pengunjung

Materi Sosiologi SMA Kelas X : Metode Penelitian Sosial.

Metode berasal dari kata “methodos” yang terdiri dari kata “metha” yaitu melewati, menempuh atau melalui dan kata “hodos” yang berarti cara atau jalan. Metode artinya cara atau jalan yang akan dilalui atau ditempuh. Sedangkan menurut istilah metode ialah cara atau jalan yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah tujuan.

Sedangkan menurut para ahli, metode adalah sebagai berikut :

  1. Menurut KBBI, metode adalah cara kerja yang mempunyai sistem dalam memudahkan pelaksanaan dari suatu kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu.
  2. Rothwell dan Kazanas, menurut mereka metode merupakan cara, proses atau pendekatan untuk menyampaikan sebuah informasi.
  3. Rosdy Ruslan, mengemukakan metode sebagai kegiatan ilmiah yang berhubungan dengan cara kerja dalam memahami suatu subjek maupun objek penelitian dalam upaya menemukan suatu jawaban secara ilmiah dan keabsahannya dari sesuatu yang diteliti.
  4. Pengertian Penelitian

       Kata penelitian adalah terjemahan dari kata dalam Bahasa Inggris re-search, yang berasal dari suku kata re (kembali) dan to search (mencari). Jadi, research berarti mencari kembali suatu pengetahuan. Dari pendapat para ahli tentang definisi penelitian dapat kiranya kita simpulkan bahwa penelitian adalah suatu penyelidikan terorganisasi, atau penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta untuk menentukan sesuatu.

  1. Manfaat Metode Penelitian Sosial
  2. Penjajagan (ekploratif), yaitu berguna untuk mencari-cari kemungkinan terbaik dalam memecahkan problema sosial, sehingga sifatnya masih mencoba dan terbuka.
  3. Deskriftif, yaitu berguna untuk pengukuran yang cermat terhadap penomena sosial tertentu.
  4. Eksplanatori, yaitu berguna untuk menjelaskan sebab-sebab yang melatarbelakangi suatu keadaan tertentu.
  5. Evaluatif, yaitu berguna untuk mengetahui seberapa jauh tujuan yang ditetapkan pada awal program sudah tercapai.
  6. Prediktif, yaitu berguna untuk meramalkan kejadian atau fenomena soaial tertentu yang akan terjadi.
  7. Metode Penelitian Sosial

          Pada umumnya, metode penelitian dibedakan menjadi lima kelompok umum sebagai berikut.

  1. Metode Historis

Merupakan penelitian yang kritis terhadap keadaan-keadaan, perkembangan, dan pengalaman dimasa lampau, serta menimbang secara cukup teliti dan hati-hati tentang bukti validitas dari sumber sejarah serta interpretasi sumber-sumber keterangan tersebut.

  1. Metode Deskriptif

Metode deskriptif adalah metode penelitian yang meneliti status sekelompok manusia, objek, kondisi, pemikiran, ataupun peristiwa yang ada di masa sekarang.
Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi (gambaran atau lukisan) secara sistematis, actual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar gejala yang diselidiki. Jadi, jika disederhanakan, metode deskriptif adalah suatu metode penelitian yang digunakan untuk membuat gambaran mengenai suatu situasi atau kejadian dengan cara mengumpulkan data-data dasar saja.

Adapun jenis-jenis penelitian deskriptif adalah sebagai berikut :

  1. Penelitian survey

Diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara nyata, baik tentang situasi sosial, eknomi, maupun politik dari suatu kelompok atau daerah. Salah satu ciri penelitian survey adalah sering dilakukan pada populasi yang besar.

  1. Metode deskriptif berkesinambungan

Banyak dilakukan dalam penelitian sosiologi, sebab yang diteliti adalah masyarakat yang tingkah laku dan gejalanya tidak berubah dengan cepat. Penelitian dilakukan terus-menerus sehingga diperoleh pengetahuan yang menyeluruh mengenai masalah, fenomena, dan kekuatan sosial yang dapat diperoleh jika hubungan-hubungan fenomena tersebut dikaji dalam suatu periode yang lama.

  1. Studi kasus

Penelitian tentang status subjek penelitian yang berkenaan dengan suatu fase khusus atau khas dari seluruh kejadian.

  1. Peneltian komparatif, membadingkan antar gejala sosial tertentu
  2. Penelitian kerja dan aktivitas, peneltian terhadap aktivitas dan pekerjaan manusia
  3. Metode waktu gerakan, menyelidiki efisiensi produksi
  1. Metode penelitian eksperimen

Merupakan penelitian yang memanipulasi atau mengontrol situasi alamiah dengan cara membuat kondisi buatan, atau memanipulasi objek penelitian, serta dengan melakukan control secara sengaja terhadap objek peneltian tersebut.

  1. Metode grouded research

Merupakan suatu penelitian yang menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori, dan mengemukakan teori baru. Penelitian ini bertolak dari fakta yang dicoba untuk mewujudkan suatu teori yang berlaku diberbagai tempat.

  1. Metode penelitian tindakan

Merupakan suatu penelitian yang dikembangkan bersama-sama antara peneliti dan pengambil kebijakan, misalnya kepala daerah atau pemimpin perusahaan, tentang variable-variabel yang dapat dimanifulasi (diubah atau diperbaiki) dan dapat segera digunakan untuk menentukan suatu kebijakan.

Daftar Pustaka

Fadhilla, Aenny Marroh Ukhti Nurul. 2015. Materi Sosiologi SMA Kelas X Bab 3 : Ragam gejala sosial dalam masyarakat. Semarang. http://blog.unnes.ac.id/aennymarroh/2015/12/23/materi-sosiologi-sma-kelas-x-bab-3-ragam-gejala-sosial-dalam-masyarakat/. Diakses pada 24 Desember 2015 pukul 18.53 WIB.

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2014. Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-ilmu Sosial.Jakarta: Erlangga.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.