Menulis Menyenangkan

Menulis Menyenangkan

     Menulis bukanlah perkara yang sulit, namun bukan pula sesuatu yang sangat mudah. Dalam menulis banyak hal yang perlu diperhatikan. Selain memahami isi dari karya yang hendak disampaikan, kita juga harus memahami teknik menulis karya tulis yang benar. Menulis dapat menjadi sangat mudah ketika kita sudah terbiasa membuat karya tulis, baik fiksi maupun nonfiksi. Menulis menjadi sulit ketika dibutuhkan karya tulis yang berkualitas namun dengan pengetahuan baik teori dan praktis yang terbatas.
Penguasaan materi dari karya tulis bisa didapat dengan beberapa cara seperti mendengarkan seminar, sarasehan, berita-berita yang ditampilkan di berbagai media masa dan mencari referensi di buku-buku dan karya tulis lain. Selain itu usahakan ketika membuat karya tulis menggungkap materi sesuai dengan disiplin ilmu yang kita kuasai. Seperti semisal seorang ahli bahasa yang membuat karya tulis tentang ilmu inguistik.
Dalam menulis karya tulis harus diperhatikan dari segi ketepatan ejaan atau penulisan serta ketentuan pembuatan karya tulis yang telah disepakati dan telah dibakukan. Untuk ejaan kita bisa menggunakan buku panduan EYD, usahakan menggunakan buku panduan yang terbaru. Pada tahap awal pembuatan kara tulis, tentukan tema yang hendak dibahas, pastikan tema dibatasi agar karya tulis terfokuskan pada satu topik kajian. Berikutnya adalah menentukan tujuan, kita dapat mengoreksi sebuah karya tulis dari tujuan awal pembuatannya. Untuk ketentuan pembuatan karya tulis sendiri bisa diperoleh dengan membaca dari buku ajar Bahasa Indonesia atau dengan mencari di internet dengan sumber yang terpercaya.
Pada titik ini akan diketahui kualitas sebuah karya tulis. Yaitu dengan membandingkan tujuan awal kita menulis dan karya yang dihasilkan. Apakah karya tulis yang kita buat sudah mencapai tujuan awal atau belum. Karya tulis yang dibuat sesuai dengan prosedur pembuatan karya tulis akan memberikan banyak nilai positif, sebagai bentuk profesionalitas, selain itu mudah dipahami pembaca dan lebih rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: