SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
RUMAH BAHASA JEMBATAN MENUJU MAHASISWA YANG MENDUNIA # 2
November 10th, 2015 by mey setyowati

Sebelum kita mengetahui tentang apa sih itu  RUMAH BAHASA, mari kita lihat dulu penjabaran umum tentang bahasa dan penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari.

                Pengertian Bahasa Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut dengan linguistik. Semua perkiraan dari jumlah akurat dari bahasa-bahasa di dunia bergantung kepada suatu perubahan sembarang antara perbedaan bahasa dan dialek. Bahasa alami adalah bicara atau bahasa isyarat, tapi setiap bahasa dapat disandikan ke dalam media kedua menggunakan stimulus audio, visual, atau taktil, sebagai contohnya, dalam tulisan grafis, braille, atau siulan. Hal ini karena bahasa manusia adalah modalitas-independen. Bila digunakan sebagai konsep umum, “bahasa” bisa mengacu pada kemampuan kognitif untuk dapat belajar dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau untuk menjelaskan sekumpulan aturan yang membentuk sistem tersebut, atau sekumpulan pengucapan yang dapat dihasilkan dari aturan-aturan tersebut. Semua bahasa bergantung pada proses semiosis untuk menghubungkan isyarat dengan makna tertentu.

Dari ulasan diatas dapat simpulkan bahwa bahasa memiliki peranan penting dalam dunia komunikasi untuk melakukan  interaksi, tanpa bahasa komunikasi tidak akan berjalan dengan lancar dan akan menemui berbagai hambatan. Maka dari itu keberadaan RUMAH BAHASA sangat dinantikan di UNNES untuk menyiapkan para mahasiswanya menuju dunia Internasional. Sebagai contoh, sebagai kampus yang besar UNNES memiliki program pertukaran mahasiswa dengan universitas – universitas lain di luar negeri yang berarti mahasiswa UNNES yang mengikuti pertukaran mahasiswa dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan bahasa lain seperti bahasa inggris ataupun bahasa asing lainnya  tempat mereka melakukan pertukaran mahasiswa . Tetapi sampai sekarang ini, kebanyakan mahasiswa UNNES mempelajari bahasa tersebut secara outodidak karena belum adanya wadah bagi mahasiswa yang memberikan pembelajaran  tentang bahasa asing yang baik dan benar. Hanya mahasiswa yang mengambil kuliah bahasa yang mempunyai dasar bahasa yang baik dan benar.

 https://www.facebook.com/rumah.bahasa.94


https://www.facebook.com/rumah.bahasa.94

Dengan adanya  RUMAH BAHASA diharapkan para mahasiswa akan lebih fasih dalam berbahasa asing, tidak hanya bahasa inggris , tetapi  juga mampu menguasai bahasa asing lainnya yang sering digunakan di dunia internasional. Sehingga mahasiswa UNNES siap dalam menghadapi dunia Internasional sesuai dengan visi UNNES. Selain pelatihan atau pembelajaran RUMAH BAHASA memiliki kegiatan lain seperti seminar internasional tentang bahasa dan sastra , evaluasi pembelajaran bahasa, festival bahasa dan yang paling penting adalah belajar bahasa dengan ahli bahasa sesuai dengan bahasa yang dipelajari.

Inti dari  pencanangan program RUMAH BAHASA adalah menyiapkan mahasiswa UNNES untuk bersaing dengan mahasiswa lainnya baik nasional maupun internasional dan lebih unggul dalam bahasa sehingga lebih mudah untuk mencapai prestasi di dunia Internasional, dan membanggakan Negara Indonesia khususnya UNNES.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

 


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar