Tips Menengahi Konflik/Perselisihan Dalam Diskusi Atau Presentasi

mengatasi konflik diskusi/presentasiMengatasi Konflik/Perselisihan Dalam Diskusi Atau Presentasi,- Umumnya dalam sebuah presentasi atau diskusi terdapat suatu titik temu yang buntu, biasanya ini akan berakhir dengan konflik dan perselisihan antar peserta. Jika sudah seperti ini, maka sudah menjadi tugas dan tanggung jawab moderator untuk memperbaikinya.

Apabila Anda seorang moderator dan kebetulan sedang mencari cara mengetasi konflik dan persilishan dalam diskusi/presentasi. Maka Anda berada ditempat yang tepat, karena pada kesempatan ini akan saya bagikan tips cara untuk menengahi konflik atau perselisihan yang terjadi pada diskusi. Simak saja selengkapnya dibawah ini.

1. Moderator harus bijaksana dalam keputusan

Tujuan diskusi adalah untuk mencari masukan, saran atau kritik. Memang dalam hal diskusi sering terjadi perbedaan pendapat yang bertentangan dan masing-masing mempertahankan dengan cukup gigih karena merasa benar pendapatnya. Untuk mengatasi ini, salah satunya adalah peran moderator yang bisa mengambil satu sikap yang arif bijaksana dengan tanpa menyinggung masalah benar salahnya pendapat masing-masing.

2. Moderator harus mampu memberikan solusi yang baik dan fair

Meskipun perbedaan pendapat memang menyusahkan dalam diskusi, tetapi itu justru memperkaya untuk masukan dalam diskusi tersebut. Dan tentu tidak harus dipertentangkan, tetapi bisa memberikan solusi yang sangat baik dengan melihat aspek kekuatan dan kelemahan yang bisa diambil dari diskusi itu. Yang bisa mendamaikan atau mengatasi ini adalah Moderatorlah yang mampu menjalankan fungsinya sebagai pendamai.

3. Ingat Tujuan Awal Berdiskusi

kembali ke tujuan awal diskusi itu,,jadi jangan sampai tujuan diskusi malah terbengkalai akibat konflik yang terjadi. terus jangan ada yang keras kepala dan ngotot mempertahankan pendapat,,karena diskusi itu kerja bersama,,jadi harus bisa saling menerima pendapat orang lain.

4. Peserta diskusi juga harus mampu menghargai pendapat orang lain

intinya, peserta diskusi harus memperhatikan yg namanya etika dan saling menhargai pendapat org lain. jika terjadi perselisihan, tugas moderatorlah yg mempunyai kewajiban u/ mengatur sehingga diskusi kembali berjalan dgn baik.

Demikianlah bagaiamana cara mengatasi konflik yang terjadi pada diskusi/presentasi karena perbedaaan pendapat. Jika Anda ingin menjadi moderator yang baik, maka cara diatas wajib dipelajari secara lebih lanjut.

Bila Anda sedang menjadi moderator dalam bahasa inggris, Anda bisa mengambil contoh teks moderator bahasa inggris.

Sumber :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: