ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI KENDALA PELAKSANAAN SISTEM RESI GUDANG (SRG) KABUPATEN BOJONEGORO
Endang Endang, Moh Mustofa

 

Abstract

Penelitian ini merupakan hasil penelitian tentang Meningkatkan Kesejahteraan Petani di Kabupaten Bojonegoro Dengan Program Pemerintah Sistem Resi Gudang (SRG). Turunnya harga pada saat panen raya sebagai akibat dari besarnya pasokan dibanding dengan kemampuan pasar untuk menyerapnya. Pada saat yang sama petani butuh dana atau modal untuk keberalangsungan usahanya tetapi tetap menginginkan menjual hasil panennya dengan harga yang terbaik. Salah satu program Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani adalah Sistem Resi Gudang (SRG). Manfaat Sistem Resi Gudang (SRG) adalah mengatasi kesulitan yang dihadapi para pelaku usaha, terutama petani/kelompok tani, koperasi dan UKM, atas akses pembiayaan untuk modal kerja dari bank ataupun lembaga keuangan non-bank.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi factor-faktor yang yang menjadi kendala program Sistem Resi Gudang (SRG) di kabupaten Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis data interaktif Miles dan Huberman yaitu, data collection, data reduction, data display dan conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor yang menjadi kendala pelaksanaan program Sistem Resi Gudang (SRG) dalam meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Bojonegoro adalah tidak ada pengelola gudang untuk saat ini karena habisnya masa pendampingan PT. Pertani terakhir tahun 2015, letak gudang yang jauh sehingga ada biaya transport dan tenaga untuk mengantar hasil komoditinya di gudang SRG, serta minat dari petani kurang karena kepemilikan sawah yang sedikit dan petani belum banyak yang memahami akan manfaat adanya keberadaan gudang komoditi SRG Kabupaten Bojonegoro.

Saran yang direkomendasikan adalah harus ada dukungan dari pemerintah Kabupaten Bojonegoro karena Program Sistem Resi Gudang (SRG) termasuk hal yang baru, terutama penyediaan anggaran APBD untuk pendampingan pengelola gudang dan menyiapkan calon pengelola gudang sehingga tidak terjadi kekosongan pengelola gudang dan sosialisasi dan edukasi mengenai Sistem.

 

 

 

Keywords

Kesejahteraan Petani, Sistem Resi Gudang, Bojonegoro.
Selengkapnya buka di sini