Kemiskinan, kelaparan, pengangguran, tawuran, pelacuran, kenakalan remaja, dan lain sebagainya. Berbagai peristiwa yang menyangkut masalah sosial tidak hanya terjadi pada saat ini, tetapi telah menjadi warisan turun temurun. Namun, saat ini mungkin lebih besar dan kompleks permasalahannya dibandingkan dengan peristiwa yang terjadi di masa lampau. Mengapa demikian? Continue reading BAB 4 METODE PENELITIAN SOSIAL (SOSIOLOGI SMA KELAS X)