Ngamalin Pancasila Yuk!

Mengamalkan Pancasila Yuk!

     Kita sering mendengar istilah “Pancasila sebagai dasar negara”. Hal ini diartikan pancasila melandasi setiap tindak-tanduk bangsa ini. Pernyataan ini pada praktisnya bukan lagi menjadi suatu kewajiban saja, melainkan suatu kebutuhan bagi mereka yang merasa sebagai bagian dari NKRI. Pancasila harus benar-benar menjiwai setiap langkah kehidupan, pembangunan dan perjuangan bangsa.
Nilai-nilai pancasila sendiri diambil dari bangsa Indonesia secara universal, bukan berdasar kepentingan perseorangan atau kelompok tertentu. Sesuai dengan teori ikatan golongan bahwa “Negara dipandang sebagai ikatan atau gabungan kelompok masyarakat untuk mencapai tujuan besama”. Berarti pancasila sebagai muara dari apa yang dituju bangsa ini harus mewakili keseluruhan nilai di dalam masyarakat.
Nilai-nilai pancasila yang merupakan kristalisasi dari jiwa dan kebudayaan bangsa ini hendaknya dimaknai secara utuh dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Pelaksanaan yang dimaksud adalah dilakukan secara sadar, kontinyu dan penuh penghayatan. Sebagai intisari dari nilai budaya bangsa Indonesia, maka pancasila merupakan cita-cita moral bangsa yang memberikan pedoman dan kekuatan rohani oleh bangsa untuk berperilaku luhur dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara (Sunarto 2015:28). Jika demikian, apakah hari ini pancasila sudah diaplikasikan sesuai dengan kaidahnya?
Meninjau dari berbagai kasus yang silih-berganti muncul pada pemberitaan di televisi dan sosial media lain, atau bahkan penyimpangan sosial di lingkungan kita yang tidak tersorot kamera sekalipun, bisa dipahami masih kurangnya tingkat penghayatan masyarakat terhadap nilai-nilai pancasila.
Bahkan sudah bukan hal tabu lagi pelanggaran pancasila dipertontonkan. Sebut saja kasus video porno yang kian marak di berbagai kalangan. Lebih memrihatinkan lagi pelakunya adalah anak di bawah umur. Selain itu, masih banyak pelanggaran-pelanggaran di luar sana yang tidak mencerminkan nilai-nilai pancasila. Ketidakpahaman mengenai apa itu pancasila dan kurangnya kesadaran berbagai pihak akan pentingnya mengamalkan pancasila dan mengajarkannya menjadi sebab pelanggaran-pelanggaran tersebut.
Oleh karena itu kita harus mampu menjadikan nilai-nilai di dalamnya sebagai acuan dalam memahami hakikat suatu hal, pandangan positif sebagai hasil akhir dalam setiap tindakan, pemikiran yang hendak diwujudkan, dan menjadi apa-apa yang menjiwai setiap tindakannya.
Sumber referensi: Sugito AT dkk, 2015, Pendidikan Pancasil, Semarang: Unnes Press.
https://anaksospol.blogspot.co.id/2010/05/negara-dan-pembentukannya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: