SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
PEMBUATAN PUPUK KOMPOS DI RUMAH KOMPOS UNNES
November 13th, 2015 by mey setyowati

Beberapa waktu lalu saya telah melakukan pelatihan pembuatan kompos dirumah kompos UNNES ( Universitas Negeri Semarang ). Rumah kompos UNNES tidak hanya memproduksi pupuk kompos saja tetapi juga ada pembuatan pupuk cair yang dibuat oleh mahasiswa  seperti pupuk cair dari sisa buah – buahan, sisa nasi / nasi basi dan sayur – sayuran yang difermentasikan dengan bakteri sehingga menjadi pupuk cair.

Untuk pembuatan pupuk kompos di Rumah Kompos UNNES ada beberapa langkah yang harus dilakukan,yaitu:

  1. Penyortiran

Tujuan dari penyortiran adalah untuk menghindari bahan lainnya seperti plastik ,kerikil / batu kecil lainnya ikut terproses dalam pembuatan pupuk kompos .

  1. Pencacahan

Daun yang sudah disortir kemudian dicacah dengan cara dimasukkan kedalam mesin pencacah agar ukuran daun menjadi lebih kecil dan mudah untuk diproses.

  1. Penyampuran

Setelah daun dicacah kemudian cacahan daun tersebut dicampur dengan bahan lainnya yaitu kotoran kambing yang sudah diolah dengan perbandingan penyampuran adalah 2 : 1 yang artinya 2 untuk daun dan 1 untuk kotoran kambing, catatan tidak hanya kotoran kambing yang dapat digunakan dalam penyampuran tetapi juga dapat menggunakan kotoran sapi.

  1. Penyiraman

Setelah dilakukan penyampuran bahan, kemudian pupuk disiram dengan air yang sudah diberi campuran cairan EM4 yang didalamnya terdapat bakteri – bakteri yang akan membantu dalam proses pembuatan pupuk kompos tersebut. Cara pembuatan air yang digunakan untuk menyiram adalah  2 tutup botol cairan EM4 yang dimasukkan  kedalam 7 liter air. 7 liter air tidak harus disiramkan semuanya tetapi hanya sampai pupuk lembab atau seluruh daun sudah terkena cairan tersebut kemudian aduk secara merata.

  1. Penyimpanan dan Perawatan

Setelah pupuk disiram kemudian disimpan di bak penyimpanan selama 2 minggu. Untuk perawatannya setiap 2 hari sekali pupuk dikeluarkan dari bak penyimpanan kemudian disiram lagi dengan cairan EM4 kemudian dimasukkan kembali ke dalam bak penyimpanan, usahakan suhu bak penyimpanan pupuk berada pada kisaran 30 o C keatas.Dan jangan sampai dalam proses penyimpanan terkena sinar matahari. Tetapi untuk 2 hari terakhir dalam 2 minggu tersebut pupuk tidak boleh disiram hal ini dimaksudkan agar dalam proses pengayakan pupuk kering ataupun tidak menggumpal.

  1. Pengayakan

Setelah pupuk disimpan selama 2 minggu  pupuk sudah siap untuk diproduksi, tetapi sebelum dilakukan pengemasan pupuk diayak terlebih dahulu dengan mesin pengayak agar mendapatkan butiran pupuk yang lebih halus dan lebih menarik bila dikemas. Hasil dari pupuk yang sudak diayak hanya berkisar setengah dari jumlah pupuk kompos yang dibuat hal ini terjadi karena ada sebagian pupuk yang belum terurai sepenuhnya sehingga harus difermentasikan lagi sehingga tidak ada pupuk yang terbuang sia – sia.

 

Bagaimana mudah kan cara pembuatan pupuk kompos yang telah dijelaskan diatas, kamu dapat mempraktekkannya sendiri bersama teman – teman. Pupuk kompos UNNES hanya diproduksi untuk UNNES sendiri dan tidak untuk dijual ke toko – toko. Nama dari pupuk kompos UNNES adalah pupuk kompos SUTERA yang artinya butiran pupuk komposnya selembut sutera dan dibuat di kampus UNNES.

 

 


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar