Pilihan yang tepat

Manusia sering dihadapkan pada beberapa pilihan,yang membuat kita bingung bagaimana cara pemilihan yang tepat,dan khususnya yang sering terjadi pada mahasiswa,adakalanya mahasiswa mengalami stres karena dihadapkan pada beberapa pilihan yang mana ia bingung untuk memilihnya.Namun bagaimana cara melilih agar tidak menyesal..???Menurut saya pemilihan yang paling benar yaitu dengan kita terbuka untuk bercerita kepada orang tua tentang masalah yang sedang kita hadapi baik masalah perasaan ataupun tidak,setelah kita bercerita pasti orang tua akan memberikan nasihat,karena beliau sudah merasakan asam garamnya kehidupan,oleh karena itu orang tua tidak akan pernah salah dalam memberi nasihat kepada anak.

Jadi jika kita dihadapkan pada masalah atau beberapa pilihan,maka berceritalah kepada orang tua yang sudah berpengalaman banyak agar nantinya tidak menyesal dikemudian hari.

KERINDUAN

Kerinduan merupakan rasa yang bisa timbul kapan saja pada diri seorang insan,kerinduan bisa kepada orang tua,atau hal hal penting yang jarang dirasakan oleh setiap insan.Namun kini kerinduan yang sering dirasakan ialah kerinduan akan orang tua terutama nak yang merantau jauh dari orang tua.

MAKNA kESABARAN

Kesabaran,kasabarn timbul bukan hanya ketika ada konflik dari orang lain,melainkan kesabaran bisa timbul dari hal lain,seperti ketika kita sedang mengirim tugas dan sudah deadline,ketika itu koneksi internet buruk,sehingga dalam pengiriman tugas sangatlah susah,terkadang kita merasa marah sendiri ,tetapi bingung mau gimanah lagi,namun dibalik semua itu ada makna ,buruknya koneksi internet tersebut mengingatkan kita untuk mengurusi akhirat dulu,setelah kita sadar kita pun melakukan sholat,dan meminta kemudahan dan kelancarran dalam mengirim tugas,dan setelah itupun dengan kekuatan doa koneksi internet menjadi baik,dan dapat dikirim.

Subhanallah Allah selalu mengingatkan kiat  untuk Mengingat Nya.

12 Langkah Sederhana Menghemat Energi

Perkembangan zaman dan kemampuan berfikir manusia dalam menciptakan teknologi memungkinkan kehidupa manusia menjadi mudah dan nyaman. Keberadaan alat seperti mobil, motor, lampu, televisi, kulkas, komputer dan sebagainya. Disisi lain, penggunaan yang berlebihan dan pertambahan populasi penduduk juga dapat meningkatkan kebutuhan energi.

Diperkirahan bahwa 90% pembangkit listrik bersumber dari bahan bakar minyak dan batubara. Akhir-akhir ini sudah menjadi gejala menuju krisis energi dan bahan bakar serta makin tingginya harga minyak dunia. Pada situasi demikian, hal yang sebaiknya dilkukan adalah dengan melakukan penghematan energi atau penciptaan energi alternatif yang ramah lingkungan. Apabila dilakukan penghematan energi maka kita dapat menghemat biaya dan mengurangi dampak negatif dari emisi yang dihasilkan dari penggunaan energi yang berlebihan.

Berikut ini diuraikan langkah nyata sederhana dalam kehidupan sehari-hari untuk menghemat energi.

  1. Menggunakan lampu hemat energi misalnya lampu neon yan glebih bersifat hemat energi daripada lampu bohlem. Disiang hari dapat menggunakan penerang alami secara optima.
  2. Membentuk perilaku dan kebiasaan diri untuk menggunakan listrik saat diperlukan, secara bergantian, dan tidak berlebihan.
  3. Mematikan televisi, keran air, komputer atau lampu jika sudah tidak digunakan.
  4. Jika memungkinkan untuk mengeringkan pakaian secara alami di bawah sinar matahari.
  5. Menggunakan alat rumah tangga atau kantor yang bersifat hemat energi dan ramah lingkungan, seperti pendingin ruangan dan kulkas dengan freon ayng ramah lingkungan
  6. Mengefisienkan pemakaian energi di tempat umum, seperti di pusat perbelanjaan, perkantoran, terminal, jalan raya, bandara, stasiun dan sebagainya.
  7. Mengdesain rumah atau gedugn hemat energi, misalnya pencahayaan yang baik dengan cukup ventilasi, sehingga mengurangi penggunaan lampu di siang hari, mempergunakan bahan atap bangunan yang dapat mendinginkan suhu di dalam ruangan seperti atap berbahan tanah atau keramik, menaruh tanaman hias di dalam rumah untuk menyejukkan udara di dalam ruangan dan sebagainya.
  8. Pemerintah meyediakan fasilitas kendaraan umum massal secara efektif dan efisien.
  9. Pemerintah menyusun kebijakan dan memberikan penghargaan atau apresiasi positif atas segala upaya atau inovasi penghematan energi.
  10. Mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang bersifat menghemat energi.
  11. Memakai jenis pakainan yang nyaman dan sesuai kondisi cuaca dan suhu udara, sehingga mengurangi penggunaan energi untuk pendingin atau pemanas ruangan
  12. Mengembangkan dan melakukan penelitian untuk energi alternatif, misalnya energi biodiesel.

Oleh karena itu, sebaiknya kita memulai menghemat penggunaan energi di manapun kita berada, dirumah di sekolah, ditempat kerja dan di lingkungan sekitar. Dengan demikian, bumi menjadi tempat tinggal yang nyaman dan lestari untuk anak dan cucu kita kelak.

Sumber: Pendidikan Lingkungan Hidup SMP/MTS Kelas VII jilid

https://www.artikellingkunganhidup.com/12-langkah-sederhana-menghemat-energi.html

Puisi tentang Ayah

AYAH
Oleh Ratih Anjelia Ningrum

Disetiap tetes keringatmu
Di derai lelah nafas mu
Si penuhi kasih sayang yang luar biasa
Demi aku kau rela si sengat matahari
Hujan pun tak dapat membatasi mu
untuk aku anakmu…
Si setiap doamu kau haturkan segenap harapan

Ayah…
kan ku jaga setiap nasehatmu
Di setiapnafas ku
Di relung hati akan ku hangatkan nmamu
Akan ku kobarkan semua impianmu
Hanya untuk menikmati senyumu
Di ufuk senjamu
Ayah
https://www.lokerpuisi.web.id/2014/01/puisi-ayah.html
,mm

MEMBANGUN RUMAH ILMU UNTUK MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI BEREPUTASI

Yaahh..kita tahu bahwa saat ini beberapa Universitas di Indonesia tidak asing dengan “KONSERVASI”,ada beberapa Universitas di Indonesia yang menggunakan wawasan Konservasi seperti di Universitas Indonesia,Universitas Negeri Semarang dan yang lainya.Menggunakan wawasan Konservasi merupakan hal yang mudah,namun untuk melaksanakanya cukup sulit,banyak Universitas yang berwawasan Konservasi,tapi Konservasi tersebut belum sepenuhnya diwujudkan.Karena di dalam Universitas bukan hanya terdiri dari sekelompok orang yang mudah diatur,tetapi dalam Universitas terdiri dari ribuan mahasiswa dan ratusan Dosen,dan dengan semakin banyaknya orang,maka akan lebih sulit untuk dapat mewujudkan Konservasi yang lebih baik,karena setiap orang mempunyai ego sendiri sendiri yang sulit dikendalikan oleh orang lain.Setiap Universitas yang berwawasan Konservasi pasti memounyai keinginan untuk mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi,dan untuk mewujudkan hal tersebut,maka ada salah satu cara untuk mencapainya yaitu “ MEMBANGUN RUMAH ILMU”.

Rumah Ilmu disini dimaksudkan rumah ilmu yang berkaitan dengan Konservasi,seperti Universitas dapat membuat ruangan unruk pembuatan kompos dari limbah yang sudah digunakan,banyak sampah sampah yang menjadi limbah dan akhirnya menyebabkan banjir ketika musim hujan telah tiba,untuk mengantisipasi hal tersebut kita dapat membuat kompos dari limbah – limbah tersebut,pembuatan kompos ini bias dilakukan satu minggu sekali,dan jadwal tersebut dapat diatur melalui tahapan – tahapan,yang mana setiap mahasiswa atau dosen dapat mengikuti jika pada jadwal tersebut tidak mempunyai kesibukan.Untuk mewujudkan kegiatan ini bukanlah hal yang mudah,disisnih perlu adanya partisipasi mahasiswa yang aktif dalamm pembuatan kompos ini dan juga selain mahasiwa disini juga butuh pihak-pihak yang mengorganisir dan mengatur jalanya kegiatan ini.Pihak-pihak ini dan para mahasiswa diharapkan aktif untuk mengikuti kegiatan ini setiap minggunya agar “ Universitas dapat mewujudkan Universitas Konservasi yang Bereputasi.”

#1

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidik misi Blog Award Universitas Negeri Semarang .Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

MEMBANGUN RUMAH ILMU UNTUK MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI BEREPUTASI

Setiap Universitas yang menggunakan wawasan atau berwawasan Konservasi pasti telah menetapkan Mata Kuliah Umum Pendidikan Konservasi yang wajib diikutimoleh setiap mahasiswa Universitas tersebut.Namun walaupun dengan adnya Pendidikan Konservasi yang telah ditetapkan,mahasiwa masih kurang paham,dan oleh karena itu selain dalam materi yang diberikan tentang konservasi,mahasiswa perlu juga dilatih untuk mempraktikan istilah konservasi tersebut.Istilah Konservasi yang didalamnya m,engandung beberapa kata seperti Keanekaragaman Hayati,Energi Bersih,Bangunan Hijau dan Transportasi Internal,Kebijakan Nirkertas,Pengelolaan Limbah,Etika Seni Budaya dan Kader Konservasi,dan tujuh kata tersebut disebut 7 pilar Konservasi,Pilar ini yang seharusnya dimiliki dan diterapkan oleh seluruh mahasiswa yang Universitasnya berwawasan Konservasi.

Untuk menerapkan dan melaksanakn pilar pilar Konservasi ini bukanlah hal yang mudah,Pilar – pilar ini dapat diterapkan atau dilaksanakn sesuai dengan kesadaran diri mahasiswa atau dosen itu sendiri bukan karena paksaan orang lain.Jika pilar-pilar ini dilaksanakan dengan baik,maka Universita Konservasi Bereputasi pasti dapat diwujudkan.kata Bereputasi inilah yang sangat didambakan oleh semua Universitas.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa setiap Universitas tidak hanya menerapkan pendidikanya saja,setiap Universitas harus menerapkan praktik konservasi agar mahasiswa lebih memahami sebenarnya makna konservasi itu.Praktik yang dapat dilakukan salah satunya yaitu “MEMBANGUN RUMAH ILMU”.

Untuk membangun Rumah Ilmu salah satunya bias dengan membangun kelas khusus untuk mepraktikan konservasi yaitu kelas pemanfaatan barang – barang bekas dari limbah.Kelas ini dapat dijadwal sesuai dengan waktu luang mahasiswa.Jadi setiap mahasiwa dapat mengikuti karena telah disediakan jadwal sendiri sendiri.Universitas harus mewajibkan kegiatan ini agar terciptanya tujuan bersama yaitu “Universitas Konservasi Bereputasi “.Konservasi tersebut dapat dilaksanakan dengan masing masing mahasiswa wajib mengumpulkan barang-brang bekas yang dapat didaur ulang,dan dikumpulkan kebagian pengurus kelas konservasi yang nantinya akan dibuat bersama sama,untuk menghasilkan barang baru yang bernilai guna dan ekonomis.Kegiatan ini dapat memanfaatkan waktu luang dengan hal yang baik,memanfaatkan barang-barang bekas yang menghasilkan barang baru yang unik sekaligus mengurangi pencemaran sampah.

#2

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidik misi blog Award Universitas Universitas Negeri Semarang.Tulisan ini adlah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”