sosiologi dan antropologi

universitas negeri semarang

Silabus Mata Pelajaran Antropologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013

Kompetensi Inti

KI 1  : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1.1.  Memahami, menghargai, dan menerima   perbedaan kegiatan ritual  sebagai akibat  (implikasi)  dari keberagaman ajaran agama, religi/kepercayaan  yang dianut.  .  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1      Mengembangkan sikap kepedulian terhadap budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan
2.2.Menghayati dan menghargai keberagaman budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan dalam upaya membangun masyarakat multikultur
3.1      Menganalisis keterkaitan antara budaya, bahasa, dialek, dan perkembangan  tradisi lisan di nusantara Keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah Mengamati: :

Melakukan investigasi di masyarakat setempat  untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat di wilayah setempat melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur  dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

Menanya:

Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi  dalam masyarakat setempat tur melalui berbagai contoh nyata.

Mengeksplorasi:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang  berbagai alternatif pemecahan permasalahan yang muncul sebagai dampak dari cara pandang seseorang tentang keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur dan berbagai alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan  contoh-contoh nyata yang terdapat dalam masyarakat setempat.

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara  konsep  atau pemikiran para ahli  dengan kenyataan yang ada terkait  dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok dalam upaya menyikapi secara positif tentang fenomena keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting,  tanggapan/komentar, karikatur,  refleksi dan kesimpulan tentang keterkaitan antara  keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan dalam membangun masyarakat multikultur

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang berbagai konsep dan kajian para ahli tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap  pengertian, konsep pengertian, konsep tentang keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya  sikap jujur, tanggung jawab, toleransi,  empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan.

 

6  x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.1      Melakukan kajian literatur, diskusi dan pengamatan lapangan  tentang keterkaitan antara budaya, bahasa,  dialek, dan perkembangan tradisi lisan di nusantara
3.2      Mendeskripsikan dan memetakan  keberagaman pengguna bahasa, dialek,  dan tradisi lisan di nusantara dan perannya dalam membangun masyarakat multikultur. Pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa  dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara Mengamati:

Melakukan investigasi di masyarakat setempat  untuk membuat pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa  dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara  melalui observasi, wawancara, dan/atau   kajian dokumen/literatur  dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

Menanya:

Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa  dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara

Mengeksplorasi:

Melakukan dan membuat peta budaya dan pengguna  bahasa,  dialek, dan tardisi lisan di daerah setempat dan nusantara  sebagai potensi sosial-budaya dalam membangun masyarakat multikultur

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara  konsep  atau pemikiran para ahli  dengan kenyataan yang ada terkait  dengan pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa  dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara sebagai kekayaan budaya dalam masyarakat multikultur

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting,  tanggapan/komentar, karikatur,  refleksi dan kesimpulan tentang memnfaat pemetaan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan sebagai kekuatan dalam membangun masyarakat multikultur.

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang pengertian, konsep, dan manfaat melakukan  pemetaan keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap  pengertian, konsep pengertian, konsep, dan manfaat melakukan  pemetaan keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan, dan masyarakat multikultur

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya  sikap jujur, tanggung jawab, toleransi,  empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan.

8  x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.2    Membuat pemetaan budaya,  bahasa, dialek , dan tradisi lisan di masyarakat setempat  serta berperan aktif  dalam upaya membangun masyarakat multikultur.

 

3.3      Menganalisis kesamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat Persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat

 

Mengamati: :

Melakukan investigasi di masyarakat setempat  untuk mendeskripsikan dan menganalisis persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat  melalui observasi, wawancara, dan kajian dokumen/literatur  dengan menggunakan panduan yang telah dipersiapkan sebelumnya

Menanya:

Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat

melalui berbagai contoh nyata.

Mengeksplorasi:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang  persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara  konsep  atau pemikiran para ahli  dengan kenyataan yang ada terkait  dengan berbagai pandangan inidividu atau kelompok mengenai persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting,  tanggapan/komentar, karikatur,  refleksi dan kesimpulan tentang persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang berbagai konsep dan kajian para ahli tentang persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap  pengertian, konsep pengertian, konsep tentang persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya  sikap jujur, tanggung jawab, toleransi,  empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan

8  x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.3   Melakukan diskusi, mengumpulkan kliping, dan pengamatan lapangan untuk memahami persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan yang berkembang dalam masyarakat
3.4      Mengemukakan contoh berbagai gejala melemahnya nilai-nilai budaya tradisional dalam berbagai masayarakat suku bangsa

.

Perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional Mengamati:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang  berbagai permasalahan yang terkait dengan perubahan budaya, melemahnya  nilai-nilai tradisional  dan berbagai alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan  contoh-contoh nyata yang terdapat dalam masyarakat setempat.

Menanya:

Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang latar belakang dan proses terjadinya perubahan budaya dan melemahnya  nilai-nilai tradisional dalam masyarakat setempat melalui berbagai contoh nyata.

Mengeksplorasi:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang  berbagai alternatif untuk mengantisipasi berbagai dampak terjadinya perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional

Mangasosiasi:

Menghubungkan antara  konsep  atau pemikiran para ahli  dengan  fenomena yang terjadi di masyarakat setempat terkait dengan terrjadinya perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional  di masyarakat setempat.

 

Berperan aktif dalam mendorong tumbuhnya sikap positif  terkait dengan adanya  perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional  di masyarakat setempat dan di nusantara

 

Mengkomunikasikan:

Menyiapkan bahan-bahan presentasi dan menyajikan dalam berbagai bentuk baik secara lisan maupun tertulis, misalnya resume atau ringkasan, catatan penting,  tanggapan/komentar, karikatur,  refleksi dan kesimpulan tentang adanya  perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional  di masyarakat setempat dan di nusantara

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang berbagai konsep dan kajian para ahli tentang perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa terhadap  pengertian, konsep pengertian, konsep tentang perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional

 

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya  sikap  peka dalam merespon secara positif  tehadap perubahan sosial budaya dan sikap mencintai budaya sendiri dalam rangka memperkuat jatidiri, dan  berpartisipasi aktif  menjaga nama baik bangsa dalam pergaulan dunia.

8  x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.4    Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) penelitian sederhana  tentang melemahnya nilai-nilai budaya tradisionil dalam berbagai masyarakat suku bangsa.
3.5.Menggunakan metode etnografi dalam menganalisis kesamaan dan keberagaman bahasa, dialek, tradisi lisan dalam masyarakat multikultur Metode etnografi dan manfaatnya dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya Mengamati:

Melakukan studi literatur dan diskusi tentang metode penelitian etnografi yang menjadi ciri khas penelitian antropologi

Menanya:

Melakukan studi literatur dan diskusi untuk mempertanyakan berbagai pendapat para ahli tentang metode dan manfaat penelitian etnografi  dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya di masyarakat setempat melalui berbagai contoh nyata.

Mengeksplorasi:

Melakukan studi literatur, diskusi, dan eksplorasi tentang  berbagai  metode dan hasil penelitian etnografi yang pernah dilakukan oleh para ahli antropologi

Mangasosiasi:

Menyusun rancangan penelitian etnografi sederhana  tentang keunikan  budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan dan perkembangannya  (menetapkan tema, latar belakang, permasalahan, tujuan, metode, dan instrumen, dan menulis laporan).

Melakukan penelitian etnografi sederhana dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen tentang  keunikan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan yang ada di lingkungan masyarakat setempat

Mengkomunikasikan:

Menyusun laporan dan mengkomunikasikan hasil penelitian etnografi dan menyajikannya dalam bentuk laporan,  bahan presentasi atau tulisan/artikel, audio-visual dan sebagainya.

Mempersiapkan transparansi dan presentasi  hasil laporan dalam  berbagai bentuk, seperti laporan, tulisan/artikel, foto, gambar, tabel, grafik, dan audio-visual dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

Tugas:

Membuat ringkasan atau kesimpulan tentang pendekatan, metode, teknik  penelitian etnografi dan manfaatnya dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya

Observasi:

Penilaian tentang sikap saling menghormati, tanggung jawab,disiplin,  toleransi, jujur, dan  perilaku serta  kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri,  atau kelompok, apakah siswa tersebut mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Portofolio

Menilai proses dan hasil kerja siswa berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan mulai dari tahap awal sampai tahap akhir .

Tes

Melakukan tes bila diperlukan dalam rangka mengetahui sejauhmana pemahaman siswa tentang pendekatan, metode, teknik  penelitian etnografi dan manfaat hasil dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya

Refleksi (self asssessment):

Pentingnya  sikap jujur, tanggung jawab, toleransi,  empati sebagai ungkapan rasa syukur terhadap berbagai perbedaan dan persamaan sebagai anugerah Tuhan

6  x 4 jp Sumber :

Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian,

Media:

Gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan liangkungan setempat

4.5  Melakukan studi etnografi di masyarakat setempat untuk menggambarkan adanya kesamaan dan keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan dalam masyarakat multikultur
posted by Sofiyatin in pendidikan and have Comments (8)

8 Responses to “Silabus Mata Pelajaran Antropologi SMA Kelas XI Kurikulum 2013”

  1. Anis Istiqomah berkata:

    sangat bermanfaat ,,,

  2. Saran untuk tulisan Satuan Pendidikan dan Kelas harap dhilangkan saja, karena di judul sudah ada
    terimakasih

  3. sample pagenya di edit aja jadikan profil

  4. putri novitasari berkata:

    apa yang di sarankan oleh Lenni dan Syarafina ada benarnya juga

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment