Masyarakat madani adaptasi dari istilah “civil society” dalam bahasa Inggris yang diartikan sebagai masyarakat beradab yang menjalani dan membangun kehidupannya sesuai dengan aturan moral dan prinsip hukum yang berlaku. perkembangan masyarakat saat ini mengarah pada upaya menjadi masyarakat madani yang di cita-citakan bangsa Indoesia.

Beberapa ciri-ciri dari masyarakat madani adalah sebagai berikut:

  1. Adanya Nilai dan Norma Sosial

Masyarakat madani mengakui adanya hak dan kebebasan individu yang dibuktikan dengan perwujudan nilai dan norma sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat madani hidup berdasarkan aturan hukum dan konvensi yang berlaku, serta ketaatan pada Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Memiliki Peradaban yang Tinggi

Sesuai dengan namanya, masyarakat madani memiliki peradaban yang tinggi. Peradaban tersebut dapat dibuktikan dengan majunya teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini.

Di samping itu, peradaban dalam kehidupan masyarakat pun dapat ditunjukkan melalui adab dan tata krama terhadap sesama manusia yang aturannya didapatkan dari norma sosial dan norma keagamaan.

  1. Adanya Ruang Publik yang Bebas

Masyarakat madani juga berhubungan erat dengan implementasi prinsip-prinsip demokrasi, dan salah satu tanda demokrasi adalah adanya ruang publik yang memungkinkan masyarakat untuk mengutarakan opininya.

Kebebasan setiap warga negara untuk menyuarakan pendapatnya dilindungi oleh undang-undang yang berlaku. Namun, adanya ruang publik harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai timbul perpecahan akibat penggunaan hak berpendapat yang melampaui batas.

  1. Adanya Supremasi Hukum

Supremasi hukum dapat diartikan sebagai kekuasaan tertinggi dalam hukum. Artinya, keadilan dapat tercapai apabila hukum ditempatkan pada posisi tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan bertindak secara netral tanpa memandang kepentingan golongan tertentu.

  1. Adanya Partisipasi Sosial

Partisipasi sosial dalam masyarakat merupakan salah satu tanda terwujudnya karakteristik masyarakat madani yang menjunjung tinggi asas gotong royong demi tercapainya kepentingan bersama. Tentunya, agar tujuan masyarakat dapat dicapai, perlu adanya keselarasan antara hak dan kewajiban.

 

Beberapa tantangan dalam mewujudkan masyarakat madani yang ideal di antaranya adalah:

  1. Masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap aturan hukum dan moral yang berlaku di masyarakat.
  2. Masih rendahnya kesadaran otonomi daerah
  3. Rendahnya produktivitas dan kreativitas masyarakat
  4. Masih banyaknya masyarakat yang apatis terhadap isu-isu yang menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara
  5. Masih kurangnya kemampuan untuk mengembangkan potensi diri yang mengarah pada perbaikan pribadi dan berimbas pada perubahan nilai sosial

 

Hal yang bisa kita lakukan untuk menjawab tantangan dalam rangka mewujudkan masyarakat madani adalah diantaranya dengan ikut peran aktif dan berpartisipasi dalam berbagai aspek yaitu dengan menunjukaan bahwa hal-hal yang dianggap kurang, bisa kita tepis dengan menunjukan aksi nyata.

 

Tugas Mahasiswa MK Pengantar Ilmu Pendidikan (19/10/17) 

  1. Pahami ulasan materi tersebut
  2. Carilah teman kelompok diskusi (masing-masing kelompok maksimal 6 (enam) orang
  3. Pilih salah satu point tantangan dalam mewujudkan masyarakat madani kemudian diskusikan bagaimana cara kalian untuk mewujudkan masyarakat madani
  4. Buatlah draf paparan solusinya (boleh di tulis tangan atau di ketik)
  5. Nantinya hasil tugas tersebut akan di wujudkan dalam bentuk dokumentasi video
  6. Tugas di kumpulkan 3 minggu setelah tugas ini di publish