Cara Membuat Artikel Keren

Dalam dunia kepenulisan, ada berbagai macam jenis tulisan yang bisa ditulis dan dibuat. Setidaknya ada dua kategori besar dalam dunia literasi yang membagi jenis tulisan, yakni fiksi dan nonfiksi. Fiksi bisa berupa cerpen, prosa, puisi, cerbung dan novel. Untuk nonfiksi seperti essay, opini, fearure, berita, resensi, review, dan masih banyak lainnya. Nah, bagi Anda yang memang lebih suka dengan dengan nonfiksi yang artikel adalah masuk di dalamnya, berikut adalah tips cara membuat artikel keren.

4 Poin Cara Membuat Artikel Keren yang Harus Diperhatikan

Untuk membuat artikel keren, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penulis. Apalagi bagi mereka yang pemula. Asal tahu saja, demi memperoleh artikel yang keren, banyak orang sampai memanfaatkan jasa penulis artikel.

Setidaknya ada 4 point yang sangat perlu diperhatikan dan dipikirkan dengan baik. Perlu diluruskan pula dengan makna keren di sini. karena arti keren bagi setiap orang tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Maka tak menuntut kemungkinan jika yang menurut Anda keren belum tentu keren menurut orang lain. Tapi setidaknya mari kita bahas.

1. Judul yang menarik

Ini adalah unsur terpenting dari sebuah tulisan. Di mana daya tarik sebuah tulisan yang pertama kali adalah judul. Judul bisa menentukan segalanya, apakah orang akan membaca tulisan tersebut atau hanya melewatkannya begitu saja, semuanya tergantung dengan judul.

Karena itu perlu Anda pikirkan ulang untuk membuat judul agar menarik pembaca. Setidaknya dengan judul yang menarik, orang akan melirik. Karena judul pula, konten artikel yang sudah ditulis selama berjam-jam duduk di depan komputer akan sia-sia saja manakala judul artikel biasa-biasa saja dan tak menarik sama sekali.

Menurut Garret Moon, yang berasal dari CoSchedule, judul sangatlah penting. Karena dengannya, konten bagus dari artikel jika dikombinasikan dengan judul yang tepat akan memperoleh share dengan jumlah yang lebih banyak di media sosial sampai 10 kali lipat.

Contoh: judul berbunyi “Traveller Itu Juga Perlu Selfi Lho”. Judul demikian kurang menarik perhatian. Bedakan dengan gubahan sedikit menjadi begini, “Lakukan 6 Hal Berikut Selama 20 Menit Sehari untuk Menghilangkan Stres”. Tentu kekuatannya akan berbeda dengan yang pertama tadi bukan?

2. Paragraf Pembuka yang Menggugah

Kedua, ada paragraf pembuka atau biasa disebut dengan leading. Leading ini biasanya adalah 2-3 paragraf awal dari sebuah artikel. Ketika pembaca sudah tertarik dengan judul yang menarik, pasti ia akan membaca paragraf awal. Nah, paragraf ini ibarat pintu pembuka dari sebuah artikel. Ada orang yang hanya sampai membaca paragraf awal dari sebuah tulisan dan lalu berhenti membaca karena paragraf leading tidak memikat.

3. Isi yang Menarik dan Informatif

Jika judul dan leading sudah bagus dan menarik orang untuk membaca. Maka yang perlu diperhatikan selanjutnya dari cara membuat artikel keren ini adalah isi atau konten dari artikel.

Isi tulisan sangat penting. Karena jika isinya bertele-tele, tidak jelas dan membingungkan, tentu akan membuat orang lain berhenti dan enggan untuk membaca lebih lanjut. Untuk isi, sebaiknya gunakan bahasa yang umum dan populer sehingga mudah dipahami oleh semua kalangan, baik akademisi maupun orang awam.

Konten artikel bisa berupa sajian manfaat, informasi yang menghibur dan berguna, atau sebuah renungan dan ajakan kepada kebaikan. Ketika sebuah informasi tak dikemas dengan bahasa dan gaya penulisan yang baik, maka itu akan membosankan dan risiko ditinggalkan pembaca.

Gaya bahasa dar isi tulisan juga menentukan. Karena seberapa penting isi dari sebuah tulisan tapi diungkapkan dengan gaya yang biasa saja tentu akan berdampak buruk. Pun gaya bahasa bisa berpengaruh terhadap isi yang biasa namun dikemas dengan gaya bahasa yang bagus dan menarik.

4. Penutup yang Memahamkan

Ini sangat penting. Jika judul, leading dan isi artikel sudah bagus, tentu perlu ditutup dengan closing yang menghentak. Closing atau penutup sebuah artikel ibarat punch line dalam komedi.

Ada beberapa macam teknik mengakhiri artikel, di antaranya adalah menggunakan kalimat tanya. Misalnya, “Apakah Anda setuju dengan rencana pembangunan pemerintah tersebut?” atau “Bagaimana menurut Anda” dan masih banyak lainnya.

Demikianlah tips sedikit tentang cara membuat artikel keren. Atau agar terlihat lebih keren. Bagi yang nggak sempat dan tidak mau pusing membuat artikel keren dan menarik untuk blog dan website, manfaatkan saja jasa penulis artikel SEO, KONTENMU adalah salah satu yang terbaik. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: