sosio is logic

soiologi ada disekitar kita tanpa kita sadari

Materi sosiologi kelas X : metode Peneitian Sosial

Metodologi penelitian adalah sekumpulan peraturan, kegiatan, dan prosedur yang digunakan oleh pelaku suatu disiplin. Metodologi juga merupakan analisis teoritis mengenai suatu cara atau metode. Penelitian merupakan suatu penyelidikan yang sistematis untuk meningkatkan sejumlah pengetahuan, juga merupakan suatu usaha yang sistematis dan terorganisasi untuk menyelidiki masalah tertentu yang memerlukan jawaban. Hakekat penelitian dapat dipahami dengan mempelajari berbagai aspek yang mendorong penelitian untuk melakukan penelitian. Setiap orang mempunyai motivasi yang berbeda, di antaranya dipengaruhi oleh tujuan dan profesi masing-masing. Motivasi dan tujuan penelitian secara umum pada dasarnya adalah sama, yaitu bahwa penelitian merupakan refleksi dari keinginan manusia yang selalu berusaha untuk mengetahui sesuatu.

Sifat dan Hakikat Sosiologi

 

Keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan merupakan kebutuhan dasar manusia yang umumnya menjadi motivasi untuk melakukan penelitian. Sebagai suatu kegiatan ilmiah, penelitian memiliki karakteristik kerja ilmiah, yaitu memiliki tujuan, harus sistematik, terkendali, objektif, dan tahan uji. Metode penelitian umumnya dibedakan menjadi 2, yaitu metode peneitian Kuantitatif dan metode penelitian Kualitatif.

  • Metode kuantitatif adalah

metode penelitian yang dalam menganalisis datanya mengutamakan keterangan berdasarkan angka-angka. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan populasi dan sampel.

  • Metode kualitatif adalah

metode penelitian yang mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh dengan cara verbal. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis, interaksi simbolis, historis, komparatif, gabungan antara komparatif dan historis, studi kasus, dan studi kepustakaan.

Langkah-langkah yang akan ditempuh dalam penelitian melalui bebrapa tahapan diantaranya, pertama menentukan permasalahan yang akan diteliti. Kedua menentukan topik penelitian. Selanjutnya melakukan kegiatan prapenelitian (biasanya diadakah observasi awal terhadap objek penelitian). Keempat merumuskan masalah penelitian ke dalam beberapa pertanyaan penelitian. Kelima menentukan dugaan sementara (asumsi) dan hipotesis. Keenam menentukan metode yang hendak digunakan dalam penelitian. Ketujuh menentukan variabel (jika kuantitatif) dan sumber yang akan diambil datanya. Kedelapan menentukan dan atau membuat instrumen penelitian. Kesembilan melakukan kegiatan pengumpulan data. sepuluh melakukan analisis data. Sebelas menarik sebuah kesimpulan. Dan terakhir menyusun hasil penelitian ke dalam sebuah laporan penelitian.

Jenis-jenis penelitian dapat diklasifikasikan menurut berbagai cara dan sudut pandang.

  • Menurut pendekatan analisisnya, penelitian dibedakan atas penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.
  • Menurut tujuannya, penelitian dibedakan atas penelitian terapan, dasar, eksploratif, verifikatif, dan developmental.
  • Menurut kedalaman analisisnya, penelitian diklasifikasikan atas penelitian deskriptif dan inferensial.
  • Dilihat dari karakteristik masalah berdasarkan kategori fungsionalnya, penelitian dibedakan atas penelitian deskriptif, perkembangan, studi kasus, kausal komparatif, dan eksperimental.

Unsur-unsur yang mutlak harus ada dalam rancangan penelitian meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, hipotesis, definisi operasional, batasan konsep, metodologi penelitian, sistematika penulisan, dan daftar pustaka.

  • Macam-macam hipotesis yang digunakan dalam penelitian adalah sebagai berikut.
  • Hipotesis deduktif, yaitu hipotesis yang diturunkan dari teori atau hipotesis yang dimunculkan dari teori.
  • Hipotesis induktif, yaitu hipotesis yang dimunculkan dari lapangan.
  • Hipotesis alternatif atau kerja, yaitu semua hipotesis yang dirumuskan oleh peneliti, baik yang bersifat relasional maupun deskriptif.
  • Hipotesis nol atau nihil, yaitu hipotesis yang meniadakan perbedaan antara kelompok atau hubungan antarvariabel.
    • Teknik pengambilan sampel (sampling) ada dua macam, yaitu sebagai berikut.
  • Probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang member kemungkinan yang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih.
  • Nonprobability sampling, yaitu cara pengambilan sampel, di mana besarnya peluang anggota populasi untuk terpilih sebagai sampel tidak diketahui.

Daftar Pustaka

https://kaannisa-socio.blogspot.co.id/2013/01/penelitian-sosial-sosiologi-sma.html (dilihat pada hari Senin 7 Desember 2015 pukul 22.01)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

posted by zakaria ahmad in Materi Sosiologi SMA and have No Comments

Place your comment

Please fill your data and comment below.
Name
Email
Website
Your comment

Skip to toolbar