Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kecerdasan otak memang sangat penting bagi kita semua, karena dengan kecerdasan kita bisa meraih segala yang kita inginkan. Coba saja anda lihat kehidupan orang orang yang pintar dengan orang yang kurang pintar, pasti beda jauh. Cara berpikir mereka juga beda, kalau orang pintar daya pikirnya luas dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Tapi kalau orang yang kurang pintar cenderung ceroboh dan kaku bila diajak komunikasi. Dalam pekerjaanpun sudut pandang mereka berbeda, biasanya orang pintar bekerja mengunakan pikiran tapi kalau orang kurang pintar bekerja dengan otot/kekuatan fisik. Tentu saja lebih ringan bekerja mengunakan pikiran dari pada mengunakan otot.

Sebenarnya kecerdasan otak itu bisa dilatih asal kita mau sungguh sungguh. Dan tak jarang orang yang hanya lulusan SMP lebih pintar dari pada orang yang bertitel S1. Itu karena mereka yang lulusan SMP lebih giat belajar dan langsung praktek, berbeda dengan para mahasiswa walau mendapat fasilitas dan bimbingan penuh dari dosen tapi kalau mereka malas belajar, tentu saja IQ mereka tidak akan meningkat.

Dalam hal belajar jangan pernah psimis, walau dalam keadaan keterbatasan anda tetap bisa belajar dan berlatih. Teruslah belajar dari apa saja dan dari siapa saja, otak kita perlu diasah supaya ada hal hal baru yang masuk untuk meningkatkan kecerdasan otak kita. Dan untuk anda yang ingin meningkatkan kecerdasan otak secara alami berikut tips tips yang bisa anda praktekan:

1. Atur pernafasan

Dengan mengatur pernafasan secara maksimal anda bisa meningkatkan fungsi otak anda dengan cepat. Dengan menarik nafas dalam-dalam akan memberikan asupan oksigen lebih banyak pada otak anda. Jika tingkat oksigen yang masuk ke otak lebih rendah, maka akan mengurangi fungsi kerja otak anda. Lakukanlah senam pernafasan pada pagi dan sore hari.

2. Sarapan Pagi.

Untuk anda yang tidak biasa sarapan pagi, mulai saat ini biasakanlah untuk sarapan pagi. Karena sarapan dipagi hari antara pukul: 05;30 – 07;00 telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi pikiran anda. Sehingga otak mampu berkerja maksimal untuk memecahkan segala masalah, lebih cepat merespon setiap kejadian dan mood kita jauh lebih baik. Sarapan pagi adalah kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang energi yang hilang saat kita tertidur selama 6 sampai 8 jam.

3. Terus belajar.

Saat kita mempelajari hal-hal baru, otomatis kita menciptakan bagian aliran syaraf baru dalam otak kita. Mereka yang pintar adalah mereka yang memiliki aliran syaraf lebih banyak dibandingkan dengan orang lain. Otak manusia akan memproduksi satu aliran syaraf baru setiap kita mempelajari hal baru, aliran syaraf itu akan tersimpan dan terus menguat jika kita terus belajar. Jadi tak ada alasan untuk tidak belajar jika kita ingin meningkatkan kecerdasan otak kita. 

4. Belajar membaca cepat.

Teknik membaca cepat mengajarkan kita cara untuk menggerakkan mata dengan lebih cepat. Hal ini pula yang membuat otak kita lebih cepat dalam merespon hal hal baru, otomatis otak kita akan lebih cerdas. Banyak orang yang menggunakan Photo Reding untuk teknik belajar membaca cepat. Apa itu Photo Reading? Photo Reading merupakan sistem membaca yang mengajarkan anda untuk menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar anda. Belajar Photo Reading dapat dilakukan dengan menggunakan bacaan bacaan yang mudah dibaca dan mudah dipahami. Pertama gunakan pikiran sadar anda kemudian tingkatkan daya ingat menggunakan pikiran bawah sadar anda.

5. Istirahat sejenak.

Saat kita belajar dalam waktu yang agak lama, tentu otak kita akan terasa jenuh dan bosan, sehingga materi materi yang kita pelajari sebelumnya lupa atau tidak tersimpan dalam otak. Ada baiknya Belajar selama 45 menit lalu beristirahat sejenak kurang lebih 5-10 menit, kemudian lanjutkan belajar lagi. Cara ini lebih efektif karena hal-hal yang anda pelajari pada saat belajar akan lebih lama tersimpan dalam ingatan anda. Lakukan berulang sampai anda terbiasa dengan metode ini.

6. Kurangi mengkonsumsi makanan yang Mengandung Gula.

Setiap makanan yang mengandung gula dalam bentuk apapun, seperti: nasi, roti, gula, kentang.. dll, dapat membuat anda merasa lelah, malas dan mudah mengantuk. Hal ini dapat membuat anda sulit untuk berpikir jernih. Karena otak anda bekerja lebih keras untuk menangkal kadar gula yang masuk terlalu banyak. Bila anda ingin tetap bisa fokus dan berpikir jernih, kurangilah mengkonsumsi makanan makanan yang banyak mengandung gula. 

7. Bermain teka teki silang atau sudoku

 Manfaatkan setiap waktu luang anda dengan berbagai hal yang positif, contohnya ketika anda sedang istrahat atau sedang menunggu. Selesaikanlah teka-teki silang atau Sudoku, ini bisa mengasah otak anda dalam berpikir. Memang terkesan sederhana tapi permainan teka teki silang ini efektif untuk meningkatkan kecerdasan anda.

8. Berolahraga

Riset dari berbagai ahli psikolog dan ahli kedokteran membuktikan bahwa dengan rutin berolahraga minimal 60menit dalam sehari akan meningkatkan kecerdasan otak. Karena dengan berolahraga akan mengendorkan syaraf syaraf yang tegang dalam otak. Bukti ilmiah juga menunjukkan bahwa dengan berolahraga akan menyegarkan kembali syaraf otak kita. Seorang pakar gelombang otak di amerika menjelaskan, bahwa anda bisa meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempercepat menghafal dan anda bisa bekerja dengan lebih baik hanya dengan mengolah detak jantung anda untuk mencapai kinerja optimal. Dan untuk mengolah detak jantung supaya bisa maksimal anda perlu olahraga secara teratur.

9. Latih kecerdasan otak kanan anda.

Banyak orang yang hanya melatih otak kiri, dan tanpa sadar melupakan potensi besar dalam otak kanan mereka. Selama bertahun-tahun pendidikan di indonesia memberikan banyak penekanan pada aspek kecerdasan otak kiri, seperti kemampuan menghafal, berpikir logis, matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain. Namun, pendidikan kecerdasan otak kanan belum dioptimalkan, contohnya saja kemampuan berimajinasi, kemampuan menghayal dan juga kemampuan menciptakan karya karya baru. Banyak orang merasa mereka membuang potensi yang mereka miliki dengan hanya berpikir rasional dan berkomunikasi dalam cara-cara yang menghambat peluang mereka mencapai kesuksesan.

Kecerdasan emosi otak kanan diakui sebagai kemampuan meta fisik yang luar biasa, hal ini memungkinkan anda untuk memanfaatkan kemampuan serta bakat yang anda miliki secara optimal. Maka latihlah kecerdasan otak kanan anda dengan mengikuti progam progam dari beberapa ahli atau anda bisa menggunakan terapi gelombang otak untuk mengoptimalkan otak kanan anda.

10. Melatih semua indra anda.

Berdasarkan penemuan para ilmuwan, bahwa kemampuan otak manusia dapat ditingkatkan melalui kegiatan kegiatan yang melibatkan indra pada diri mereka. Seseorang dapat belajar dengan baik ketika mereka melibatkan penglihatan, pendengaran, penciuman, gerakan dan bahkan mengunakan indra pengecap/perasa. Seorang anak kecil akan lebih cepat menghafal ketika dia mendengar juga melihat dibandingkan hanya mendengar saja. Sebagai contoh seorang anak TK disuruh menghafal lagu, ketika di sekolahan dia butuh waktu agak lama dalam menghafal, tapi ketika anda memutar vcd lagu yang ada gambarnya dan kemudian ditonton sang anak, maka tidak beberapa lama dia akan hafal lagu itu.

11. Melatih gelombang otak Alpha anda.

Sebuah Penelitian di jepang menemukan bahwa kondisi cara ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam kondisi santai dan rileks, tapi tetap fokus dan terjaga jangan sampai tertidur. Dalam keadaan ini gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus/detik, dalam ilmu gelombang otak kondisi ini dikenal dengan istilah kondisi alpha. Didalam kondisi alpha segala informasi sangat mudah tersimpan dalam otak, untuk itu anda perlu melatih gelombang otak alpha.

12. Meditasi/melatih ketenangan batin.

Meditasi dapat mengubah struktur syaraf pada otak anda. Para meditator mengatakan bahwa dengan meditasi akan membawa otak anda dalam ketenangan sehingga otak lebih mudah menyerap segala informasi yang masuk. Coba anda bayangkan ketika anda belajar tapi hati anda tidak tenang, mustahil segala yang anda pelajari akan tersimpan dalam otak anda. Ketenangan batin juga sangat diperlukan dalam meningkatkan kecerdasan anda. Walau otak yang mengatur segala aktivitas tubuh anda tapi jika hati tidak tenang maka kinerja otak pun tidak akan maksimal.

Bagi pemula proses meditasi akan terasa sulit dilakukan, karena dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi penuh dalam melakukanya.

Semoga Bermanfaat

Wong Jeporo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco