Tanggal 22 April diperingati sebagai hari Bumi, sempat gak sih kita berfikir, “kenapa ada hari bumi, sedangkan kenapa tidak di adakan hari Langit juga?” mungkin di antara penyebabnya adalah kita secara langsung maupun tak langsung amat sangat membutuhkan bumi, karena di bumilah tempat kita hidup, tempat kita lahir, tempat kita main, tempat kita mencurahkan segala kemampuan kita dan masih banyak aktifitas lain yang kita lakukan di bumi.

Hari Bumi, itulah yang di usung oleh Gaylord Nelson (4 juni, 1916 – 3 juli, 2005).

Gaylord Nelson adalah seorang Amerika Demikratik politikus dari Wisconsin, yang lahir di Clear Lake, Wisconsin pada tahun 1916. Tanggal 22 April adalah hari yang di rancang untuk membangkitkan kesadaran dan apresiasi untuk lingkungan Bumi. Hari Bumi ini di prakarsai oleh Gaylord Nelson. Tanggal ini adalah musim semi di Northern Hemisphere dan musim gugur di Belahan Selatan Bumi.

Pada bulan September 1969 di sebuah konferensi di Seatle, Washington, US Senator Gaylord Nelson dari Wisconsin mengumumkan bahwa pada musim semi 1970 itu akan ada sebuah akar rumput demonstrasi nasional pada lingkungan.

Nelson dilihat dengan stabilisasi bangsa penduduk sebagai aspek penting environmentalism dan kemudian berkata:

“Semakin besar penduduk mendapat, yang lebih menjadi masalah yang serius … Kita harus mengatasi masalah penduduk. The United Kingdom, dengan dukungan AS itu, mengambil posisi di Kairo pada tahun 1994 bahwa setiap negara bertanggung jawab untuk memantapkan sendiri masyarakat. Hal ini dapat dilakukan. Tetapi di negeri ini, ini sungguh-sungguh untuk mengatakan ‘Saya bagi lingkungan, namun bukan untuk membatasi imigrasi. ”

Nelson senator pertama mengusulkan nasional lingkungan protes ke menusukkan lingkungan ke dalam agenda nasional.

22 April 1970, Hari Bumi tanda awal gerakan lingkungan hidup modern. Sekitar 20 juta orang Amerika berpartisipasi, dengan tujuan yang sehat, pembangunan lingkungan.

Memobilisasi 200 juta orang di 141 negara dan pengangkatan status masalah lingkungan hidup ke dunia panggung, Hari Bumi pada 22 April pada tahun 1990 memberi nilai besar untuk meningkatkan daur ulang di seluruh dunia usaha dan membantu membuka jalan bagi 1992 PBB Eart Summit (Konferensi PBB mengenai Lingkungan Hidup dan Pembangunan) di Rio De Janeiro.

Hari Bumi 2000 mengirim pesan yang keras dan jelas bahwa warga negara dunia ‘sepanjang ingin cepat dan tindakan tegas pada energi bersih. Earth Day 2007 was one of the largest Earth Days to date, with an estimated billion people participating in the activities in thousands of places like Kiev , Ukraine ; Caracas , Venezuela ; Tuvalu ; Manila , Philippines ; Togo ; Madrid , Spain ; London ; and New York . Hari Bumi 2007 adalah salah satu yang terbesar untuk Hari Bumi tanggal, dengan perkiraan miliar orang berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan dalam ribuan tempat seperti Kiev, Ukraina; Caracas, Venezuela; Tuvalu; Manila, Filipina; Togo; Madrid, Spanyol, London, dan New York.

Didirikan oleh penyelenggara yang pertama 22 April 1970 di Hari Bumi, Hari Bumi Jaringan mempromosikan lingkungan kewarganegaraan dan tindakan progresif sepanjang tahun di seluruh dunia. Hari Bumi Jaringan adalah tenaga steering kesadaran lingkungan di seluruh dunia. Melalui Hari Bumi Jaringan, aktivis menghubungkan perubahan lokal, nasional, dan kebijakan global. Hari Bumi Jaringan dari jaringan internasional mencapai lebih dari 17.000 organisasi di 174 negara, sedangkan dalam negeri program melibatkan 5.000 kelompok dan lebih dari 25.000 pendidik koordinasi jutaan pengembangan masyarakat dan perlindungan lingkungan hidup, kegiatan sepanjang tahun. Hari Bumi adalah satu-satunya acara dirayakan secara serentak di seluruh dunia oleh orang-orang dari semua latar belakang agama dan negara. Lebih dari setengah miliar orang berpartisipasi dalam kampanye Hari Bumi Jaringan setiap tahun.

So apa yang bisa kita lakukan dalam peran aktif mengisi hari Bumi???

Sumber Wikipedia Indonesia