Simak percakapan berikut ini, percakapan ini terjadi di sebuah pertemuan :

A: Perkenalkan, saya dokter Budi, dokter spesialis Anak.

B: dokter praktek dimana?

A: saya praktik di RS Permata Hati

Di suatu seminar:

Moderator: …acara berikutnya adalah paparan dari narasumber Prof. Dr. Haryono M.Psi. beliau adalah guru besar di Prodi Teknologi Pendidikan Unnes, serta Ketua Program Studi S2 Unnes. Kepakaran beliau dalam bidang pendidikan sudah tidak di ragukan lagi, banyak karya-karya beliau yang telah terbitkan baik di lingkup kampus ataupun di lingkup media massa secara luas, serta….

Kalau kita telaah kedua contoh tersebut, kita bisa melihat adanya ‘pengakuan’ yang dijadikan bukti kepakaran atau bukti spesialisasi suatu pekerjaan. Sama halnya dengan akreditasi. Akreditasi ini juga dimaksudkan untuk penilaian dan pengakuan dalam rangka melaksanakan pengawasan mutu dan efisiensi pendidikan tinggi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan lembaga akreditasi independen yang dibawah naungan Kemdikbud yang bertugas melaksanakan kunjungan atau visitasi akreditasi. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 59 tahun 2012 pada Pasal 12, tugas BAN-PT adalah merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan, dan melaksanakan akreditasi perguruan tinggi.

suasana akreditasi

Prodi Teknologi Pendidikan Unnes tanggal 17 dan 18 Oktober 2016 dilaksanakan visitasi Akrditasi oleh Asesor dari BAN-PT yaitu Prof. Dr. Sugiyono dan Dr Darmansyah. Prodi Teknologi pendidikan mengirimkan borang akreditasi ke BAN-PT Jakarta pada tanggal 21 September 2016. Selama saya menyusun Borang Akreditasi ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatiakan:

  1. Pelajari Panduan Akreditasi Sarjana S1 yang berisi buku 1 sampai dengan buku 7
  2. Dalam penyusunan uraian borang berfokuslah pada indikator penilaian borang, oleh karena itu sangat penting mempelajari pedoman instrumen penilaian akreditasi sebelum menuliskan uraian
  3. Uraian borang hendaknya di ikuti dengan bukti dokumen
  4. kumpulkan dan data-data lampiran pendukung borang akreditasi. Lampiran ini terdiri dari tiga yaitu lampiran yang dikirim bersama borang, lampiran ketika assessmen lapangan/ visitasi dan lampiran lain pendukung borang.
  5. Berdoa untuk kesuksesan dan ketercapaian nilai maksimal

buku-borang

Ketika visitasi akreditasi, ka prodi atau pihak yang di mengirim borang akan mendapatkan informasi kapan akan dilakukan visitasi. Ketika visitasi persiapkan semua lampiran-lampiran yang telah di buat serta bukti-bukti kegiatan yang diceritakan dalam borang dan pelajari pedoman assessmen lapangan (buku 7) termasuk jadwal kegiatan visitasi juga sudah tertera dalam buku 7 tersebut.

Kita bisa cek DIREKTORI SK HASIL AKREDITASI PRODI di laman BAN-PT

 

akred-tp